Comscore Tracker

10 Potret Spesies Hewan yang Mengandalkan Sonar untuk Bertahan Hidup

Didominasi oleh mamalia

Salah satu cara efektif yang ditunjukkan hewan dalam bertahan hidup adalah bergerak menggunakan sonar. Ya, sonar atau sound navigation and ranging merupakan sebuah mekanisme navigasi yang menggunakan gelombang suara untuk mendeteksi lingkungan di sekitarnya. Nah, dalam dunia militer, sonar juga digunakan sebagai perlengkapan dari wahana bawah laut, misalnya kapal selam.

Beberapa spesies hewan yang ada di Bumi sudah memiliki navigasi sonar secara alami. Mereka bisa melihat dan merasakan lingkungannya dengan baik meskipun dalam kondisi gelap gulita. Well, penasaran dengan mereka? Yuk, kita intip satu per satu potretnya.

1. Lemur aye-aye adalah mamalia unik. Laman INHABITAT menerangkan bahwa mereka punya sistem navigasi sonar untuk melihat saat malam

10 Potret Spesies Hewan yang Mengandalkan Sonar untuk Bertahan HidupAye-aye termasuk salah satu mamalia unik dan hanya punya bobot 2,7 kilogram saja. (howstuffworks.com/David Haring)

2. Menurut National Geographic, sonar pada paus pembunuh bahkan bisa digunakan untuk berburu dan melumpuhkan mangsanya

10 Potret Spesies Hewan yang Mengandalkan Sonar untuk Bertahan HidupOrca atau paus pembunuh bisa menggunakan sonarnya untuk berburu. (sanjuanjournal.com)

3. Dilansir Nature, celurut yang tidak dapat melihat dengan baik bisa mengenal lingkungannya dengan bantuan sonar alami

10 Potret Spesies Hewan yang Mengandalkan Sonar untuk Bertahan HidupMatanya memang tidak sempurna, tapi celurut punya sonar untuk navigasi. (smithsonianmag.com)

4. Tenrec adalah mamalia kecil mirip landak yang ada di Madagaskar. Navigasi berbasis sonar adalah perilaku adaptifnya, dilansir Animal Diversity

10 Potret Spesies Hewan yang Mengandalkan Sonar untuk Bertahan HidupTenrec merupakan mamalia mirip landak kecil yang ada di Madagaskar. (animalcreativefacts.com)

5. Britannica melansir bahwa burung walet punya navigasi sonar untuk membantu mereka membangun sarang di gua-gua yang gelap

10 Potret Spesies Hewan yang Mengandalkan Sonar untuk Bertahan HidupWalet membangun sarangnya di tempat gelap menggunakan navigasi sonar. (ebird.org/Lars Petersson)

Baca Juga: 5 Karakter Hewan Paling Ikonik dalam Marvel, dari Rocket hingga Goose!

6. Oilbird (Steatornis caripensis) adalah spesies burung asli Amerika Selatan yang juga memakai gelombang suara untuk navigasi

10 Potret Spesies Hewan yang Mengandalkan Sonar untuk Bertahan HidupSpesies oilbird memiliki kemampuan navigasi yang mirip dengan walet. (ebird.org/Tim Liguori)

7. Tikus kerdil cina tidak dapat melihat. Namun, dengan bantuan sonar alami, mereka dapat mencari makanan, dilansir Science

10 Potret Spesies Hewan yang Mengandalkan Sonar untuk Bertahan HidupMamalia tikus kerdil china dapat mencari makanan dengan baik meskipun memiliki penglihatan yang buruk. (science.org/Aleksandra Pnyutina)

8. Dikabarkan dalam Science Line, paus sperma dinobatkan sebagai hewan penghasil sonar terbesar di dunia

10 Potret Spesies Hewan yang Mengandalkan Sonar untuk Bertahan HidupPaus sperma adalah hewan penghasil sonar terbesar di dunia. (wildfor.life)

9. Kelelawar terkenal sebagai mamalia dengan navigasi sonar yang kompleks. Mereka dapat mengeluarkan suara hingga 80 ribu hertz

10 Potret Spesies Hewan yang Mengandalkan Sonar untuk Bertahan HidupKelelawar dapat mengeluarkan suara hingga frekuensi 80 ribu hertz. (unsplash.com/James Wainscoat)

10. Menurut Seaworld, lumba-lumba adalah mamalia cerdas yang berburu dan berkomunikasi dengan gelombang suara

10 Potret Spesies Hewan yang Mengandalkan Sonar untuk Bertahan HidupSebagai mamalia cerdas, lumba-lumba terbiasa menggunakan sonar untuk berburu dan berkomunikasi. (pexels.com/Tim Hartelt)

Beberapa spesies yang disebutkan di atas termasuk sebagai hewan ekolokasi, yakni menggunakan sonar untuk keperluan navigasi, komunikasi, dan berburu. Nah, menurutmu, spesies apa lagi yang bisa menggunakan sonarnya?

Baca Juga: 5 Hewan Mematikan yang Menghuni Hutan Amazon, Ada Hewan Apa Aja?

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya