Comscore Tracker

5 Kisah Nyata Psikopat Ini Membuktikan bahwa Mereka Orang Cerdas

Bahkan, ada pelakunya yang masih belum terungkap

Sebuah jurnal ilmiah Forensic Psychiatry and Psychology pada 2014, yang pernah diterbitkan dalam laman NCBI, menulis bahwa psikopat secara umum dapat dikorelasikan dengan kemampuannya dalam memahami sesuatu. Dengan kata lain, pada dasarnya psikopat memiliki kecerdasan yang setara, bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan orang normal pada umumnya.

Nah, di dunia nyata, ada kisah-kisah psikopat yang membuktikan bahwa para psikopat tersebut merupakan sosok dengan kecerdasan di atas rata-rata. Harus diingat bahwa psikopat berbeda dengan sosiopat. Dalam banyak hal, sosiopat lebih cenderung menampakkan tabiat aslinya di depan banyak orang.

Inilah lima kisah nyata psikopat yang membuktikan bahwa mereka adalah orang cerdas. Apa saja? Yuk, disimak!

1. Zodiac Killer

5 Kisah Nyata Psikopat Ini Membuktikan bahwa Mereka Orang Cerdasajc.com

Zodiac Killer atau Pembunuh Zodiak adalah nama kiasan yang diberikan pada seorang atau beberapa orang yang melakukan pembunuhan berantai di Amerika Serikat pada akhir 1960-an. Kasus-kasus pembunuhan tersebut lebih banyak dialami oleh sepasang kekasih meskipun terkadang korban juga seorang diri.

Uniknya, pelaku sering mengirimkan surat kaleng kepada pihak kepolisian dan media serta menyatakan bahwa ia yang menjadi pelaku atas semua kasus pembunuhan yang terjadi. Dalam suratnya, tak jarang ia menyelipkan teka-teki dan simbol-simbol untuk dipecahkan oleh pihak kepolisian.

Dicatat dalam laman Biography, sedikitnya ada lima kasus pembunuhan yang tercatat resmi. Namun, pihak kepolisian meyakini bahwa ada belasan kasus pembunuhan tak terungkap yang dilakukan oleh pelaku yang sama. Bahkan, dalam suratnya, pelaku juga mengakui bahwa ia melakukan banyak pembunuhan dan jumlahnya jauh di atas lima kasus.

Apakah kasus ini terungkap? Tidak. Pihak berwenang sempat mencurigai seorang bernama Arthur Leigh Allen sebagai pelaku tunggal. Namun, ada banyak kesaksian yang menyebut bahwa ciri-ciri pelaku selalu berubah-ubah. Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa pelaku lebih dari satu orang.

Arthur Allen hanya didakwa penganiayaan terhadap anak di bawah umur. Pihak berwenang belum sempat melakukan investigasi lanjutan karena Arthur Allen sudah lebih dulu meninggal akibat serangan jantung. Jadi, Zodiac Killer masih menjadi salah satu misteri terbesar di Amerika hingga saat ini. Zodiak dikenal sebagai pelaku yang cerdas dalam melakukan pembunuhan dan sembunyi nyaris sempurna tanpa terdeteksi.

2. Thomas Neill Cream

5 Kisah Nyata Psikopat Ini Membuktikan bahwa Mereka Orang Cerdaswhitechapeljack.com

Kasus psikopat yang dilakukan oleh Thomas Cream juga menjadi salah satu bukti bahwa psikopat merupakan orang cerdas dan terkadang memiliki posisi terhormat di masyarakat. Kasus-kasus pembunuhan yang dilakukannya juga menegaskan bahwa psikopat sangatlah berbeda dengan sosiopat.

Ya, Thomas Cream adalah seorang dokter yang juga sempat mengenyam Pendidikan Kedokteran di Universitas McGill Montreal, Kanada. Bahkan, seperti ditulis dalam Canada's History, Thomas Cream juga anak dari keluarga kaya raya yang cukup terpandang di wilayahnya.

Thomas Cream dilahirkan pada 27 Mei 1850 di Skotlandia. Empat tahun setelah kelahirannya, orangtuanya pindah ke Kanada dan di sana keluarganya mendapatkan pekerjaan yang bagus hingga akhirnya memiliki kekayaan dan posisi terhormat di tengah warga lokal Quebec, Kanada.

Thomas Cream mengawali karier psikopatnya dengan membuka praktik aborsi ilegal, bahkan pada awalnya sempat melakukan pembunuhan terhadap seorang perempuan yang dijejalkan penuh kloroform (obat bius) dalam tubuhnya. Namun, ia tidak terbukti bersalah meskipun kepolisian sangat yakin bahwa Thomas adalah pelakunya.

Pada 1880, pasien aborsi selanjutnya juga ditemukan meninggal. Lagi-lagi polisi tidak menemukan bukti kuat yang mengarah pada Thomas. Baru pada 1881, polisi bisa menangkap Thomas karena benar-benar terbukti membunuh seorang pria bernama Daniel Stott. Ia dihukum penjara seumur hidup, namun sempat bebas bersyarat karena berperilaku baik dan sopan.

Ia kembali ke Inggris dan kejadian selanjutnya adalah pembunuhan berantai yang mirip dengan Jack the Ripper. Thomas terbukti melakukan beberapa pembunuhan sadis di London dan ia dihukum mati pada 1892 di Inggris. Yang mengerikan adalah ia sempat mengaku sebagai Jack the Ripper, pembunuh berantai yang juga tak terungkap hingga kini.

Baca Juga: Psikopat Vs Sosiopat, Ini 5 Fakta Sains untuk Mengetahui Perbedaannya

3. Elizabeth Bathory

5 Kisah Nyata Psikopat Ini Membuktikan bahwa Mereka Orang Cerdaselespanol.com

Laman sains How Stuff Works mencatat bahwa Elizabeth Bathory dilahirkan sebagai seorang bangsawan Hongaria pada 1560. Ia disebut-sebut menderita kelainan mental yang tak tampak karena amarahnya bisa meledak-ledak kapan pun tanpa sebab yang jelas. Bahkan, dari kecil ia sudah melihat pemandangan sadis, yakni apa yang dilakukan anak buah ayahnya terhadap pencuri.

Psikolog melihat bahwa Elizabeth Bathory memiliki sifat psikopat yang terbawa secara genetik sekaligus pengaruh lingkungan. Hal ini membuktikan bahwa ia--selain psikopat--juga seorang sosiopat sejati. Posisinya yang berada di tengah keluarga terpandang membuat siapa saja "memaklumi dan memaafkan" apa saja yang ia perbuat.

Elizabeth Bathory menikah pada saat usianya 15. Namun, karena suaminya seorang prajurit, ia lebih sering ditinggal suaminya bertugas. Ternyata, Elizabeth bukanlah perempuan biasa yang akan melakukan tugas-tugas rumah tangga layaknya istri bangsawan lainnya, melainkan ia gemar menyiksa gadis-gadis muda. Sejarawan menganggap bahwa Elizabeth Bathory juga seorang biseksual.

Penyiksaan yang banyak ia lakukan sangat tidak wajar, mulai menusuk jarum di bibir korban hingga menelanjangi korban di suhu beku dan menyiramnya dengan air hingga korban meninggal perlahan. Bukti-bukti sejarah mengungkap bahwa Elizabeth Bathory sudah melakukan pembunuhan sebanyak 650 kali dan ia selalu mencatat pembunuhan yang baru ia lakukan.

Namun, di zaman feodal seperti era 1500-an di Hongaria membuat posisi Elizabeth Bathory sulit untuk dijadikan tersangka kasus pembunuhan. Pengadilan hanya menganggap Elizabeth mengalami gangguan jiwa dan ia dibebaskan dari tuduhan. Pada 1614, Elizabeth Bathory ditemukan tewas di kamarnya. Ada rumor yang menyatakan bahwa ia meninggal karena dibunuh.

4. Leonarda Cianciulli

5 Kisah Nyata Psikopat Ini Membuktikan bahwa Mereka Orang Cerdasfearsandbeers.com

Di antara semua kasus psikopat yang ada di daftar ini, mungkin kasus psikopat Leonarda Cianciulli menjadi kasus pembunuhan yang paling membuatmu mual. Pasalnya, ia menghancurkan dan mengambil darah korbannya untuk dijadikan adonan kue. Parahnya lagi, ia bagikan kue-kue tersebut kepada orang lain dan ia pun juga menikmati kue "darah" tersebut.

Bahkan, sisa-sisa tubuh korban yang sudah cukup halus dijadikan sabun mandi oleh Cianciulli, seperti dicatat dalam laman Murderpedia. Kasus pembunuhan yang ia lakukan terjadi pada 1939 hingga 1940 dan telah menewaskan tiga korban jiwa. Pada awalnya, Cianciulli telah mengalami 17 kali kehamilan dan 3 di antaranya keguguran.

Bahkan, sepuluh anaknya juga meninggal pada saat usia mereka masih sangat kecil. Hal tersebut menyebabkan Cianciulli sangat protektif terhadap empat anaknya yang lain. Mentalnya yang sudah lama terganggu menyebabkan ia percaya pada hal-hal berbau takhayul. Ia percaya bahwa untuk melindungi anak-anaknya dibutuhkan korban atau tumbal nyawa orang lain.

Meskipun Cianciulli adalah psikopat sejati, faktanya ia cukup cerdas dan dapat bergaul dengan baik. Ia berkarier dengan baik di berbagai perusahaan hingga keadaan keuangannya membaik. Bahkan, ia juga sempat membuka toko sabun sembari menjalankan usaha ramal meramal nasib.

Pelanggannya cukup banyak dan namanya cukup dikenal. Namun, sekali psikopat tetaplah psikopat. Cianciulli terbukti membunuh tiga orang perempuan dan dalam pernyataannya ia membunuh karena membutuhkan tumbal guna melindungi nyawa anak-anaknya dari roh jahat.

Yang membuat ngeri adalah apa yang ia perbuat dengan tubuh-tubuh korbannya. Tak hanya memutilasi, ia juga mengambil darah dan bagian tubuh lainnya untuk dijadikan kue dan sabun mandi. Ia bahkan menikmati sabun dan kue-kue tersebut. Tak bisa dibayangkan bagaimana mualnya orang-orang yang ada di pengadilan pada saat mendengarkan kesaksian dari Cianciulli.

5. Ted Bundy

5 Kisah Nyata Psikopat Ini Membuktikan bahwa Mereka Orang Cerdasmedium.com

Ted Bundy adalah psikopat dan pembunuh berantai paling terkenal yang pernah menggegerkan publik Amerika Serikat pada 1970 hingga 1980-an. Beberapa ahli bahkan percaya bahwa Ted Bundy telah melakukan kejahatannya sebelum 1970. Ditulis dalam laman Britannica, Ted Bundy akhirnya dinyatakan bersalah dan dihukum mati pada 1989.

Ted Bundy memiliki masa kecil yang kelam. Ia sering menjadi sasaran perundungan dan hubungan dengan ayah tirinya juga tidak bagus. Namun, hal tersebut tidak mengurangi kecerdasan Bundy. Terbukti, ia memiliki karier pendidikan cukup bagus di perguruan tinggi. Ditambah, ia memiliki karisma yang akan membuat banyak perempuan jatuh hati.

Ia benar-benar tampak normal seperti laki-laki kelas atas pada umumnya. Ia cerdas dan dapat berbicara dengan tutur kata yang sangat baik dan berpendidikan sehingga membuat siapa saja tak akan menyangka bahwa ia juga merupakan pembunuh berdarah dingin.

Ted Bundy terbukti secara meyakinkan telah membunuh, menculik, dan memerkosa puluhan korban. Ia sendiri mengakui ada 28 korban yang ia bunuh. Namun, pihak kepolisian dan kejaksaan meyakini bahwa ada ratusan kasus pembunuhan yang pernah dilakukan oleh Ted Bundy. Akhirnya, Bundy dihukum mati dengan kursi listrik pada 1989 di Florida, Amerika.

Itulah beberapa kisah nyata psikopat yang pernah menggegerkan dunia. Tampak dari luar mereka mirip seperti kebanyakan orang normal pada umumnya. Bagaimana menurutmu? Apakah memang mereka sangat cerdas atau justru manipulatif?

Baca Juga: 6 Film Bertema Psikopat yang Masih Bisa Kamu Ikuti Jalan Ceritanya

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya