Comscore Tracker

5 Hewan Mamalia Eksotis yang Hidup di Afrika Selatan

Ada yang berukuran besar!

Afrika Selatan dikenal memiliki banyak sekali wilayah berbentuk savana, rawa serta gurun yang menjadi habitat asli dari hewan-hewan khas benua Afrika. Sejauh ini para peniliti telah berhasil mengidentifikasi bahwa wilayah di Afrika Selatan menyimpan lebih dari 300 spesies jenis hewan mamalia. Dari jumlah tersebut, ada beberapa jenis hewan mamalia yang paling populer dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Memiliki penampilan yang memukau dengan populasi yang sangat terbatas. Inilah lima hewan mamalia khas dari Afrika Selatan dilansir dari laman Worldatlas dan Theculturetrip sebagai berikut:

1. Tsessebe

5 Hewan Mamalia Eksotis yang Hidup di Afrika Selatanen.wikipedia.org

Tsessebe termasuk jenis hewan mamalia yang merupakan subspesies dari antelope afrika. Dilansir dari laman WorldAtlas, hewan ini menjadi spesies antelope tercepat di benua Afrika dengan kecepatan lari maksimal hingga 90 km/jam. Dari segi ukuran, tsessebe memiliki berat 137 kilogram untuk jantan dan 120 kilogram untuk betina. Sedangkan tsessebe dewasa mempunyai panjang tubuh 150 hingga 230 cm dan panjang tanduk 40 cm.

Tubuh dari tsessebe ditutupi oleh kulit berwarna coklat serta wajah berwarna hitam. Di habitat aslinya hewan ini dapat bertahan hidup selama 15 tahun. Tsessebe sering mendiami wilayah padang rumput dan dataran terbuka.

2. Cape buffalo

5 Hewan Mamalia Eksotis yang Hidup di Afrika Selatanbloomberg.com

Cape buffalo dikenal juga dengan julukan kerbau afrika. Mereka dapat sangat mudah dijumpai di wilayah benua Afrika bagian timur dan selatan termasuk negara Afrika Selatan. Hewan ini mempunyai tubuh besar dengan bobot yang mencapai 500-1000 kilogram dan kulit berwarna hitam. Saat bertemu dengan cape buffalo sebaiknya kamu harus waspada dikarenakan hewan ini dapat menyerang secara mendadak tanpa kamu sadari.

Musuh utama dari cape buffalo adalah singa afrika. Akan tetapi, seekor cape buffalo hanya dapat dilumpuhkan dengan serangan beberapa ekor singa.

3. Gemsbok

5 Hewan Mamalia Eksotis yang Hidup di Afrika Selatanen.wikipedia.org

Satu lagi subspesies antelope afrika yang hidup di negara Afrika Selatan yaitu gemsbok. Hewan ini sangat suka sekali hidup di wilayah kering di Afrika Selatan yang memang menyediakan makanan utama mereka berupa rumput kering. Populasi dari gemsbok saat ini diperkirakan mencapai 370.000 ekor. Hewan ini dikenal memiliki pola tubuh yang menarik dimana mereka mempunyai garis berwarna hitam pada bagian tubuh dan wajah dengan rata-rata panjang tubuh antara 1.9 hingga 2.4 meter.

4. Rhinoceros

5 Hewan Mamalia Eksotis yang Hidup di Afrika Selatanmarylandzoo.org

Terdapat dua jenis rhinoceros di Afrika Selatan yaitu rhinoceros putih dan hitam. Dilansir dari laman Theculturetrip, rhinoceros putih merupakan hewan mamalia terbesar kedua di dunia setelah gajah. Hewan ini dapat tumbuh hingga tinggi 1.8 meter dan berat lebih dari 2 ton. Dari segi penampilan, rhinoceros hitam memiliki leher yang lebih panjang ketimbang rhinoceros putih. Populasi dari rhinoceros banyak teradapat di taman nasional kruger dan beberapa taman margasatwa yang terdapat di Afrika Selatan.

5. Cape grysbok

5 Hewan Mamalia Eksotis yang Hidup di Afrika Selatanpioneersafaris.co.za

Cape grysbok merupakan subspesies dari antelope yang hanya dapat kamu temukan di wilayah Afrika Selatan. Hewan ini mempunyai ukuran tubuh yang lebih kecil di antara banyaknya spesies antelope. Cape grysbok memiliki sifat yang sangat pemalu dan lebih suka menghabiskan sebagian waktunya untuk bersembunyi di tempat-tempat teduh. Dari segi penampilan, cape grysbok memiliki daun telinga yang besar dan runcing serta tanduk pendek dan tajam.

Nah, itulah beberapa jenis hewan mamalia yang dapat kamu temukan di negara Afrika Selatan. Kebanyakan dari hewan-hewan tersebut banyak terdapat di wilayah taman nasional yang dibuat dan dilindungi oleh pemerintah setempat.

 

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya