Comscore Tracker

5 Hewan Endemik Asal Patagonia Ini Punya Bentuk yang Menarik

Terdapat berbagai hewan mamalia kecil yang menarik

Salah satu tempat menakjubkan yang ada di Bumi adalah Patagonia, yang berasal dari kata Patagon untuk menyebut suku lokal yang memiliki ukuran besar. Kawasan yang berada di ujung selatan Benua Amerika Selatan ini menyimpan berbagai keindahan alam yang indah, meliputi area pegunungan, padang rumput dan glesyer. Tentunya pada kawasan ini sama seperti beberapa kawasan lain di Amerika Selatan yang juga menyimpan berbagai macam flora dan fauna endemik dan hanya ditemukan pada area tersebut.

Berikut beberapa area binatang mamalia endemik yang unik hanya terdapat di Patagonia, yang masuk dalam wilayah negara Argentina dan Chile.

1. Patagonian mara

5 Hewan Endemik Asal Patagonia Ini Punya Bentuk yang Menarikworldlandtrust.org

Patagonia mara merupakan hewan endemik dari Patagonia yang hanya dapat ditemui di dataran rendah dan tinggi yang ada di Argentina. Mamalia yang menyerupai kelinci ini termasuk dalam ordo Rodentia, dengan panjang tubuh mencapai 75 cm, dengan berat antara 8-16 kg. Binatang ini termasuk dalam status hampir terancam, karena banyaknya perburuan demi mencari bulunya yang banyak digunakan sebagai karpet. 

2. Culpeo

5 Hewan Endemik Asal Patagonia Ini Punya Bentuk yang Menarikanimalsbirds.com

Culpeo adalah rubah asli dari Amerika Selatan yang tinggal di Area Patagonia, terutama di sepanjang Pegunungan Andes. Binatang ini memiliki ukuran kecil, di mana memiliki panjang tubuh sebesar 95-132 cm, dengan berat antara 5-11 kg. Selain itu makanan utama dari binatang ini adalah kelinci, tikus, burung, kadal serta bangkai binatang yang sudah mati.

3. Pudu

5 Hewan Endemik Asal Patagonia Ini Punya Bentuk yang Menarikthedodo.com

Pudu termasuk dalam salah satu jenis rusa yang ada di Amerika Selatan, dan dinobatkan sebagai rusa terkecil di dunia. Ukuran panjang dari rusa ini hanya sepanjang 32-45 cm, serta memiliki habitat utama di padang rumput pada ketinggian antara 2.000-4.000 meter dari permukaan laut. Pudu hanya dapat ditemukan di Pegunungan Andes yang ada di Area Patagonia, yang masuk dalam administrasi negara Argentina dan Chile. Namun hewan habitat hewan ini terancam akibat banyak pembukaan lahan pertanian, serta seringkali diambil sebagai hewan peliharaan. 

Baca Juga: 5 Fakta Julang Sulawesi, Satwa Endemik Indentitas Sulsel

4. Geoffroy's cat

5 Hewan Endemik Asal Patagonia Ini Punya Bentuk yang Menarikinaturalist.org

Geoffroy's cat menjadi salah satu mamalia yang memiliki habitat alami di Patagonia, pada wilayah negara Argentina. Binatang nokturnal ini memiliki ukuran sebesar kucing biasa, yang hidup di padang sabana, area subur. Hewan ini juga menjadi pemuncak rantai makanan di habitatnya dengan memakan berbagai jenis hewan seperti tikus, kelinci, dan kadal kecil. 

5. Big hairy armadillo

5 Hewan Endemik Asal Patagonia Ini Punya Bentuk yang Menarikpbase.com

Terakhir terdapat Big hairy armadillo yang merupakan jenis armadillo paling besar yang tinggal di Area Patagonia. Mamalia ini memiliki habitat di dataran tinggi, padang rumput, hutan dan sabana, selain itu biasanya armadillo akan membuat lubang dan mengubur dirinya di dalam tanah. Selain itu binatang ini memiliki makanan utama berupa cacing dan serangga tanah lainnya, sehingga mampu bertahan lama di dalam tanah dan menyerap oksigen dalam tanah. 

Baca Juga: Selain Koala dan Kanguru, Ini 7 Satwa Gemas Khas Australia Lainnya

Brahm - Photo Community Writer Brahm -

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You