Comscore Tracker

5 Burung Endemik Pulau Cozumel, Meksiko yang Cantik

Unik dan cantik burungnya!

Pulau Cozumel merupakan pulau kecil yang berada di Semenanjung Yucatan, Meksiko yang masuk dalam negara bagian Quintana Roo. Pulau yang menjadi salah satu destinasi wisata utama di Meksiko ini juga memiliki iklim subtropis yang kondusif. Di samping itu, terdapat berbagai macam flora dan fauna endemik di pulau kecil seluas 478 km persegi.

Mayoritas fauna yang menghuni pulau ini berupa burung-burung eksotis yang hanya dapat ditemui di Pulau Cozumel. Nah, buat kamu yang penasaran dengan berbagai jenis burungnya, simak beberapa jenis burungnya berikut ini, yuk!

1. Cozumel Emerald

5 Burung Endemik Pulau Cozumel, Meksiko yang Cantikpinterest.com

Cozumel emerald merupakan burung asli dari Pulau Cozumel yang masuk dalam spesies burung hummingbird. Sebelumnya, burung ini dianggap sebagai subspesies dari canivet's emerald.

Dilansir dari laman Handbook of the Birds of the World, Burung kecil ini mempunyai panjang 8-9,5 cm dan warna yang sangat mengagumkan dengan perpaduan antara hijau dan hitam yang mencolok. Selain itu, burung ini memakan nektar sama seperti burung jenis hummingbird lainnya.

2. Yellow-faced Grassquit

5 Burung Endemik Pulau Cozumel, Meksiko yang Cantikflickr.com

Yellow-faced grassquit termasuk burung kecil endemik dari pulau Cozumel dan Amerika Tengah yang mempunyai habitat di area hutan hujan tropis. Burung ini mempunyai ukuran panjang 10-11 cm dengan warna bulu hijau tua dan mempunyai wajah yang berwarna kuning.

Makanan utama dari burung ini, yaitu biji-bijian dan mempunyai status konservasi least concern menurut IUCN Red List karena populasinya yang stabil. 

Baca Juga: 8 Hewan Ini Suka Berpura-pura Menjadi Hewan Lain, Bisa Mirip Banget!

3. Rose-throated Tanager

5 Burung Endemik Pulau Cozumel, Meksiko yang Cantikebird.org

Rose-throated tanager merupakan burung asli dari pulau Cozumel yang juga dapat ditemui di Yucatan dan beberapa area di Amerika Tengah. Habitat alaminya berada di hutan kering tropis dan subtropis.

Sementara, ukurannya juga termasuk kecil dengan panjang 16 cm dan berat antara 21-30 gram. Burung bernama latin Piranga roseogularis ini tidak termasuk burung yang dilindungi karena populasinya stabil dan masuk dalam kriteria least concern menurut IUCN Red List. 

4. Cozumel Vireo

5 Burung Endemik Pulau Cozumel, Meksiko yang Cantikneotropical.birds.cornell.edu

Berikutnya, ada burung cozumel vireo yang hanya ditemui di Pulau Cozumel dan termasuk keluarga Vireonidae. Habitat utama dari burung ini berada di area hutan subtropis dan tropis yang ada di Pulau Cozumel.

Dilansir dari laman Neotropical Birds Cornell, burung ini juga memiliki ukuran kecil yang hanya berkisar panjang antara 11,5-12,5 cm; berat 12,6-14 gram; dan memiliki warna perpaduan hijau pudar dan cokelat dengan perut berwarna putih. 

Namun, burung ini termasuk kriteria hampir rentan menurut IUCN Red List karena adanya kerusakan lingkungan dan penggundulan hutan.

5. Cozumel Thrasher

5 Burung Endemik Pulau Cozumel, Meksiko yang Cantikpinterest.com

Terakhir, ada cozumel thrasher yang termasuk keluarga burung mockingbird yang endemik dari Pulau Cozumel. Sayangnya, binatang ini termasuk salah satu spesies burung terlangka di Meksiko karena masuk kategori critically endangered menurut IUCN Red List.

Langkanya burung ini disebabkan adanya badai Hilbert yang melanda pulau ini dan adanya hewan invasif yang turut menyebabkan kurangnya populasinya. 

Burung bernama latin Toxostoma guttatum ini sudah memiliki kemiripan dengan jenis burung long-billed thrasher yang tinggal di Texas. Namun burung ini memiliki ukuran yang lebih kecil, dengan panjang 21-24 cm saja. Selain itu, mereka memiliki warnanya perpaduan antara putih dan cokelat yang cantik. 

Nah, itu tadi beberapa burung endemik asal Pulau Cozumel yang memiliki bentuk dan warna bulu cantik. Yuk, kita dukung kelestarian burung tersebut.

Baca Juga: Susah Dibedakan, 8 Hewan Ini Jago Berpura-pura Menjadi Hewan Lain!

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya