Comscore Tracker

Selain T-Rex, Ada 6 Dinosaurus Pemakan Daging Terbesar di Muka Bumi

Ukurannya besar banget dan menakutkan

Siapa yang tidak tahu T-Rex?, Dinosaurus pemakan daging terbesar yang pernah hidup di muka Bumi, pada Akhir Zaman Cretaceous yang berkisar 60 juta tahun lalu. Kadal raksasa yang bernama langkap Tyrannosaurus Rex ini memiliki tinggi 6 meter dan panjang 12 meter. Namun siapa sangka ternyata masih banyak dinosaurus pemakan daging lainnya yang mempunyai ukuran sama besar dengan T-Rex, atau bahkan lebih besar. 

Tentunya untuk kalian yang ingin tahu, coba simak beberapa dinosaurus pemakan daging terbesar di muka Bumi lain, selain T-Rex yang nyeremin banget.

1. Giganotosaurus

Selain T-Rex, Ada 6 Dinosaurus Pemakan Daging Terbesar di Muka Bumipinterest.com

Giganotosaurus adalah salah satu dinosaurus pemakan daging terbesar yang pernah hidup di Bumi sekitar akhir Zaman Cretaceous. Ukuran kadal raksasa ini mencapai panjang 12-13,2 meter dan berat maksimum mencapai 15 ton, yang mana kadal ini dianggap memiliki ukuran lebih besar dari T-Rex. Tengkorak kepala dinosaurus ini memiliki panjang 1,95 meter, yang sama dengan ukuran orang dewasa modern.

Sementara fosil Giganotosaurus hanya ditemukan di Argentina, pada Kawasan Patagonia bersama Sauropoda terbesar di muka bumi, yaitu Argentinosaurus.

2. Carcharodontosaurus

Selain T-Rex, Ada 6 Dinosaurus Pemakan Daging Terbesar di Muka Bumijurassicworld-evolution.fandom.com

Carcharodontosaurus juga dianggap sebagai dinosaurus predator yang memiliki ukuran lebih besar dari T-Rex, serta diperkirakan hidup pada pertengahan Cretaceous. Ukuran kadal ini mencapai panjang antara 12-13,3 meter dan berat antara 5-15 ton. Sementara panjang tengkoraknya mencapai 1.6 meter, yang hanya terpaut 30 cm dari Giganotosaurus.

Fosil Carcharodontosaurus ditemukan di Afrika Utara, bersama dinosaurus karnivora lain yakni Spinosaurus, di mana kedua dinosaurus ini menjadi predator pemuncak di kawasan ini dan bersaing satu sama lain.

Baca Juga: 5 Mitos Seputar Dinosaurus yang Wajib Kamu Ketahui Faktanya

3. Spinosaurus

Selain T-Rex, Ada 6 Dinosaurus Pemakan Daging Terbesar di Muka Bumireddit.com

Spinosaurus disebut-sebut sebagai dinosaurus pemakan daging terbesar yang pernah hidup di muka Bumi, lebih besar dari T-Rex, Carcharodontosaurus dan Giganotosaurus. Memang ukuran dinosaurus ini mencapai panjang 15-16 meter dengan berat 13-20 ton.

Tengkoraknya memiliki panjang 1,6 meter dan berbentuk seperti moncong buaya, yang mana kadal ini diperkirakan masih memiliki kekerabatan dengan buaya. 

Sementara fosil Spinosaurus memang ditemukan tidak lengkap di Afrika Utara, yang membuat ukurannya agak sulit untuk diketahui secara pasti. Selain itu, dinosaurus ini sudah hidup pada masa Cretaceous, serta diperkirakan mampu memangsa hewan air maupun darat. 

4. Mapusaurus

Selain T-Rex, Ada 6 Dinosaurus Pemakan Daging Terbesar di Muka Buminewdinosaurs.com

Selanjutnya terdapat Mapusaurus yang masih satu kerabat dengan Giganotosaurus serta masuk dalam keluarga Carcharodontosauridae, yang mana juga hidup pada masa Akhir Cretaceous. Dinosaurus ini mempunyai ukuran panjang mencapai 12,7 meter dan berat yang sampai 7,6 ton. Tengkoraknya memiliki panjang yang mencapai 156 cm dengan gigi yang cukup besar.

Sama seperti Giganotosaurus, Mapusaurus juga ditemukan di Amerika Selatan, terutama di Argentina dan Chile. Selain itu, diperkirakan hewan ini berburu secara berkelompok untuk menaklukkan mangsa raksasa, seperti Argentinosaurus. 

5. Tyrannotitan

Selain T-Rex, Ada 6 Dinosaurus Pemakan Daging Terbesar di Muka Bumideviantart.com

Tyrannotitan juga termasuk dinosaurus preadator terbesar yang pernah hidup di muka Bumi, yang hidup pada masa awal Cretaceous sekitar 120 juta tahun lalu. Ukuran kadal ini mampu mencapai panjang 11,4-12,2 meter dan beratnya antara 5-7 ton.

Selain itu, dinosaurus ini masih satu keluarga dengan Giganotosaurus dan Mapusaurus, serta fosilnya juga ditemukan di Amerika Selatan, tepatnya di Provinsi Chubut, Argentina pada tahun 2005.

6. Acrocanthosaurus

Selain T-Rex, Ada 6 Dinosaurus Pemakan Daging Terbesar di Muka Bumideviantart.com/

Terakhir ada Acrocanthosaurus yang ditemukan di Amerika Serikat, tepatnya di Oklahoma, Texas dan Wyoming, serta diperkirakan hidup pada masa awal Cretaceous. Dinosaurus ini menjadi salah satu yang terbesar, di mana memiliki panjang tubuh mencapai 11,5 meter dan berat 6,2 ton. Selain itu panjang tengkoraknya juga mencapai 1,3 meter dan masih satu keluarga dengan Allosaurus. 

Itu dia beberapa dinosaurus predator yang berukuran besar, bahkan lebih besar dari Tyrannosaurus Rex yang disebut sebagai "Raja Dinosaurus" selama ini.

Baca Juga: 5 Penyebab Dinosaurus Bisa Punah dari Muka Bumi

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya