Comscore Tracker

5 Hewan Endemik dari Siprus yang Unik, Wajib Tahu Nih! 

Menarik-menarik binatangnya

Siprus menjadi salah satu negara pulau yang terdapat di Laut Mediterrania, dengan luas mencapai 9,251 km2. Iklim yang terdapat di pulau ini berupa subtropis dan kering yang menyebabkan tak semua makhluk hidup dapat bertahan hidup di lingkungan seperti ini. Namun, beberapa binatang khas dari pulau ini yang memiliki keunikan tersendiri, yang tidak dapat ditemui di area lainnya. 

Buat kalian yang penasaran dengan berbagai macam binatang endemik Siprus ini, maka langsung saja simak ulasannya berikut ini. 

1. Cyprus grass snake

5 Hewan Endemik dari Siprus yang Unik, Wajib Tahu Nih! cyprusisland.net

Cyprus grass snake adalah salah satu binatang reptil asli dari Siprus yang masuk dalam salah satu subspesies grass snake. Reptil bernama latin Natrix natrix cypriaca ini memiliki panjang lebih dari 1 meter, serta ukuran betinanya lebih besar dibandingkan pejantannya. Corak kulit ular ini juga sangat menarik, dengan paduan warna cokelat kekuningan dengan adanya bintik hitam besar pada sekujur tubuhnya. 

Ular ini juga termasuk salah satu binatang dilindungi di Siprus, yang mana masuk dalam daftar endangered menurut IUCN Red List. Selain itu habitat alami ular yang tak berbisa ini juga semakin tergusur dan hanya ditemukan di beberapa area di Cyprus. 

2. Cyprus whip snake

5 Hewan Endemik dari Siprus yang Unik, Wajib Tahu Nih! youtube.com

Cyprus whip snake menjadi salah satu jenis ular endemik dari Siprus yang masuk dalam keluarga Colubridae. Habitat alami ular ini ada di area padang rumput dan hutan serta lahan basah. Ukuran panjang reptil ini mampu mencapai 3 meter dan termasuk jenis ular terbesar di Siprus atau bahkan Eropa. 

Sayangnya ular bernama latin Dolichophis cypriensis ini termasuk langka, yang mana mempunyai status konservasi dalam bahaya. Dikarenakan kerusakan lingkungan dan semakin berkurangnya habitatnya, serta ular ini juga berguna bagi pertanian setempat karena memakan hama tikus yang ada. 

Baca Juga: 7 Hewan yang Punya Banyak Kemiripan dengan Manusia, Apa Saja?

3. Cyprus wheatear

5 Hewan Endemik dari Siprus yang Unik, Wajib Tahu Nih! hbw.com

Kemudian ada pula burung Siprus wheatear yang masuk dalam jenis burung flycatcher yang dapat ditemui di Siprus. Burung ini masuk dalam jenis burung migrator, yang menghabiskan masa kawin di Siprus, hingga saat musim dingin berpindah ke Sudan dan Ethiopia.

Ukuran burung ini juga termasuk kecil yang hanya 14-15 cm yang memakan berbagai macam biji dan buah-buahan. Sedangkan status konservasi burung ini masuk least concern menurut IUCN Red List.

4. Cypriot mouse

5 Hewan Endemik dari Siprus yang Unik, Wajib Tahu Nih! flickr.com

Berikutnya ada Cypriot mouse yang termasuk mamalia endemik dari Siprus yang area perkebunan dan Pegunungan Trodoos. Mamalia bernama latin Mus cypriacus ini termasuk salah satu fosil hidup dan menjadi satu-satunya tikus endemik dari pulau Siprus. Selain itu memiliki perbedaan yang mencolok dibandingkan tikus biasa, di mana memiliki telinga, mata dan gigi yang lebih besar. 

Tikus ini juga salah satu yang bertahan, setelah kedatangan manusia di Siprus yang tentunya membawa berbagai macam binatang, seperti tikus rumah pada umumnya.

5. Cypriot mouflon

5 Hewan Endemik dari Siprus yang Unik, Wajib Tahu Nih! wilddocu.de

Terakhir ada pula Cypriot mouflon yang masuk dalan jenis domba liar asli dari Siprus dan menjadi mamalia terbesar yang ada di Siprus. Domba ini unik karena termasuk salah satu hewan yang mengalami pengerdilan, dengan ukuran tinggi yang mencapai 68 cm saja, dengan berat mencapai 36 kg. Sedangkan habitat utamanya ada pada Hutan Paphos yang dekat dengan Pegunungan Trodoos. 

Mamalia bernama ilmiah Ovis orientalis ophion termasuk salah satu binatang dilindungi di Siprus yang populasinya semakin berkurang dari tahun ke tahun. Selain itu masuk dalam ketegori terancam menurut IUCN Red List. 

Nah, itu tadi beberapa binatang endemik dari Siprus yang unik-unik banget, kan. Yuk, kita jaga, ya kelestarian binatang-binatang tersebut. 

Baca Juga: 5 Binatang Endemik dari Kepulauan Solomon yang Perlu Kalian Ketahui

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya