Mengagumkan! Dunia Fauna Punya 10 Spesies Hewan dengan Indra Terbaik

#IDNTimesScience Butuh kemampuan ini untuk bertahan hidup

Organisme biologis pasti memiliki indra (sistem fisiologis) sebagai bentuk respons mereka terhadap alam. Secara umum, bagi sebagian besar organisme, indra digunakan untuk berbagai macam keperluan, misalnya merasakan, mendengar, melihat, mengecap, dan lain sebagainya.

Nah, dalam dunia fauna, indra yang mereka miliki bersifat kompleks dan bahkan lebih hebat dari indra milik manusia. Gak percaya? Sepuluh spesies hewan di bawah ini membuktikan bahwa mereka punya indra terbaik di kelasnya masing-masing. Yuk, disimak!

1. Kelelawar

Mengagumkan! Dunia Fauna Punya 10 Spesies Hewan dengan Indra TerbaikKelelawar punya sensor ekolokasi. (pexels.com/Miriam Fischer)

Dilansir dalam Scientific American, kelelawar adalah hewan yang memiliki sensor atau indra ekolokasi terbaik di kelas mamalia. Kelelawar mampu merasakan dan melihat dalam kegelapan dengan baik berkat suara khusus (sonar) yang mereka keluarkan. Nah, suara tersebut dipantulkan oleh objek dan memberikan informasi pada kelelawar.

Indra atau sensor ini juga dimiliki oleh lumba-lumba, paus, burung merpati, dan celurut. Akan tetapi, ilmuwan meyakini bahwa ekolokasi pada kelelawar menjadi sensor terbaik dibandingkan kelas mamalia lainnya. Jadi, kita tidak akan melihat kelelawar saling bertabrakan di dalam gelap karena mereka bisa menciptakan visualisasi detail dengan sonar mereka.

2. Platipus

Mengagumkan! Dunia Fauna Punya 10 Spesies Hewan dengan Indra TerbaikPlatipus merupakan spesies dengan sensor kompleks. (nhm.ac.uk)

Platipus atau platypus adalah mamalia yang masuk dalam genus Ornithorhynchus dan menjadi salah satu spesies mamalia yang bertelur. Nah, salah satu indra kuat yang dimiliki platipus adalah reseptor listrik yang terdapat dalam moncongnya, ditulis dalam laman Reed College.

Reseptor kompleks ini berfungsi sebagai sistem navigasi dan membantu platipus mencari makan di dalam air. Dalam studinya, ilmuwan menyimpulkan bahwa kemampuan hebat platipus sudah terbentuk di zaman purba melalui evolusi pada ratusan ribu tahun lalu.

3. Gurita

Mengagumkan! Dunia Fauna Punya 10 Spesies Hewan dengan Indra TerbaikGurita dan kemampuan penglihatan polarisasi. (pexels.com/Pia)

Ada satu kelebihan gurita yang bisa diandalkan untuk komunikasi, lokalisasi habitat, dan navigasi. Ya, kemampuan tersebut berkaitan dengan indra penglihatan gurita, yakni polarisasi. Jurnal studi yang dicatat dalam laman Biologist menyatakan bahwa hewan laut dengan kemampuan mata terbatas rupanya bisa mengembangkan sistem penglihatan lewat evolusi.

Nah, di zaman purba, kemungkinan gurita hanya memiliki penglihatan yang sangat sederhana. Namun, dalam rentang ratusan ribu hingga jutaan tahun, gurita mulai dapat mengembangkan penglihatannya dalam melihat berbagai warna yang bisa ditransmisikan menjadi sistem navigasi.

4. Ular

Mengagumkan! Dunia Fauna Punya 10 Spesies Hewan dengan Indra TerbaikUlar bisa mendeteksi sesuatu melalui indra yang sangat sensitif. (pexels.com/Pixabay)

Indra penciuman ular sangat tajam. Tapi, bukan itu yang membuat ular bisa menjadi penyintas hebat di alam liar. Menurut studi yang dicatat dalam laman Nature, terbukti bahwa ular punya indra yang mampu menangkap inframerah dan meneruskannya menjadi sebuah sinyal berupa denyutan, penglihatan, dan bahkan getaran.

Indra seperti ini sangat langka dalam dunia fauna. Bahkan, kemampuannya belum bisa ditandingi oleh alat atau teknologi buatan manusia. Cara kerja dari indra ular adalah menangkap radiasi inframerah yang ditimbulkan dari protein organisme di sekitarnya. Misalnya, ular bisa melihat radiasi inframerah pada protein tikus dari jarak yang cukup jauh.

5. Gajah

Mengagumkan! Dunia Fauna Punya 10 Spesies Hewan dengan Indra TerbaikGajah punya indra penciuman yang sangat tajam. (pexels.com/Rachel Claire)

Gajah, terutama gajah afrika, merupakan spesies mamalia yang luar biasa. Selain memiliki empati pada sesama kelompoknya, gajah ternyata juga punya indra penciuman yang sangat tajam. Dilansir dalam laman Sea World, melalui indra penciumannya, gajah afrika bisa mendeteksi sumber air sejauh 19 kilometer.

Kemampuan ini menjadikan gajah afrika sebagai mamalia darat dengan indra penciuman tertajam di dunia. Bagaimana dengan beruang? Ya, mereka juga punya indra penciuman yang sangat tajam, di mana beruang bisa mendeteksi predator lain pada jarak 30 kilometer. Namun, beruang tidak bisa mendeteksi sumber air sejauh gajah afrika.