Comscore Tracker

5 Fakta Unik Tiger Rattlesnake, Spesies Ular dengan Corak Memukau

Populasinya semakin langka!

Tiger rattlesnake masuk ke dalam daftar ular paling berbahaya yang memiliki pergerakan yang sangat agresif. Bagaimana tidak, spesies ular ini mampu membunuh mangsanya dalam hitungan detik melalui bisa yang dikeluarkan dalam gigitannya. Akan tetapi, racun dari tiger rattlesnake masih tergolong ringan jika dibandingkan dengan spesies ular berbisa lainnya seperti king kobra, inland taipan dan black mamba.

Dikenal sebagai spesies ular berbisa yang memiliki penampilan serta kebiasaan unik. Inilah beberapa fakta menarik dari tiger rattlesnake yang patut kamu ketahui dilansir dari laman Animalia.bio dan Animaldiversity, sebagai berikut:

1. Habitat asli dari tiger rattlesnake

5 Fakta Unik Tiger Rattlesnake, Spesies Ular dengan Corak MemukauTiger rattlesnake (tucsonherpsociety.org)

Habitat asli dari tiger rattlesnake dapat ditemukan di wilayah Amerika Serikat dan Meksiko. Dilansir dari laman Animalia.bio, populasi dari spesies ular ini tersebar luas mulai dari daerah Arizona, California hingga Sonora bagian selatan. Mereka sangat suka mendiami berbagai wilayah kering dengan suhu udara panas di antaranya gurun berbatu, kaki bukit, padang rumput, semak-semak berduri dan hutan gugur.

Untuk bertahan hidup, tiger rattlesnake memangsa berbagai hewan mamalia dan reptil seperti kadal, tikus, katak bahkan hewan yang memiliki ukuran tubuh lebih besar lainnya.

2. Kebiasaan hidup di alam liar

5 Fakta Unik Tiger Rattlesnake, Spesies Ular dengan Corak MemukauTiger rattlesnake (commons.wikimedia.org)

Seperti kebanyakan spesies ular pada umumnya, tiger rattlesnake merupakan tipe hewan soliter yang memilih hidup menyendiri di alam liar. Sedangkan untuk mencari mangsa, mereka lebih suka beraktivitas pada malam hari terutama pada musim panas. Saat musim dingin, tiger rattlesnake akan melakukan hibernasi di dalam sarangnya yang terdapat di liang tanah hingga celah-celah bebatuan.

Spesies ular ini juga dikenal dengan kemampuan berenangnya yang handal ketika melintasi perairan seperti danau dan sungai. Selain itu, mereka memiliki pendeteksi suhu panas yang terletak pada pipinya untuk menemukan mangsa.

3. Ciri khas fisik

5 Fakta Unik Tiger Rattlesnake, Spesies Ular dengan Corak MemukauTiger rattlesnake (researchgate.net)

Di habitat aslinya, tiger rattlesnake sangat mudah sekali diidentifikasi karena tubuhnya yang pendek dan memiliki corak yang khas. Dilansir dari laman Animaldiversity, mereka memiliki ukuran kepala paling kecil dibandingkan dengan jenis ular derik lainnya yang ada di dunia. Sedangkan tubuh dari ular ini mempunyai corak sisik dengan perpaduan warna abu-abu, kuning dan coklat yang mirip dengan belang harimau. Tiger rattlesnake memiliki panjang tubuh antara 46 hingga 91 sentimeter dan rata-rata berat 450 gram.

Baca Juga: 5 Fakta Ilmiah tentang Ular Derik, Ular Berbisa yang Berisik

4. Sistem reproduksi tiger rattlesnake

5 Fakta Unik Tiger Rattlesnake, Spesies Ular dengan Corak MemukauTiger rattlesnake (explorewithindigo.com)

Saat berkembangbiak, tiger rattlesnake betina maupun jantan selalu bertukar-tukar pasangan di setiap musim kawin yang membuat mereka masuk dalam kelompok hewan yang menerapkan sistem perkawinan poligini. Sedangkan musim kawin tiger rattlesnake terjadi mulai dari bulan Mei hingga Agustus. Seperti jenis ular derik lainnya, sang betina rata-rata hanya mampu melahirkan 4 - 6 ekor anak. Untuk dapat bereproduksi, jantan dewasa biasanya telah memiliki panjang tubuh 51 sentimeter dan betina 54 sentimeter.

5. Populasi yang tinggal sedikit

5 Fakta Unik Tiger Rattlesnake, Spesies Ular dengan Corak MemukauTiger rattlesnake (commons.wikimedia.org)

Meskipun tiger rattlesnake dianggap sebagai hewan dengan populasi yang semakin menurun setiap tahunnya namun badan konservasi alam dunia belum memasukannya dalam daftar merah hewan yang dilindungi. Di habitat aslinya diperkirakan hanya tersisa 10.000 tiger rattlesnake dewasa yang hidup saat ini. Salah satu faktor terancamnya populasi dari ular ini adalah peralihan habitat mereka menjadi lahan pertanian. Di alam liar tiger rattlesnake mampu bertahan hidup hingga usia 15 tahun.

Nah, itulah beberapa fakta menarik dari tiger rattlesnake yang memiliki corak tubuh mirip harimau. Walaupun mereka termasuk reptil berbahaya namun keberadaan hewan ini juga harus diperhatikan.

Sumber : https://animalia.bio/tiger-rattlesnake

Sumber : https://animaldiversity.org/accounts/Crotalus_tigris/

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Sidewinder, Spesies Ular Bertanduk yang Mematikan

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya