Comscore Tracker

5 Spesies Kuda dengan Ukuran Tubuh Terbesar di Dunia, Memukau!

Banyak berasal dari benua Eropa!

Kuda memang dikenal sebagai hewan yang mempunyai tenaga besar dan lari yang cepat. Hal inilah yang membuat banyak manusia memanfaatkan kuda untuk membantu urusan pekerjaan mereka sehari-hari mulai dari sektor pertanian hingga transportasi. Akan tetapi, untuk melakukan jenis perkerjaan yang berat memang dibutuhkan kuda yang memiliki tubuh yang besar serta tenaga yang kuat.

Dari beberapa spesies kuda dengan berbagai macam ukuran dan karakter yang unik. Inilah lima spesies kuda dengan ukuran tubuh terbesar di dunia dilansir dari laman Largest dan Prohorse, sebagai berikut:

1. Dole

5 Spesies Kuda dengan Ukuran Tubuh Terbesar di Dunia, Memukau!globetrotting.com.au

Dole merupakan spesies kuda yang berasal dari negara Norwegia tepatnya di dekat lembah Gudbrandsdal. Dilansir dari laman Largest, dulunya kuda ini dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk mengangkut barang. Namun, dikarenakan popularitas dari kuda ini semakin meningkat, dole sering digunakan dalam pacuan kuda di lomba balapan harness racing. Dari segi penampilan, kuda dole memiliki dua variasi warna yaitu coklat dan hitam.

Hewan ini rata-rata mempunyai bobot badan hingga 725 kilogram. Kuda dole mempunyai bentuk tubuh yang lebih kekar dan berotot jika dibandingkan dengan spesies kuda lainnya.

2. Dutch draft

5 Spesies Kuda dengan Ukuran Tubuh Terbesar di Dunia, Memukau!horsespirit.site

Kuda dutch draft memiliki intesitas bulu yang sangat lebat yang terdapat pada bagian lutut kaki hingga menutupi kuku mereka. Di samping itu, hewan ini memiliki kulit yang sangat tebal dengan tubuh berwarna abu-abu. Spesies kuda ini berasal dari negara Belanda dan sering digunakan untuk membawa hasil pertanian dan perkebunan. Mereka memiliki ukuran tubuh yang hampir sama besar dengan kuda dole.

Selama perang dunia kedua, kuda dutch draft sangat bermanfaat bagi masyarakat Belanda sebagai hewan penarik kereta.

3. American cream

5 Spesies Kuda dengan Ukuran Tubuh Terbesar di Dunia, Memukau!petmapz.com

American cream termasuk salah satu spesies kuda paling langka di dunia. Kuda ini memiliki kisah yang sangat menarik untuk diketahui dimana dulunya ada seorang peternak melihat seekor kuda betina cantik yang bernama old granny. Lalu, kuda old granny itu dibeli oleh peternak tersebut untuk dikawinkan hingga munculah spesies american cream. Dari segi panampilan kuda american cream mempunyai tubuh berwarna cream dan surai rambut putih. Mereka memiliki bobot seberat 820 kilogram dan tinggi 1.6 meter.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Przewalski, Spesies Kuda Langka Bertubuh Kecil!

4. Pacheron

5 Spesies Kuda dengan Ukuran Tubuh Terbesar di Dunia, Memukau!horsespirit.site

Pacheron merupakan spesies kuda yang berasal dari wilayah Prancis. Dilansir dari laman Prohorse, kuda pacheron merupakan hewan hasil kawin silang antara dua ras kuda terbaik. Berdasarkan sebuah rekor yang pernah dicatat, seekor kuda pacheron di Australia pernah memiliki tinggi hingga 4 meter dan bobot tubuh seberat 1500 kilogram. Dari segi fisik, kuda pacheron mempunyai penampilan yang elegan dengan tubuh berotot serta kekuatan yang lebih besar.

5. Shire

5 Spesies Kuda dengan Ukuran Tubuh Terbesar di Dunia, Memukau!petguide.com

Kuda shire telah mendapat predikat sebagai spesies kuda terbesar dan tertinggi di dunia. Hewan ini rata-rata mempunyai bobot tubuh seberat 1100 kilogram. Kuda shire berasal dari wilayah Britania Raya dan dulunya digunakan oleh masyarakat sekitar untuk membantu mengolah lahan pertanian selama berabad-abad. Dari segi penampilan, kuda shire memiliki warna kulit yang bervariasi di antaranya hitam, bay dan abu-abu.

Nah, itulah beberapa spesies kuda dengan ukuran badan terbesar di dunia. Memang sih kebanyakan dari spesies kuda tersebut saat ini memiliki populasi yang tinggal sedikit.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Kuda Przewalski, si Kuda Liar Terakhir di Dunia

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya