6 Jenis Simbiosis yang Terjadi di Alam, Yuk Belajar Biologi

Simbiosis bukan hanya mutualisme saja, lho

Secara sederhana, simbiosis dapat diartikan sebagai interaksi atau hubungan dua spesies atau lebih, yang biasanya bersifat timbal balik. Mungkin yang paling kamu ingat adalah mutualisme, karena memang simbiosis tersebut adalah simbiosis paling populer yang terjadi di alam liar.

Namun, ternyata, simbiosis memiliki beberapa jenis dan tipe. Setidaknya, ilmuwan biologi di dunia ini mengklasifikasikan simbiosis ke dalam enam jenis utama. Apa saja, ya? Yuk, dibaca sampai tuntas, ya!

1. Simbiosis netralisme

6 Jenis Simbiosis yang Terjadi di Alam, Yuk Belajar Biologiartelista.com

Seperti namanya, simbiosis atau interaksi jenis ini adalah netral, artinya beberapa spesies di alam hanyalah berbagi tempat yang sama. Tidak saling memangsa, tidak saling merugikan, dan juga tidak saling menguntungkan.

Laman sains Access Science mencatat bahwa simbiosis netralisme adalah salah satu jenis interaksi antarspesies yang paling sering terjadi di alam liar. Bahkan, tidak menutup kemungkinan ada dua spesies predator di satu area yang sama, namun tidak saling memangsa.

Beberapa contoh simbiosis netralisme yang kerap kali terjadi di alam liar adalah keberadaan gajah dan jerapah di area yang sama, kelompok hyena dan burung hantu di daerah yang sama, dan adanya buaya bersama kuda nil di aliran sungai yang sama.

2. Simbiosis amensalisme

6 Jenis Simbiosis yang Terjadi di Alam, Yuk Belajar Biologichippersinc.com

Simbiosis amensialisme adalah interaksi dua spesies di mana salah satu spesies akan mengalami kerugian, sedangkan spesies yang lain tidak mengalami dampak apapun. Jenis interaksi ini jarang ditemukan pada hewan, namun sering terjadi pada dunia flora atau tumbuhan.

Contoh yang paling sering terjadi adalah pertumbuhan gulma pada tanaman pertanian. Gulma merupakan tanaman pengganggu yang berdampak buruk buat tanaman lain di sekitarnya.

Hal ini dapat terjadi karena gulma akan menghasilkan zat atau senyawa alelopati, di mana senyawa ini akan membuat tanaman di sekitarnya akan mati. Uniknya, gulma sendiri tidak akan terpengaruh dengan keberadaan zat atau senyawa tersebut.

3. Simbiosis komensalisme

6 Jenis Simbiosis yang Terjadi di Alam, Yuk Belajar Biologireference.com

Simbiosis komensalisme sepintas agak mirip dengan amensialisme, namun komensalisme lebih bersifat menguntungkan pada salah satu spesies, sedangkan spesies lainnya tidak memiliki dampak apapun.

Dalam dunia fauna, simbiosis ini sering kamu lihat di habitat ikan hiu, di mana biasanya hiu akan dikelilingi oleh ikan-ikan kecil di sekitarnya. Ikan kecil bernama remora ini tidak merugikan hiu, mereka hanya memakan parasit-parasit kecil di tubuh hiu.

Dalam laman Reference, dijelaskan bahwa hubungan dua spesies ini merupakan interaksi komensalisme. Ikan remora diuntungkan dengan keberadaan hiu, karena mereka akan menumpang makan dari sisa-sisa makanan hiu, dan juga menumpang bernapas di insang milik hiu.

Sebaliknya, hiu tidak merasa dirugikan karena memang tidak berdampak apapun bagi hiu tersebut. Simbiosis jenis ini sudah terjadi sejak zaman purba, di mana hiu prasejarah memiliki ukuran tubuh lebih besar dibandingkan hiu modern.