Comscore Tracker

Kamu Harus Tahu, 5 Manfaat Medan Magnetik Bumi bagi Kehidupan

Keberadaan medan magnet Bumi sangat penting

Medan magnet Bumi—atau biasa juga disebut medan magnetik—adalah sebuah perangkat alami yang dimiliki oleh Planet Bumi dan dapat memantulkan partikel Matahari yang merugikan atmosfer Bumi.

Saat ini. medan magnetik Bumi yang membentang dari benua Afrika hingga Amerika Selatan telah berangsur-angsur melemah, seperti ditulis dalam laman The European Space Agency. Tentu ini telah menjadi perhatian serius bagi para ilmuwan karena medan magnetik Bumi memiliki manfaat yang sangat fatal bagi kehidupan.

Inilah lima manfaat medan magnetik Bumi bagi kehidupan, apa saja? Yuk, disimak!

1. Medan magnetik Bumi melindungi kehidupan biologis dari radiasi luar angkasa

Kamu Harus Tahu, 5 Manfaat Medan Magnetik Bumi bagi Kehidupanscitechdaily.com

Seperti ditulis dalam laman Universe Today, salah satu manfaat dan fungsi medan magnetik Bumi adalah melindungi planet ini dari banyaknya radiasi luar angkasa. Salah satu radiasi yang berbahaya bagi Bumi adalah radiasi Matahari.

Radiasi Matahari yang berbahaya bagi planet adalah badai Matahari. Radiasi ini membawa unsur-unsur partikel Matahari yang tidak stabil dan dapat merusak atmosfer sebuah planet. Nah, di sinilah fungsi medan magnetik, yakni untuk tetap menjaga susunan atmosfer agar tetap utuh.

Jika atmosfer Bumi rusak akibat radiasi Matahari, Bumi akan menjadi seperti Planet Mars. Ya, planet merah tersebut sudah lama kehilangan atmosfernya. Kalau pun ada, jumlahnya tak akan cukup untuk melindungi planet dari radiasi Matahari.

Tanpa medan magnetik dan atmosfer, radiasi Matahari akan terperangkap di dalam sebuah planet. Kehidupan biologis yang sudah ada juga pasti akan terganggu, bahkan musnah.

2. Medan magnetik Bumi berhubungan dengan perputaran Bumi pada porosnya

Kamu Harus Tahu, 5 Manfaat Medan Magnetik Bumi bagi Kehidupanearth-chronicles.com

Pada dasarnya, medan magnetik Bumi juga berhubungan dengan perputaran Bumi pada porosnya. Ini menandakan bahwa medan magnetik dan rotasi Bumi saling berkaitan secara timbal balik.

Tak dapat dibayangkan jika Bumi tidak memiliki medan magnetik, bisa dipastikan bahwa perputaran Bumi juga akan menjadi kacau. Live Science mengungkap bahwa medan magnetik Bumi sudah memberikan dampak besar pada inti planet ini.

Penelitian yang dilakukan oleh NASA dan ahli geologi menyimpulkan bahwa pada zaman purba, medan magnetik Bumi pernah mengalami perubahan. Kejadian ini membuat perubahan baru bagi Bumi, yakni pergeseran kutub Bumi.

Para ahli percaya bahwa perubahan medan magnetik Bumi yang terjadi sekitar 700 ribu tahun yang lalu bisa terjadi kembali pada masa yang akan datang.

Baca Juga: Tidak Hanya Bulan, Ini 5 Eksplorasi dan Studi NASA di Luar Angkasa

3. Medan magnetik Bumi dapat digunakan sebagai dasar navigasi global

Kamu Harus Tahu, 5 Manfaat Medan Magnetik Bumi bagi KehidupanUnsplash/Samuel Chenard

Dalam kehidupan sehari-hari—terutama dalam dunia transportasi—keberadaan medan magnetik Bumi sangatlah penting. Medan magnetik Bumi dapat membantu manusia dalam menentukan arah melalui kompas.

Dalam dunia transportasi, entah itu penerbangan, kapal laut, maupun transportasi darat, navigasi berbasis kompas juga sering digunakan. Cara kerja yang melibatkan gaya tarik magnet ini telah digunakan oleh manusia sejak zaman dulu.

Tidak hanya kompas konvensional, medan magnetik Bumi juga akan berpengaruh pada sistem navigasi berbasis pemetaan satelit atau GPS. Jika medan magnetik Bumi bergeser, sistem navigasi di seluruh dunia juga harus disesuaikan.

4. Migrasi yang dilakukan oleh beberapa spesies hewan juga bergantung pada medan magnetik Bumi

Kamu Harus Tahu, 5 Manfaat Medan Magnetik Bumi bagi Kehidupanscienceabc.com

Laman sains Biologists mencatat bahwa ada banyak spesies hewan yang dapat mendeteksi medan magnetik Bumi dan menggunakannya sebagai navigasi alami mereka. Biasanya, medan magnet ini sangat berguna bagi hewan-hewan yang melakukan migrasi dari satu wilayah ke wilayah lainnya.

Dengan kemampuan mendeteksi dan merekam lingkungan melalui medan magnetik Bumi, hewan-hewan tersebut dapat melihat "peta" secara virtual dalam otak mereka. Tentu saja, kemampuan hebat ini telah melalui proses evolusi yang sangat panjang. Umumnya, mereka bermigrasi karena perubahan cuaca dan iklim yang cukup ekstrem.

Bahkan, ada beberapa spesies burung yang dapat memetakan wilayah dengan sangat baik, mirip dengan peta yang dibuat oleh manusia. Jika medan magnetik tidak ada, akan ada banyak spesies yang tak dapat melakukan migrasi dan akan mati karena cuaca ekstrem.

5. Medan magnetik Bumi berperan bagi dunia pertambangan

Kamu Harus Tahu, 5 Manfaat Medan Magnetik Bumi bagi KehidupanUnsplash/Dominik Vanyi

Terlepas dari perdebatan apakah pertambangan itu merusak Bumi atau tidak, yang jelas medan magnet Bumi juga berperan penting di dalamnya. Dengan adanya medan magnetik Bumi, beberapa jenis mineral dan bijih besi di dalam Bumi akan lebih mudah dilacak.

Seperti dicatat dalam laman Geology, kebanyakan bijih besi yang saat ini ditambang merupakan batuan sedimen berpita (taconite) yang memiliki campuran beberapa unsur yang mengandung magnet.

Keberadaan mineral dan unsur-unsur yang mengandung besi bisa ditemukan melalui penghitungan gerakan dan pengaruh medan magnetik Bumi.

Itulah lima manfaat penting medan magnetik Bumi bagi kehidupan. Gak bisa dibayangkan jika medan magnetik Bumi tidak ada, pastinya kehidupan di Bumi akan kacau dan bahkan musnah.

Baca Juga: 5 Teori Konspirasi Ruang Angkasa Paling Menghebohkan Sepanjang Masa

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya