Comscore Tracker

Mengagumkan! Dunia Fauna Punya 10 Spesies Hewan dengan Indra Terbaik

#IDNTimesScience Butuh kemampuan ini untuk bertahan hidup

Organisme biologis pasti memiliki indra (sistem fisiologis) sebagai bentuk respons mereka terhadap alam. Secara umum, bagi sebagian besar organisme, indra digunakan untuk berbagai macam keperluan, misalnya merasakan, mendengar, melihat, mengecap, dan lain sebagainya.

Nah, dalam dunia fauna, indra yang mereka miliki bersifat kompleks dan bahkan lebih hebat dari indra milik manusia. Gak percaya? Sepuluh spesies hewan di bawah ini membuktikan bahwa mereka punya indra terbaik di kelasnya masing-masing. Yuk, disimak!

1. Kelelawar

Mengagumkan! Dunia Fauna Punya 10 Spesies Hewan dengan Indra TerbaikKelelawar punya sensor ekolokasi. (pexels.com/Miriam Fischer)

Dilansir dalam Scientific American, kelelawar adalah hewan yang memiliki sensor atau indra ekolokasi terbaik di kelas mamalia. Kelelawar mampu merasakan dan melihat dalam kegelapan dengan baik berkat suara khusus (sonar) yang mereka keluarkan. Nah, suara tersebut dipantulkan oleh objek dan memberikan informasi pada kelelawar.

Indra atau sensor ini juga dimiliki oleh lumba-lumba, paus, burung merpati, dan celurut. Akan tetapi, ilmuwan meyakini bahwa ekolokasi pada kelelawar menjadi sensor terbaik dibandingkan kelas mamalia lainnya. Jadi, kita tidak akan melihat kelelawar saling bertabrakan di dalam gelap karena mereka bisa menciptakan visualisasi detail dengan sonar mereka.

2. Platipus

Mengagumkan! Dunia Fauna Punya 10 Spesies Hewan dengan Indra TerbaikPlatipus merupakan spesies dengan sensor kompleks. (nhm.ac.uk)

Platipus atau platypus adalah mamalia yang masuk dalam genus Ornithorhynchus dan menjadi salah satu spesies mamalia yang bertelur. Nah, salah satu indra kuat yang dimiliki platipus adalah reseptor listrik yang terdapat dalam moncongnya, ditulis dalam laman Reed College.

Reseptor kompleks ini berfungsi sebagai sistem navigasi dan membantu platipus mencari makan di dalam air. Dalam studinya, ilmuwan menyimpulkan bahwa kemampuan hebat platipus sudah terbentuk di zaman purba melalui evolusi pada ratusan ribu tahun lalu.

3. Gurita

Mengagumkan! Dunia Fauna Punya 10 Spesies Hewan dengan Indra TerbaikGurita dan kemampuan penglihatan polarisasi. (pexels.com/Pia)

Ada satu kelebihan gurita yang bisa diandalkan untuk komunikasi, lokalisasi habitat, dan navigasi. Ya, kemampuan tersebut berkaitan dengan indra penglihatan gurita, yakni polarisasi. Jurnal studi yang dicatat dalam laman Biologist menyatakan bahwa hewan laut dengan kemampuan mata terbatas rupanya bisa mengembangkan sistem penglihatan lewat evolusi.

Nah, di zaman purba, kemungkinan gurita hanya memiliki penglihatan yang sangat sederhana. Namun, dalam rentang ratusan ribu hingga jutaan tahun, gurita mulai dapat mengembangkan penglihatannya dalam melihat berbagai warna yang bisa ditransmisikan menjadi sistem navigasi.

4. Ular

Mengagumkan! Dunia Fauna Punya 10 Spesies Hewan dengan Indra TerbaikUlar bisa mendeteksi sesuatu melalui indra yang sangat sensitif. (pexels.com/Pixabay)

Indra penciuman ular sangat tajam. Tapi, bukan itu yang membuat ular bisa menjadi penyintas hebat di alam liar. Menurut studi yang dicatat dalam laman Nature, terbukti bahwa ular punya indra yang mampu menangkap inframerah dan meneruskannya menjadi sebuah sinyal berupa denyutan, penglihatan, dan bahkan getaran.

Indra seperti ini sangat langka dalam dunia fauna. Bahkan, kemampuannya belum bisa ditandingi oleh alat atau teknologi buatan manusia. Cara kerja dari indra ular adalah menangkap radiasi inframerah yang ditimbulkan dari protein organisme di sekitarnya. Misalnya, ular bisa melihat radiasi inframerah pada protein tikus dari jarak yang cukup jauh.

5. Gajah

Mengagumkan! Dunia Fauna Punya 10 Spesies Hewan dengan Indra TerbaikGajah punya indra penciuman yang sangat tajam. (pexels.com/Rachel Claire)

Gajah, terutama gajah afrika, merupakan spesies mamalia yang luar biasa. Selain memiliki empati pada sesama kelompoknya, gajah ternyata juga punya indra penciuman yang sangat tajam. Dilansir dalam laman Sea World, melalui indra penciumannya, gajah afrika bisa mendeteksi sumber air sejauh 19 kilometer.

Kemampuan ini menjadikan gajah afrika sebagai mamalia darat dengan indra penciuman tertajam di dunia. Bagaimana dengan beruang? Ya, mereka juga punya indra penciuman yang sangat tajam, di mana beruang bisa mendeteksi predator lain pada jarak 30 kilometer. Namun, beruang tidak bisa mendeteksi sumber air sejauh gajah afrika.

Baca Juga: 6 Fakta Tentang Hewan Menguap, Apakah Semua Hewan Melakukannya?

6. Ikan lele

Mengagumkan! Dunia Fauna Punya 10 Spesies Hewan dengan Indra TerbaikIkan lele punya indra pengecap terbaik di dunia fauna. (beingdad.in)

Seperti diulas dalam Live Science, ikan lele termasuk hewan dengan indra pengecap atau perasa terbaik di dunia fauna. Rata-rata manusia dan hewan mamalia lainnya bisa membedakan 10 ribu aroma dan rasa melalui semua indranya. Namun, lele bisa membedakan dan merasakan 175 ribu jenis rasa dan aroma.

Molekul rasa yang sangat kecil dan beragam dapat ditangkap oleh indra reseptor lele yang terdapat pada kumis mereka. Akan tetapi, ilmuwan mendapatkan bukti lainnya, yakni indra perasa dan pengecap pada lele juga ada di hampir semua tubuh ikan yang masuk dalam ordo Siluriformes ini.

7. Ikan gua

Mengagumkan! Dunia Fauna Punya 10 Spesies Hewan dengan Indra TerbaikMeskipun buta, ikan gua punya indra pendengaran yang sangat tajam. (telegraphindia.com)

Ikan gua atau ikan buta dari gua (cavefish) adalah spesies ikan yang tersebar dari berbagai macam genus, seperti Amblyopis, Typhleotris, Lucifuga, Milyeringa, dan lain sebagainya. Keanekaragaman genus dan spesies pada ikan gua dipengaruhi oleh masifnya habitat gua di seluruh dunia. Nah, meskipun mayoritas dari mereka buta, ikan gua ternyata punya indra pendengaran yang sangat tajam.

Namun, sayangnya, sebagian dari spesies ikan gua justru memiliki pendengaran yang juga kurang baik. Sebuah laporan sains yang diterbitkan dalam laman NCBI, mengungkap bahwa ikan gua dalam genus Amblyopis tidak seberuntung kerabatnya yang lain karena mereka tidak memiliki indra pendengaran yang cukup tajam.

8. Kumbang permata

Mengagumkan! Dunia Fauna Punya 10 Spesies Hewan dengan Indra TerbaikKumbang permata bisa merasakan panas dari kejauhan. (bugunderglass.com)

Kumbang permata asal Australia punya indra dan sensor khusus untuk membantu pendaratan mereka di tempat-tempat yang panas. Ya, menurut Science Daily, kumbang primata punya indra pendeteksi panas yang pada awalnya diduga untuk mendeteksi kebakaran hutan dari kejauhan. Namun, studi terbaru justru mengungkap kehebatan lainnya.

Ahli satwa sepakat bahwa sensor dan indra pendeteksi panas pada kumbang permata bertujuan untuk mencegah kaki mereka kepanasan pada saat mendarat di titik tertentu. Beberapa titik dengan panas tinggi memang akan membuat kaki serangga cedera. Tapi, hal tersebut tidak berlaku pada kumbang permata karena mereka punya sensor panas yang bisa mendeteksi suhu panas sekecil apa pun.

9. Laba-laba

Mengagumkan! Dunia Fauna Punya 10 Spesies Hewan dengan Indra TerbaikLaba-laba memiliki indra perasa yang sangat sensitif. (sentinelsource.com)

Hampir di semua bagian tubuh laba-laba punya indra dan sensor yang sangat sensitif terhadap sentuhan atau getaran. Laman sains Phys juga mengonfirmasi akan hal ini. Dalam studinya, didapatkan bukti bahwa semua jenis laba-laba memang sangat sensitif terhadap getaran sekecil apa pun, bahkan jika itu terjadi di jarak yang cukup jauh.

Biasanya, getaran pada jaring atau dedaunan adalah tanda adanya mangsa bagi laba-laba. Hebatnya lagi, laba-laba bisa membedakan getaran berdasarkan gelombang dan rentang frekuensinya. Oh, ya, selain laba-laba, kecoak juga punya indra yang sangat sensitif dengan getaran dan sentuhan. Namun, kecoak kurang cerdik dalam membedakan jenis gelombang dan frekuensi getaran yang ada di sekitarnya.

10. Elang

Mengagumkan! Dunia Fauna Punya 10 Spesies Hewan dengan Indra TerbaikElang adalah spesies dengan indra penglihatan yang sangat tajam. (pexels.com/C. Stone)

Elang dan burung hantu adalah dua spesies yang sama-sama punya indra penglihatan sangat tajam. Namun, sepertinya elang masih sedikit lebih unggul dalam hal ini. Jika burung hantu mampu melihat mangsa di malam hari, elang mampu melihat mangsa dari posisi yang sangat jauh di siang dan malam hari.

Dicatat dalam National Eagle Center, burung elang punya dua titik fokus pada matanya, yakni ke depan dan ke samping seluas 45 derajat. Hal ini membuat elang mampu melihat lurus dan ke samping secara bersamaan sama baiknya. Titik fokus jamak pada elang yang dinamakan foveae akan membantu elang melihat seekor anak kelinci dari jarak 5 kilometer.

Nah, kali ini kita sudah sama-sama belajar tentang kehebatan indra atau sensor yang ada di dunia fauna. Kemampuan hebat tersebut rupanya menjadi andalan mereka untuk bertahan hidup di alam liar. So, semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu, ya!

Baca Juga: 5 Jenis Hewan yang Cocok Dipelihara Anak-anak, Jangan asal Pilih!

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya