Comscore Tracker

5 Hewan Unik yang Bisa Mengembangkan Bagian Tubuhnya seperti Balon

Salah satu tujuannya untuk melindungi diri dari predator

Di dunia fauna, beberapa hewan memiliki mekanisme unik dalam bertingkah laku, baik itu untuk bereproduksi, berkomunikasi, berburu, maupun melindungi diri dari ganasnya alam dan predator.

Salah satu mekanisme unik yang dimiliki oleh beberapa hewan tersebut ialah membuat bagian tubuhnya menggelembung atau mengembang layaknya balon. Hewan-hewan apa sajakah itu? Yuk, disimak.

1. Ikan Buntal atau Pufferfish

5 Hewan Unik yang Bisa Mengembangkan Bagian Tubuhnya seperti BalonUnsplash/Brian Yurasits

Kamu pasti sudah tahu tentang ikan unik yang satu ini, kan? Ya, ikan buntal atau pufferfish merupakan ikan yang masuk dalam famili Tetraodontidae alias spesies ikan vertebrata yang dapat mengembangkan tubuhnya dan memiliki toksin mematikan.

Mengapa ikan buntal mengembangkan tubuhnya? Seperti dilansir dalam laman Seattle Aquarium, ikan buntal akan mengembangkan tubuhnya jika merasa terancam. Ikan ini dapat melemaskan otot-ototnya dan merenggangkannya sampai maksimal dan membentuk balon berduri.

Jika cara ini gagal, predator yang memakan ikan buntal juga pasti akan keracunan akibat toksin yang dikeluarkan dari tubuh ikan buntal.

2. Kori Bustard

5 Hewan Unik yang Bisa Mengembangkan Bagian Tubuhnya seperti Balonafricanbirdclub.org

Kori bustard adalah salah satu spesies unggas atau burung yang termasuk paling berat di dunia. Spesies ini merupakan hewan asli yang berasal dari Tanzania, Afrika. Selain memiliki tubuh terberat di antara semua burung yang dapat terbang, kori bustard juga memiliki cara unik dalam bertingkah laku.

Menurut jurnal ilmiah yang ditulis pada laman National Zoo, jika memasuki musim kawin, burung kori jantan akan mengembangkan kerongkongannya sebesar empat kali lipat dari ukuran normal. Burung jantan juga akan mengeluarkan suara unik seperti dentuman-dentuman bernada rendah.

Baca Juga: Canggih, Hewan-hewan Ini Memiliki Indra Keenam

3. Katak Tebu

5 Hewan Unik yang Bisa Mengembangkan Bagian Tubuhnya seperti Balonabc.net.au

Katak tebu atau cane toad merupakan salah satu spesies katak beracun yang sering dijumpai di Australia, Filipina, dan Amerika. Kata ini memiliki mekanisme pertahanan diri berupa kelenjar racun yang ada pada kulitnya.

Katak tebu akan mengembangkan tubuhnya pada saat kawin. Selain untuk menarik lawan jenisnya, cara ini juga merupakan cara supaya pembuahan dapat terjadi dengan efektif.

Melansir laman Australian Museum, katak tebu betina dapat menghasilkan 8-35 ribu telur sekaligus. Itulah sebabnya katak tebu kadang dianggap hama berbahaya bagi ekosistem.

4. Beberapa Jenis Anjing Laut

5 Hewan Unik yang Bisa Mengembangkan Bagian Tubuhnya seperti Balonourmarinespecies.com

Dari semua jenis anjing laut, spesies hooded seals atau anjing laut bertudung merupakan spesies anjing laut yang paling unik. Seperti dilansir dari laman Our Marine Species, hooded seals jantan akan mengembangkan moncong mereka sebagai tanda agresivitas pada saat musim kawin.

Sedangkan untuk betinanya, mereka tidak dapat mengembangkan moncong mereka karena anjing laut betina tidak memiliki membran sekuat anjing laut jantan.

5. Siamang

5 Hewan Unik yang Bisa Mengembangkan Bagian Tubuhnya seperti Balonaboutanimals.com

Siamang merupakan hewan sejenis kera berlengan dan berkaki panjang yang habitatnya dapat ditemui di Malaysia dan sebagian pulau Sumatra. Siamang merupakan salah satu spesies hewan yang dilindungi karena masuk dalam daftar hewan terancam punah.

Memiliki bagian tubuh di lehernya yang dapat dikembangkan seperti balon, ini merupakan cara unik Siamang dalam berkomunikasi seperti yang dijelaskan pada laman About Animals. Nada dan suara-suara teriakan Siamang terdengar keras dan berisik karena mereka memiliki teritorial yang saling berjauhan.

Itulah lima hewan unik yang dapat mengembangkan bagian tubuhnya mirip balon. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kamu tentang dunia fauna, ya!

Baca Juga: 11 Foto Menyedihkan Hewan-hewan yang Terancam Punah, Kasihan Banget

Dahli Anggara Photo Community Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You