Jadi Penyintas Hebat, 5 Hewan Ini Bersifat Kanibal demi Bertahan Hidup

Kanibalisme juga termasuk adaptasi ketat di alam liar

Kanibalisme merupakan perilaku saat suatu spesies memangsa jenis spesies yang sama. Perilaku ini sebetulnya sangat jarang terjadi di alam liar. Namun, bagi beberapa spesies hewan, sifat kanibalisme adalah sebuah keharusan dan menjadi syarat mutlak untuk kelangsungan hidup mereka.

Oh ya, kanibalisme juga merupakan salah bentuk adaptasi ketat di alam liar, lho. Jadi, dalam dunia fauna, perilaku aneh tersebut merupakan produk turunan dari adaptasi yang dulunya dilakukan oleh nenek moyang mereka. Ganasnya alam dan terbatasnya pasokan makanan merupakan sebagian faktor yang mendukung kanibalisme dalam dunia fauna.

Nah, kira-kira jenis hewan apa saja yang bersifat kanibal demi kelangsungan hidup mereka? Yuk, kita sama-sama belajar tentang spesies kanibal dalam dunia fauna. Disimak, ya!

1. Laba-laba perut merah Australia

Jadi Penyintas Hebat, 5 Hewan Ini Bersifat Kanibal demi Bertahan Hidupbbc.com

Laba-laba adalah spesies yang sudah menjadi penyintas hebat di alam liar sejak zaman purba. Menurut studi ilmiah yang pernah dilakukan oleh banyak ahli satwa, laba-laba sudah mulai mengalami evolusi sejak 400 juta tahun lalu. Meskipun tidak semua jenis laba-laba dapat selamat di alam, sebagian besarnya masih menjadi penyintas hingga kini.

Salah satu laba-laba yang menjadi penyintas hebat di ganasnya alam Australia adalah laba-laba perut merah. Sebuah jurnal sains yang diterbitkan dalam laman Phys menjelaskan bahwa perilaku kanibalisme dalam hubungan percintaan laba-laba perut merah merupakan perilaku kompleks dan sulit untuk dipahami.

Laba-laba perut merah betina akan memangsa pasangannya setelah mereka melakukan pembuahan. Namun, berbeda dengan jenis perilaku kanibal lainnya, laba-laba jantan mau dimangsa oleh laba-laba betina supaya mereka dapat menghasilkan keturunan dua kali lipat dari biasanya.

Ya, menurut penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan, laba-laba perut merah yang tidak melakukan "ritual" kanibalisme setelah hubungan seksual mereka, biasanya mereka hanya menghasilkan keturunan yang sangat sedikit. Nah, keturunan-keturunan mereka yang sangat sedikit tersebut tak akan bertahan lama di alam liar sehingga populasi mereka akan punah.

Kanibalisme telah menjadi cara yang menyelamatkan populasi mereka dari kepunahan. Dengan memangsa si jantan, laba-laba betina akan mendapatkan banyak nutrisi dan mungkin juga sel sperma yang membuat laba-laba betina dapat menghasilkan lebih banyak keturunan.

2. Katak puru

Jadi Penyintas Hebat, 5 Hewan Ini Bersifat Kanibal demi Bertahan Hidupntnews.com.au

Katak puru atau cane toad adalah spesies katak besar yang juga bersifat kanibal jika berada di alam liar. Bukan hanya memangsa katak lain yang seukuran tubuhnya, katak puru juga gemar menyantap telur-telur mereka sendiri. Beberapa ilmuwan percaya bahwa perilaku aneh ini berkaitan dengan nutrisi pada telur katak yang akan membuat katak dewasa dapat menjalani hidup sampai musim yang akan datang.

Seperti ditulis dalam New Scientist, katak cane toad juga sangat tertarik dengan senyawa kimia yang dilepaskan oleh telur-telur katak pada saat berada di genangan air. Tidak diketahui dengan pasti kenapa katak cane toad dewasa sangat terobsesi dengan senyawa kimia tersebut.

Namun, kebanyakan ahli satwa menduga bahwa perilaku aneh dan menyeramkan tersebut terbentuk akibat adaptasi dalam populasi mereka di masa lalu. Kemungkinan, di masa purba, katak puru dan subspesies katak lainnya bersaing dalam sebuah habitat yang sangat ketat. Mereka tidak lagi menyantap serangga sebagai makanan utama. Lambat laun, mereka juga memasukkan sesama katak sebagai menu makanan mereka.