5 Spesies yang Hidup di Laut Terdalam Bumi, yang Pasti Bukan Megalodon

Kok bisa ya mereka hidup di laut terdalam bumi?

Seperti ditulis dalam laman National Geographic, bagian terdalam laut bumi ada di Palung Mariana, yakni sedalam lebih dari 11.000 meter. Mayoritas lautan Bumi masih menjadi misteri bagi kebanyakan ilmuwan, termasuk bagian terdalam lautan bumi.

Menurut penelitian, studi, dan eksplorasi yang pernah dilakukan oleh ilmuwan dan ahli kelautan, ternyata ada spesies-spesies unik yang mendiami lautan dalam tersebut. Padahal, kondisi kedalaman laut tersebut dirasa mustahil untuk ditinggali, mengingat tidak adanya sinar matahari yang dapat masuk ke daerah tersebut.

Inilah lima spesies unik yang ditemukan di laut bumi terdalam, apa saja?

1. Hiu enam insang

5 Spesies yang Hidup di Laut Terdalam Bumi, yang Pasti Bukan Megalodoneurekalert.org

Salah satu spesies yang dapat hidup di lautan dalam adalah hiu enam insang, di mana keberadaan mereka dapat ditemukan pada kedalaman 2000 meter, seperti dicatat dalam British Sea Fishing.

Meskipun dapat hidup di perairan dalam, hiu ini juga sering ditemukan di perairan dangkal karena makanan akan lebih mudah didapat. Selain kuat bermigrasi, hiu yang bernama Latin Hexanchus griseus ini juga kuat dalam hal beradaptasi di dalamnya lautan.

Salah satu hasil adaptasi ketat yang dialami hiu ini adalah enam pasang insangnya, di mana insang tersebut dapat menyerap lebih banyak oksigen di lautan dalam. Kadar oksigen di lautan dalam sangat sedikit, dan hanya spesies yang dapat mengelola oksigen dengan baik yang dapat survive.

2. Cumi-cumi vampir

5 Spesies yang Hidup di Laut Terdalam Bumi, yang Pasti Bukan Megalodonourmarinespecies.com

Cumi-cumi vampir dapat ditemukan di zona perairan dalam, yakni pada kedalaman sekitar 1200 meter, seperti ditulis dalam laman Aquarium of Pasific. Pada zona sedalam ini, keberadaan oksigen juga akan sangat tipis.

Ditambah dengan suhu air yang sangat dingin, membuat spesies lautan dalam ini memiliki cara unik untuk beradaptasi di gelapnya laut. Cumi-cumi vampir memiliki hemocyanin (sel darah pengikat oksigen) yang lebih kuat dibandingkan spesies lainnya.

Tidak semua spesies cumi-cumi memiliki kemampuan tinggi dalam menyerap oksigen, namun khusus cumi-cumi vampir, mereka justru memiliki area permukaan insang yang sangat lebar, sehingga dapat menyerap oksigen dengan lebih baik.