Selain Triceratops, Ini 5 Dinosaurus Herbivora Bertanduk yang Unik

Ada yang lebih kecil dari manusia

Dinosaurus memang menjadi salah satu binatang purba yang menarik yang hidup sekitar 250 juta tahun yang lalu hingga 65 juta tahun lalu, dengan ukuran raksasa. Reptil purba ini juga terdiri dari berbagai macam jenis, yang tergolong karnivora maupun herbivora. Tak hanya di situ saja, namun terdapat pula dinosaurus pemakan tumbuhan yang memiliki bertanduk dan bertameng, di mana yang paling kita kenal adalah Triceratops. Akan tetapi tak hanya Triceratops saja yang mempunyai ciri fisik layaknya banteng yang tergolong ceratopsian, ada pula beberapa dinosaurus bertanduk lainnya yang menarik.

Buat kalian yang penasaran dengan dinosaurus bertanduk ini, maka langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Kosmoceratops

Selain Triceratops, Ini 5 Dinosaurus Herbivora Bertanduk yang Unikpinterest.com

Kosmoceratops merupakan dinosaurus pemakan tumbuhan yang hidup pada zaman Cretaceous Akhir sekitar 76.5 hingga 75 juta tahun yang lalu. Fosil dinosaurus ini ditemukan di Utah, Amerika Serikat pada tahun 2006 dan 2007, termasuk dewasanya dan remaja. Sedangkan ukuran panjangnya mencapai 4.5 meter dengan berat yang mencapai 1.3 ton saja, menjadikan Kosmoceratops jenis Ceratopsidae kecil.

2. Centrosaurus

Selain Triceratops, Ini 5 Dinosaurus Herbivora Bertanduk yang Unikprehistoric-wildlife.com

Centrosaurus juga termasuk dinosaurus dalam keluarga Ceratopsidae yang hidup pada masa Akhir Cretaceous sekitar 76-75 juta tahun yang lalu. Dinosaurus ini ditemukan di Dinosaurs Park Formation yang ada di Alberta, Kanada. Sedangkan ukuran reptil purba ini sepanjang 5.5 meter dan memiliki berat 2.7 ton. Sedangkan perbedaanya dibandingkan dengan keluarga Ceratopsidae lainnya, dengan adanya dua tanduk di atas tamengnya yang berbentuk melengkung.

3. Protoceratops

Selain Triceratops, Ini 5 Dinosaurus Herbivora Bertanduk yang Unikdinopit.com

Protoceratops juga merupakan dinosaurus ceratpsian yang ditemukan di Mongolia dan diperkirakan hidup pada zaman Akhir Cretaceous. Protoceratops juga menjadi dinosaurus keluarga ceratopsian yang memiliki ukuran terkecil, yang mana panjangnya hanya mencapai 1.8 m, tinggi 0.6 m dan berat 82.7 kg, di mana ukurannya lebih kecil dibandingkan manusia dewasa. Meskipun masuk dalam ceratopsian, namun reptil ini tidak memiliki tanduk, yang membuatnya bertahan diri dengan berlari cepat dan mempunyai gigitan yang sangat kuat.