Comscore Tracker

Sarana Riset Terbaik, Ini 10 Potret Laboratorium Sains Keren di Dunia

#IDNTimesScience Tempat riset para ilmuwan dunia

Laboratorium adalah sarana penunjang yang biasanya digunakan untuk pusat riset, studi, dan penelitian sains. Makin lengkap fasilitas sebuah laboratorium, makin bagus juga laboratorium tersebut. Ada banyak laboratorium terkenal yang dianggap sebagai pusat riset terbaik di dunia.

Kali ini kita akan mengintip beberapa potret dari laboratorium keren tersebut. Penasaran seperti apa, kan? Yuk, disimak!

1. Dilansir dalam laman Caltech, laboratorium LIGO didirikan pada 1999 di Amerika Serikat dan fokus pada riset fisika

Sarana Riset Terbaik, Ini 10 Potret Laboratorium Sains Keren di DuniaAkademisi sedang bekerja di laboraorium LIGO. (futurity.org)

2. William Boeing hanya mengembangkan pesawat amfibi sederhana pada 1916. Kini, Boeing jadi perusahaan penerbangan terbesar

Sarana Riset Terbaik, Ini 10 Potret Laboratorium Sains Keren di DuniaRancang bangun dari pesawat harus diteliti di laboratorium. (gulfstream.com)

3. CDC punya laboratorium yang terisolasi dari dunia luar. Dalam laman resminya, CDC didirikan pada 1946 di Atlanta, Amerika Serikat

Sarana Riset Terbaik, Ini 10 Potret Laboratorium Sains Keren di DuniaSalah satu ruangan laboratorium milik CDC. (ajc.com)

4. Dilansir US News, Mayo Clinic dinobatkan sebagai salah satu rumah sakit terbaik dunia. Tentu mereka juga punya laboratorium canggih 

Sarana Riset Terbaik, Ini 10 Potret Laboratorium Sains Keren di DuniaSalah satu laboratorium Mayo Clinic. (townnews.com)

5. Sinovac Biotech Facilities di Beijing menjadi salah satu garda terdepan dalam pembuatan vaksin COVID-19, dicatat dalam The Japan Times

Sarana Riset Terbaik, Ini 10 Potret Laboratorium Sains Keren di DuniaFasilitas Bioteknologi Sinovac di Beijing. (japantimes.com)

Baca Juga: Riset: Vaksin AstraZeneca Efektif buat COVID-19 Varian Delta

6. Drugs Discovery Trends mencatat bahwa Roche jadi salah satu pusat riset farmasi terbaik di Eropa dan dunia

Sarana Riset Terbaik, Ini 10 Potret Laboratorium Sains Keren di DuniaLaboratorium Roche di Kota Penzberg, Jerman. (roche.com)

7. Jadi salah satu sarana riset terbaik, Laboratorium Astropartikel Italia dibangun di bawah tanah, dilansir World Scientific

Sarana Riset Terbaik, Ini 10 Potret Laboratorium Sains Keren di DuniaLaboratorium Fisika Nuklir (INFN) di Italia jadi salah satu pusat riset terbesar. (sciencemag.org)

8. Pusat studi Max Planck di Jerman sudah jadi yang terdepan dalam penelitian dan riset sains

Sarana Riset Terbaik, Ini 10 Potret Laboratorium Sains Keren di DuniaInstitut Max Planck di Jerman jadi pusat studi biologi. (architecturelab.net)

9. CERN adalah laboratorium nuklir terbesar di dunia. Advanced Science News melansir bahwa Partikel Tuhan ditemukan oleh CERN pada 2012

Sarana Riset Terbaik, Ini 10 Potret Laboratorium Sains Keren di DuniaLaboratorium CERN di Eropa yang pernah viral karena menemukan partikel Tuhan. (home.cern)

10. NASA punya laboratorium di Stasiun Luar Angkasa. Tapi, laboratorium mereka yang ada di Bumi jadi pusat riset utama sejak 1958

Sarana Riset Terbaik, Ini 10 Potret Laboratorium Sains Keren di DuniaSalah satu laboratorium milik NASA. (esa.int)

Itu tadi beberapa potret tentang laboratorium terbaik di dunia. Selain fasilitas lengkap, mereka juga memiliki banyak ilmuwan yang kompeten di bidangnya masing-masing. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu, ya!

Baca Juga: Cerita 3 Peneliti Perempuan dalam Memajukan Dunia Riset Indonesia

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya