Comscore Tracker

5 Burung Khas dari Vanuatu yang Lain dari Lainnya

Unik dan cantik warnanya, ada yang terancam punah tapinya :(

Vanuatu merupakan salah satu negara yang terletak di Pasifik yang terdiri dari 13 pulau besar dan ratusan pulau kecil. Negara kepulauan ini memiliki berbagai macam kenampakan alam yang indah dan memiliki hutan hujan tropis pada beberapa pulaunya.

Selain itu, tentunya pulau ini memiliki berbagai hewan endemik yang istimewa, terutama burung yang berbeda dibandingkan area lainnya, karena terisolasi di beberapa area pulau saja.

Buat kalian yang udah penasaran ingin menyaksikan apa saja hewannya, maka langsung saja simak, yuk beberapa burung endemiknya berikut ini. 

1. Vanuatu Scrubfowl

5 Burung Khas dari Vanuatu yang Lain dari Lainnyahbw.com

Vanuatu Scrubfowl atau yang juga disebut dengan Vanuatu megapode termasuk burung asli dari Kepulauan Vanuatu yang masuk dalam keluarga Megapolidae. Burung ini juga termasuk Habitat burung ini berada di area dataran rendah dengan iklim subtropis dan tropis, layaknya di kepulauan Pasifik. Ukuran burung ini mampu mencapai panjang 40-45 cm, dengan warna bulu cokelat kehitaman. 

Burung bernama latin Megapodius layardi ini memiliki makanan utama baik buah-buahan, biji-bijian dan serangga. Menurut Oiseaux birds, burung ini tidak mengerami telurnya dan justru memendamnya di dalam tanah hingga menetas.

Sedangkan status konservasi burung ini termasuk vulnerable berdasarkan IUCN Red List, hal tersebut disebabkan semakin sempitnya habitat burung ini dan maraknya perburuan telurnya untuk dikonsumsi.

2. Vanuatu Imperial-pigeon

5 Burung Khas dari Vanuatu yang Lain dari Lainnyahbw.com

Berikutnya ada pula burung Vanuatu Imperial-pigeon yang merupakan burung endemik dari Vanuatu yang memiliki habitat alami di hutan. Burung yang masuk keluarga Columbidae ini memiliki ukuran panjang mencapai 40 cm, serta warna burung ini juga sangat cantik, di mana kepalanya memiliki warna abu-abu dan biru sedangkan tubuhnya berwarna maroon dan keunguan. 

Burung yang memiliki nama ilmiah Ducula bakeri ini mempunyai makanan utama berupa buah, daun dan lainnya. Sayangnya burung ini juga masuk kategori terancam punah menurut IUCN Red List, dikarenakan adanya penggundulan hutan untuk lahan pertanian. 

Baca Juga: 5 Burung Endemik Asal Pulau Tasmania yang Menarik Bentuknya

3. Tanna Fruit-dove

5 Burung Khas dari Vanuatu yang Lain dari Lainnyahbw.com

Tanna Fruit-dove juga termasuk burung keluarga Columbidae yang asli dan hanya dapat dijumpai di Vanuatu. Habitat utama burung ini sama halnya dengan burung Vanuatu Imperial-pigeon yang ada di hutan hujan tropis. Sementara ukuran burung ini mampu mencapai panjang antara 28-30 cm dan memiliki warna menarik perpaduan antara hijau gelap dan kuning gelap. 

Tanna Fruit-dove mempunyai makanan utama berupa buah-buahan sesuai dengan namanya. Sedangkan status konservasi burung berupa least concern sesuai IUCN Red List.

4. Vanuatu Kingfisher

5 Burung Khas dari Vanuatu yang Lain dari Lainnyatwitter.com/worldbirds32/

Kemudian ada burung bernama Vanuatu Kingfisher yang juga endemik dari Vanuatu, yang mana hanya ditemukan di pulau Espiritu Santo, Malo dan Malakula. Burung berukuran sedang ini memiliki habitat alami di area dataran rendah dan perbukitan yang beriklim tropis.

Ukuran dari burung ini mencapai panjang 19-21 cm dengan berat sampai 32-42 gram. Warnanya juga menarik yang mana kepala hingga punggungnya berwarna biru sedangkan perutnya berwarna cokelat muda, serta leher berwarna putih. 

Makanan utama burung bernama latin Todiramphus farquhari ini berupa beragam serangga, termasuk semut, kumbang, rayap dan lainnya. 

5. Royal parrotfinch

5 Burung Khas dari Vanuatu yang Lain dari Lainnyadibird.com

Royal parrotfinch adalah burung asli dari Vanuatu yang ditemukan di area ketinggian 300 meter dari permukaan laut di pulau Espiritu Santo, serta ditemukan pula di pulau lainnya. Burung kecil ini memiliki ukuran panjang tubuh yang hanya mencapai 11 cm, dengan warna bulu yang cantik perpaduan antara merah, biru dan hijau. Di samping itu, burung ini juga hidup dalam kelompok kecil atau terkadang hanya berpasangan saja. 

Burung bernama ilmiah Erythrura regia ini memiliki makanan utama berupa buah delima. Ancaman terhadap burung ini karena diperjualbelikan untuk binatang peliharaan, yang membuat populasinya di alam liar berkurang. Saat ini burung cantik ini masuk dalam kategori vulnerable menurut IUCN Red List. 

Nah, itu tadi beberapa burung endemik dari Vanuatu yang unik-unik dan harus kalian ketahui pastinya. Yuk, kita jaga sama-sama kelestarian burung-burung tersebut. 

Baca Juga: 6 Burung Endemik dari Sri Lanka yang Langka dan Menarik

Brahm - Photo Community Writer Brahm -

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You