Comscore Tracker

5 Fakta Unik Yellow Footed Rock Wallaby, Hewan yang Suka Bertarung

Sayang banget, habitatnya sedang terancam

Wallaby merupakan hewan mamalia yang masuk dalam keluarga macropodidae yang memiliki puluhan spesies yang tersebar di beberapa wilayah. Salah satu spesies wallaby yang mempunyai penampilan paling menarik dan mudah sekali diidentifikasi adalah yellow footed rock wallaby. Di habitat aslinya, mereka sering sekali terlihat bertarung dengan sesamanya terutama pada musim kawin.

Dikenal sebagai hewan yang memiliki sifat sosial tinggi yang hidup secara berkelompok. Inilah beberapa fakta menarik dari yellow footed rock wallaby dilansir dari laman Animalia.bio dan Animaldiversity, sebagai berikut:

1. Habitat asli dari yellow footed rock wallaby

5 Fakta Unik Yellow Footed Rock Wallaby, Hewan yang Suka BertarungYellow footed rock wallaby (www.abc.net.au)

Distribusi dari populasi yellow footed rock wallaby hanya dapat ditemukan di benua Australia. Dilansir dari laman Animalia.bio, penyebaran populasi dari hewan ini tersebar di Australia bagian selatan seperti New South Wales dan Queensland. Yellow footed rock wallaby biasanya lebih suka mendiami daerah semi-kering yang mempunyai banyak bebatuan serta dekat dengan sumber air.

Mereka merupakan hewan herbivora yang makanan utamanya adalah rumput. Akan tetapi, saat musim kering datang, yellow footed rock wallaby akan mengonsumsi dedaunan pohon dan semak belukar.

2. Kebiasaan hidup di alam liar

5 Fakta Unik Yellow Footed Rock Wallaby, Hewan yang Suka BertarungYellow footed rock wallaby (animalia.bio)

Yellow footed rock wallaby termasuk hewan yang mempunyai sifat sosialisasi tinggi dan suka bergaul dimana mereka hidup secara berkelompok di habitat aslinya. Dalam satu kelompok biasanya terdiri dari belasan individu bahkan yang terbanyak bisa mencapai lebih dari 100 ekor. Sang jantan dewasa akan memegang kendali dalam kelompok yang bertugas untuk melindungi anggotanya.

Mereka merupakan tipe hewan nokturnal yang lebih aktif beraktivitas pada malam hari. Sedangkan di siang hari, yellow footed rock wallaby beristirahat di dalam celah-celah bebatuan dan goa. Namun, terkadang hewan ini sering terlihat berjemur di bawah sinar matahari.

Baca Juga: Bukan Hanya Kangguru, 5 Hewan Ini Juga Punya Kantong di Perutnya Lho!

3. Ciri khas fisik

5 Fakta Unik Yellow Footed Rock Wallaby, Hewan yang Suka BertarungYellow footed rock wallaby (kids.nationalgeographic.com)

Dari segi penampilan, yellow footed rock wallaby memiliki ukuran tubuh sedang seperti kebanyakan spesies wallaby pada umumnya namun lebih kekar dan berotot. Dilansir dari laman Animaldiversity, mereka rata-rata memiliki panjang tubuh 60 sentimeter dengan panjang ekor yang mencapai 70 sentimeter. Sesuai dengan namanya, yellow footed rock wallaby mempunyai ciri khas tersendiri yaitu bulu kaki dari hewan ini berwarna kuning kecoklatan. Sedangkan bulu tubuh lainnya didominasi oleh warna abu-abu.

4. Sistem reproduksi

5 Fakta Unik Yellow Footed Rock Wallaby, Hewan yang Suka BertarungYellow footed rock wallaby (australianwildlifejourneys.com)

Yellow footed rock wallaby menerapkan sistem perkawinan poligini saat berkembangbiak di mana hewan ini mempunyai banyak pasangan. Di alam liar, sang jantan terlihat sering berkelahi dengan jantan lainnya untuk memperebutkan betina. Yang uniknya, saat masa pendekatan, jantan dan betina biasanya melakukan ciuman. Sedangkan sang betina memiliki masa kehamilan selama 31-32 hari dan hanya dapat melahirkan satu ekor bayi. Setelah lahir, bayi tersebut akan terus bersama induknya hingga berusia enam bulan.

5. Populasi yang semakin langka

5 Fakta Unik Yellow Footed Rock Wallaby, Hewan yang Suka BertarungYellow footed rock wallaby (en.wikipedia.org)

Saat ini keberadaan dari yellow footed rock wallaby di habitat aslinya sangat terancam. Data terakhir memperlihatkan jumlah populasi dari hewan ini hanya tersisa kurang dari 10.000 ekor. Salah satu penyebab menurunnya populasi mereka di alam liar dikarenakan persaingan dalam mendapatkan makanan dengan kelinci, kambing dan hewan herbivora lainnya. Di samping itu, kebakaran hutan serta wabah penyakit menjadi faktor utama penyebab kematian dari yellow footed rock wallaby.

Nah, itulah beberapa fakta menarik seputar yellow footed rock wallaby yang menyukai hidup di daerah bebatuan. Banyak faktor yang membuat keberadaan hewan ini menjadi semakin langka di alam liar.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Swamp Wallaby, Hewan Berkantung Bertubuh Kecil

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya