Comscore Tracker

5 Hewan Unik yang ada di Gurun Atacama, Amerika Selatan

Mampu beradaptasi dengan lingkungan gurun

Gurun Atacama berlokasi di Benua Amerika Selatan yang masuk dalam wilayah negara Chile, Peru, Bolivia dan sebagian Argentina. Padang pasir di Gurun Atacama adalah salah satu tempat terkering yang ada di Bumi, di mana memiliki curah hujan yang sangat rendah dibandingkan tempat lain di Amerika Selatan. Maka dari itu, pastinya tidak semua hewan dan tumbuhan dapat tinggal pada area tersebut. Namun, ada beberapa jenis hewan yang memiliki habitat alami di Gurun Atacama.

Pastinya hewan yang berhabitat di Gurun Atacama memiliki kemampuan beradaptasi yang baik, sehingga mampu tinggal di area gurun pasir terkering di dunia.

1. Salt Flat Lizard

5 Hewan Unik yang ada di Gurun Atacama, Amerika Selatanpbs.org

Salt Flat Lizard merupakan hewan asli dari Gurun Atacama, yang mana kadal ini mampu bertahan dalam cuaca kering di area ini. Hewan bernama latin Liolaemus fabiani ini juga tinggal pada area dengan elevasi lebih dari 2.500 meter dari permukaan laut dan ditemukan di Gurun Atacama yang masuk dalam wilayah negara Chile.

Sementara makanan utama kadal ini adalah serangga dan harus memakan banyak serangga untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuhnya. 

2. Atacama toad

5 Hewan Unik yang ada di Gurun Atacama, Amerika Selatanflickr.com

Atacama toad adalah katak yang berhabitat asli di Gurun Atacama yang masuk wilayah negara Chile, tepatnya antara Paposo, Antofagasta dan Las Chilcas, Valparaiso. Katak ini umumnya tinggal di dekat perairan permanen dan oase yang ada di gurun.

Namun, populasi katak ini mengalami penurunan, karena iklim yang semakin mengering dan terancam akibat polusi yang semakin menyebar di sekitar Gurun Atacama. 

Baca Juga: 7 Hewan dengan Jumlah Terbanyak di Dunia, Saking Banyaknya Bikin Ngeri

3. Chilean woodstar

5 Hewan Unik yang ada di Gurun Atacama, Amerika Selatanabcbirds.org

Chilean woodstar adalah burung yang memiliki habitat utama di Gurun Atacama yang masuk dalam wilayah negara Chile dan Peru. Burung ini tinggal di area berketinggian 700 meter dan terkadang tinggal di area dengan ketinggian 2.000 meter dari permukaan laut.

Makanan utama burung ini adalah nektar dari bunga dan tanaman yang mampu hidup di gurun. Sedangkan hewan ini masuk dalam status dalam bahaya karena hilangnya habitat dan persaingan dengan burung lain. 

4. Humboldt Penguin

5 Hewan Unik yang ada di Gurun Atacama, Amerika Selatanpinterest.com.au

Humboldt Penguin merupakan salah satu burung yang tinggal di Gurun Atacama pada pesisir pantai yang masuk dalam wilayah negara Peru dan Chile. Penguin ini memiliki ukuran sedang, dengan panjang 56-70 cm dan berat 3,6-5,9 kg, serta memiliki warna putih dengan garis hitam.

Populasi dari penguin ini semakin berkurang dan masuk dalam kategori terancam akibat adanya eksploitasi ikan berlebihan, perubahan iklim serta pengurangan keasaman air laut.

5. Taruca

5 Hewan Unik yang ada di Gurun Atacama, Amerika Selatanworldlifeexpectancy.com

Terakhir terdapat Taruca atau north Andean deer yang menjadi hewan asli dari Gurun Atacama yang masuk dalam negara Peru, Bolivia dan Chile. Rusa ini masuk dalam kategori terancam, serta memiliki panjang antara 128-146 cm dengan berat 69-80 kg. Meskipun tinggal di area padang rumput tapi makanan utamanya merupakan tanaman berdaun kecil yang ada di sekitaran gurun. 

Itulah 5 hewan unik yang ada di kawasan Gurun Atacama, Amerika Selatan. Yuk, kita jaga kelestariannya!

Baca Juga: 10 Hewan Ini Akan Tahu Duluan jika Bencana Datang, Sadari Perilakunya!

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya