Comscore Tracker

5 Fakta Unik Scimitar Oryx, Mamalia Afrika yang Terancam Punah!

Termasuk spesies antelope yang lambat berkembangbiak

Salah satu hewan langka yang terancam punah adalah scimitar oryx yang termasuk ke dalam spesies antelope. Scimitar oryx termasuk ke dalam kelompok hewan artiodactyla yang mempunyai ciri khas fisik berkuku genap.

Mereka juga populer dengan ukuran tanduknya yang sangat panjang dan rucing sehingga terlihat menawan. Namun sayangnya, populasi dari scimitar oryx saat ini berada di ambang kepunahan dan sangat sulit sekali dijumpai di alam liar.

Ini karena mereka memiliki sistem reproduksi yang tergolong lambat saat berkembangbiak sehingga keberadaannya semakin sulit bertambah. Inilah beberapa fakta menarik seputar scimitar oryx dilansir dari laman Animalia.bio dan Animaldiversity, sebagai berikut.

1. Habitat asli scimitar oryx

5 Fakta Unik Scimitar Oryx, Mamalia Afrika yang Terancam Punah!Scimitar oryx (a-z-animals.com)

Populasi dari scimitar oryx tersebar luas di wilayah Afrika Utara yang meliputi beberapa negara seperti Libya, Maroko, Mesir dan lain-lain. Dilansir Animalia.bio, mereka sering terlihat berkeliaran di daerah semi-gurun dan stepa padang rumput. Namun, sebagian besar populasi scimitar oryx yang hidup di wilayah Tunisia, Maroko, dan Senegal berada di dalam area penangkaran.

Scimitar oryx merupakan hewan herbivora yang mengomsumsi berbagai jenis tumbuh-tumbuhan mulai dari daun, rumput, akar pohon, kuncup dan buah. Spesies antelope ini mampu bertahan hidup tanpa air dalam jangka waktu yang lama.

2. Kebiasaan hidup di alam liar

5 Fakta Unik Scimitar Oryx, Mamalia Afrika yang Terancam Punah!Scimitar oryx (animalia.bio)

Scimitar oryx sering melakukan perjalanan jauh dari suatu wilayah ke wilayah lainnya untuk menemukan sumber makanan. Saat bermigrasi, mereka akan membentuk kawanan yang jumlah anggotanya mencapai 40 individu. Hewan ini pun memiliki rute perjalanan khusus menurut musim, di mana saat musim hujan mereka akan menuju ke utara Sahara.

Spesies antelope ini aktif dari siang hingga malam dan biasanya akan beristirahat di bawah pohon atau di dalam semak pada sore hari. Mereka juga sering terlihat berkonflik dengan sesamanya terutama para pejantan.

Baca Juga: 5 Spesies Ayam yang Populasinya Paling Sedikit, Ada yang Hampir Punah!

3. Ciri khas fisik

5 Fakta Unik Scimitar Oryx, Mamalia Afrika yang Terancam Punah!Scimitar oryx (trophyhunts.com)

Scimitar oryx termasuk hewan mamalia berukuran sedang yang memiliki rata-rata panjang tubuh 1,7 meter dan berat 95 kilogram. Dilansir Animaldiversity, yang menjadi keunikan dari spesies antelope ini adalah bentuk tanduknya yang mirip pedang dengan panjang maksimal 1,2 meter.

Sedangkan untuk membedakan jenis kelamin, sang betina memiliki tanduk lebih ramping ketimbang jantan. Selain itu, tubuh mereka ditutupi perpaduan warna bulu coklat dan putih.

4. Sistem reproduksi

5 Fakta Unik Scimitar Oryx, Mamalia Afrika yang Terancam Punah!Scimitar oryx (commons.wikimedia.org)

Hingga saat ini, belum ada informasi secara detail tentang sistem reproduksi scimitar oryx. Masa kehamilan scimitar oryx betina berlangsung selama sembilan bulan dan hanya dapat mengeluarkan seekor anak. Ketika lahir, bayi mereka memiliki berat tubuh antara 10 -15 kilogram.

Anak akan tetap bersama sang induk untuk disusui sampai berusia 3,5 bulan hingga dapat hidup mandiri. Mereka mencapai tingkat kematangan seksual saat berusia 2 tahun untuk bisa berkembang biak.

5. Populasi yang tersisa ratusan ekor

5 Fakta Unik Scimitar Oryx, Mamalia Afrika yang Terancam Punah!Scimitar oryx (nationalzoo.si.edu)

Populasi dari scimitar oryx saat ini berada di ambang kepunahan. Menurut data yang dirilis oleh Badan Konservasi Alam Dunia (IUCN), scimitar oryx yang hidup di wilayah Maroko berjumlah 300 ekor. Sedangkan scimitar oryx di Tunisia berjumlah 190 ekor dan Senegal 160 ekor.

Faktor utama yang menyebabkan hewan ini langka adalah perburuan besar-besaran yang dilakukan oleh manusia terhadap scimitar oryx pada abad ke-20 untuk diambil daging dan tanduknya. Di habitat aslinya, mamalia ini dapat bertahan hidup hingga usia 20 tahun.

 

Nah, itulah beberapa fakta menarik seputar scimitar oryx yang memiliki penampilan menawan. Semoga ada upaya yang dilakukan untuk melindungi keberadaan hewan ini di alam liar.

Baca Juga: 5 Negara dengan Spesies Hewan Terancam Punah Terbanyak, Indonesia?

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya