5 Fakta Sains tentang Misteri Lubang Hitam, Bikin Penasaran!

Apa yang terjadi jika kita masuk ke dalamnya?

Dalam sains, jika kita membaca atau menonton tayangan tentang alam semesta, lubang hitam atau black hole biasanya juga menjadi satu pembahasan yang sangat menarik. Keberadaannya memang nyata, tapi sampai detik ini ilmuwan dan astronaut tidak pernah betul-betul tahu tentang apa yang ada di dalamnya.

Bahkan, posisi dan letak dari lubang hitam tersebut juga sangat jauh dari Bumi dan hanya bisa dipelajari melalui pengamatan. Dilansir Space, lubang hitam terdekat dengan Bumi yang pernah ditemukan oleh European Southern Observatory sebetulnya juga masih menjadi perdebatan. Terbaru, ilmuwan telah membantah bahwa objek di zona HR 6819 yang berjarak 1.000 tahun cahaya dari Bumi tersebut merupakan lubang hitam.

Lantas, apa yang dimaksud lubang hitam itu? Mengapa dianggap sebagai salah satu misteri terbesar di alam semesta? Kenapa pula ilmuwan sangat terobsesi dengan lubang hitam yang tersebar di alam semesta? So, langsung simak beberapa ulasan di bawah ini, ya.

1. Terkait dengan gaya gravitasi yang begitu masif

5 Fakta Sains tentang Misteri Lubang Hitam, Bikin Penasaran!simulasi grafik yang menggambarkan lubang hitam di Galaksi Bimasakti (wikimedia.org/Ute Kraus)

Membicarakan lubang hitam tentu tak bisa dilepaskan dari gaya tarik atau gravitasi. Nah, menurut NASA, lubang hitam bisa diartikan zona di alam semesta yang memiliki kekuatan gravitasi sangat besar sehingga cahaya pun bisa terperangkap di dalamnya. Sebuah lubang hitam bisa memiliki kekuatan gravitasi yang begitu masif mungkin disebabkan oleh massa besar yang terdesak dan terjepit di sebuah tempat yang sangat kecil.

Nah, pemampatan gravitasi inilah yang menyebabkan kemunculan lubang hitam di alam semesta. Satu lagi, sejatinya, lubang hitam yang memiliki kekuatan gravitasi luar biasa besar sebetulnya tidak bisa dilihat oleh manusia begitu saja. Kita membutuhkan peralatan khusus untuk mendeteksi keberadaan mereka di alam semesta.

Alat dan teleskop khusus tersebut akan melihat jalur dan kondisi bintang di sekitar lubang hitam yang memiliki pola pergerakan berbeda dibanding bintang-bintang lainnya. Itu sebabnya objek misterius tersebut dinamakan lubang hitam atau black hole karena memang ia tidak bisa dilihat begitu saja. Mereka cenderung gelap dan tidak tampak seperti objek lainnya karena cahaya yang tak dapat keluar dari lubang hitam tersebut.

2. Teori tentang lubang hitam sudah digagas sejak abad ke-18

5 Fakta Sains tentang Misteri Lubang Hitam, Bikin Penasaran!ilustrasi penggambaran lubang hitam yang pernah dibuat oleh ilmuwan (wikimedia.org/Jeremy Schnittman)

Konsep dan teori mengenai lubang hitam bukanlah hal baru di dunia sains. Science Focus melansir bahwa pandangan mengenai lubang hitam sudah pernah digagas oleh John Michell pada 1783. Kala itu, Michell mengungkapkan bahwa sebuah zona dengan gravitasi kuat di alam semesta bisa saja ada akibat pengerucutan massa. Tentu saja Michell juga menyandarkan hipotesisnya pada hukum gravitasi yang sebelumnya digagas oleh Newton.

Well, baru di era Albert Einstein keberadaan lubang hitam bisa diprediksi dengan penghitungan rumit relativitas. Rasa penasaran banyak ilmuwan terhadap lubang hitam membuktikan bahwa keberadaan zona dengan gaya gravitasi masif ini masih terus diburu dari zaman ke zaman. Gagasan Michell yang sudah eksis sejak abad ke-18 pun mulai dijadikan rujukan karena ada begitu banyak bukti mengarah ke lubang hitam.

Salah satunya adalah penemuan lubang hitam bernama Cygnus X-1 yang dilakukan oleh ilmuwan asal Inggris bernama Louise Webster dan Paul Murdin. Objek angkasa tersebut ditemukan di awal 1970 dan berjarak sekitar 6 ribu tahun cahaya dari tata surya kita. Nah, akhirnya, Cygnus X-1 dikonfirmasi sebagai lubang hitam pertama yang diidentifikasi melalui teleskop khusus.