Comscore Tracker

Kenapa Kucing Tidak Mau Makan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dari hal ringan sampai penyakit berat

Memelihara hewan peliharaan, seperti kucing, anjing, kelinci, burung, dan hamster, menjadi pilihan bagi banyak orang. Merawat dan membesarkan mereka juga membutuhkan komitmen yang tak putus di tengah jalan. Nah, salah satu persoalan yang sering dialami oleh pemilik kucing adalah pola makannya yang berubah, bahkan tidak mau makan sama sekali.

Sebetulnya, kenapa kucing tidak mau makan meskipun sudah disodorkan makanan kesukaannya? Bagaimana cara mengatasi kucing yang sama sekali tidak mau makan? Simak artikel ini sampai habis, ya!

Baca Juga: 5 Cara Mengobati Mata Kucing Berair, Jangan Panik!

Penyebab kucing tidak mau makan dan cara mengatasinya

Kenapa Kucing Tidak Mau Makan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinyailustrasi kucing yang sedang menikmati makanannya (unsplash.com/Laura Chouette)

Pada dasarnya, kucing yang sehat juga pasti memiliki selera makan yang normal. Artinya, mereka akan makan sesuai dengan jadwal yang telah ada. Kita bisa memberi kucing makanan berupa makanan kering, semibasah, dan kemasan kaleng yang banyak dijual di pasaran.

Menurut laman Cornell University, makanan kering yang bagus bagi kucing adalah jenis makanan yang mengandung nutrisi lengkap. Biasanya, makanan berkualitas akan mengandung beberapa bahan utama, seperti daging, biji-bijian, ikan, serat, mineral, vitamin, dan nutrisi tambahan tergantung produk dan jenisnya.

Nah, jika kucing masih tetap tidak mau makan makanan apa pun, kamu wajib curiga dan memperhatikan beberapa penyebabnya di bawah ini.

  1. Untuk kasus yang ringan, bisa saja kucing mengalami kejenuhan dengan jenis makanan yang selalu sama setiap harinya. Solusi untuk masalah ini, coba ganti jenis makanan dengan ragam yang berbeda.
  2. Sayangnya, kucing yang bosan dengan makanannya bisa dikatakan kasus yang jarang. Justru kebanyakan kucing tidak mau makan akibat masalah pada gigi. Periksa gigi mereka dan jika memungkinkan, bawa kucing ke dokter hewan.
  3. Masalah pencernaan juga menjadi faktor terkuat yang menyebabkan kucing tidak menyentuh makanannya. Pet MD dalam lamannya menjelaskan bahwa refluks gastroesofageal bisa menyerang kucing dan ini menyebabkan peradangan pada saluran kerongkongan hingga pencernaan.
  4. Kucing yang stres juga biasanya tidak mau makan sama sekali dan menyebabkan berat badannya turun. Jangan biarkan kucing berada di tempat yang membuatnya stres karena pada beberapa kasus, kucing yang stres bisa mengalami komplikasi penyakit di tubuhnya.
  5. Perhatikan perubahan pola makan kucing setelah vaksinasi. Kendati jarang, kucing bisa kehilangan nafsu makan selama beberapa hari setelah vaksinasi. Konsultasikan dengan dokter hewan untuk mencari jalan keluarnya.
  6. Ada jenis makanan yang memicu alergi pada kucing. Di alam liar, kucing punya naluri untuk mendeteksi makanan mana yang tidak cocok dengan mereka. Nah, jika sudah begini, kucing tidak akan menyentuh makanan yang dianggap tidak cocok bagi tubuh mereka.
  7. Kucing terkena penyakit berat, seperti kanker, tumor, gangguan saraf, gagal ginjal, dan rabies. Coba konsultasikan dengan dokter hewan agar diberikan perawatan medis yang memadai. Namun, tidak ada pengobatan efektif bagi kucing yang positif rabies.
  8. Kucing menua dan waktu mendekati kematiannya. Tidak banyak yang bisa dilakukan di sini. Bagaimanapun, kucing akan tua dan mati layaknya makhluk hidup lainnya. Merawat dan memberikan kenyamanan pada akhir kehidupan adalah cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi penderitaan mereka.

Nah, bagaimana? Jadi, kamu sudah tahu beberapa penyebab penting yang membuat kucing kesayanganmu tidak mau makan sama sekali. Well, jika kamu memiliki kucing, sebaiknya rawat dan pelihara mereka dengan baik, ya!

Baca Juga: 8 Kucing Asli Indonesia, Gak Kalah Lucu dari Kucing Ras!

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya