Comscore Tracker

5 Fakta Menarik dari Crowned Lemur, Primata Langka Bertubuh Mungil!

Memiliki corak unik di bagian kepala!

Secara keseluruhan lemur mempunyai sekitar 100 spesies dan salah satu spesiesnya yang paling unik adalah crowned lemur. Hewan yang memiliki nama ilmiah eulemur coronatus ini dikenal mempunyai bentuk tubuh yang lebih menarik yang membuatnya terlihat berbeda jika dibandingkan dengan spesies lemur lainnya. Selain itu, crowned lemur memiliki populasi yang sangat sedikit yang membuat keberadaannya terancam punah.

Dikenal sebagai hewan yang suka berganti pasangan saat berkembangbiak. Inilah beberapa fakta menarik dari crowned lemur yang harus kamu ketahui dilansir dari laman Animalia.bio dan Animaldiversity, sebagai berikut:

1. Habitat dari crowned lemur

5 Fakta Menarik dari Crowned Lemur, Primata Langka Bertubuh Mungil!aspinallfoundation.org

Crowned lemur merupakan primata asli dari negara Madagaskar. Dilansir dari laman Animalia.Bio, populasi hewan ini tersebar luas mulai dari wilayah utara Cap d'Ambre hingga sungai Fanambana bagian selatan. Namun, sebagian dari mereka juga dapat ditemukan di Ambilobe dan sepanjang garis pantai timur. Crowned lemur sangat suka mendiami daerah hutan kering dengan dataran terjal yang terbentuk oleh batu kapur.

Mereka merupakan spesies dengan ukuran tubuh terkecil dari keluarga lemur dan juga dianggap sebagai sub-spesies dari mongoose lemur.

2. Kebiasaan hidup

5 Fakta Menarik dari Crowned Lemur, Primata Langka Bertubuh Mungil!tropicalbirding.com

Di habitat aslinya, crowned lemur sangat aktif beraktivitas pada siang hari termasuk saat mencari makanan. Mereka merupakan hewan sosial yang hidup secara berkelompok dimana dalam satu kelompok terdiri dari lima hingga 15 individu. Pada wilayah d,Ambre yang memiliki lingkungan lembap, setiap kelompok mempunyai anggota yang lebih sedikit jika dibandingkan wilayah lainnya.

Biasanya betina lebih mendominasi dan berperan penting dalam memelihara keharmonisan ikatan sosial di antara kelompok mereka. Saat berinteraksi, crowned lemur mengeluarkan suara yang terdengar unik.

3. Ciri khas fisik dari crowned lemur

5 Fakta Menarik dari Crowned Lemur, Primata Langka Bertubuh Mungil!animalia-life.club

Dari segi penampilan, crowned lemur memiliki ukuran tubuh yang hampir sama dengan ukuran tubuh kucing pada umumnya. Dilansir dari laman Animaldiversity, crowned lemur mempunyai rata-rata panjang tubuh 34 sentimeter dan ekor 45 sentimeter. Yang uniknya dari spesies lemur ini adalah terdapat corak berwarna orange pada bulu bagian atas kepala yang menyerupai crown atau mahkota. Untuk membedakan gender, crowned lemur betina memiliki warna bulu abu-abu coklat yang lebih terang ketimbang sang jantan.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Tentang Lemur, Si Malas yang Ternyata Sangat Cerdas

4. Sistem reproduksi

5 Fakta Menarik dari Crowned Lemur, Primata Langka Bertubuh Mungil!lemurconservationnetwork.org

Crowned lemur termasuk ke dalam hewan poligini dimana sang jantan dapat kawin dengan banyak betina. Musim kawin dari crowned lemur akan berlangsung pada bulan Mei hingga Juni. Sedangkan sang betina mempunyai masa kehamilan selama 125 hari dan hanya mampu melahirkan satu hingga dua ekor bayi. Pada usia lima hingga enam bulan, bayi crowned lemur akan selalu bersama induknya dan aktif menyusui. Hewan ini akan mencapai kematangan seksual pada usia dua tahun.

5. Populasi yang semakin terancam

5 Fakta Menarik dari Crowned Lemur, Primata Langka Bertubuh Mungil!robertharding.com

Di alam liar, crowned lemur dapat bertahan hidup dengan umur yang sangat lama yakni mencapai usia 36 tahun. Populasi dari crowned lemur di habitat aslinya saat ini diperkirakan haya tersisa 1000 - 10.000 ekor. Dengan jumlah tersebut, crowned lemur termasuk spesies hewan yang terancam keberadaannya dan dilindungi. Walaupun mereka jarang dimangsa oleh hewan predator lainnya, salah satu penyebab berkurangnya populasi dari crowned lemur adalah hilangnya habitat akibat pembakaran dan penebangan hutan.

Nah, itulah beberapa fakta menarik dari crowned lemur yang memiliki sifat poligini saat berkembangbiak. Jarang ditemukan di negara lain, crowned lemur merupakan hewan yang wajib kamu jumpai saat berkunjung ke Madagaskar.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Tentang Lemur, Pemalas yang Cerdas

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya