Comscore Tracker

Ternyata Ada Hubungan antara Kosmetik dan Kesehatan Lingkungan, Lho!

Lebih sayang diri atau sayang lingkungan nih?

Ketika menggunakan kosmetik, makeup, atau skincare, para kaum hawa cenderung hanya peduli pada keamanan kandungan kosmetik tersebut terhadap kulit mereka. Hal ini tentu gak sepenuhnya salah. Memangnya siapa sih yang mau membahayakan kulitnya untuk produk yang mengandung bahan berbahaya?

Namun ternyata, tidak hanya kesehatan kulit kita yang perlu diperhatikan. Ketika memilih produk makeup atau skincare, ada beberapa bahan yang tidak aman untuk lingkungan.

Berikut adalah hubungan antara skincare yang kamu gunakan dengan lingkungan sekitarmu. Yuk mulai lebih teliti lagi dari sekarang!

1. Meski aman untuk kulit, ternyata mencemari lingkungan sekitar

Ternyata Ada Hubungan antara Kosmetik dan Kesehatan Lingkungan, Lho!unsplash/Christin Hume

Tanpa kita sadari, ketika menggunakan produk makeup tertentu, meski aman untuk kulit ternyata kita sedang berkontribusi terhadap pencemaran lingkungan. Memang sih, efeknya tidak secara langsung kita rasakan. Tapi, coba deh kamu pikirkan lagi, kemana perginya sisa-sisa makeup yang kamu pakai kalau bukan ke alam bebas di luar sana?

2. Saat kamu mencucinya, air akan tercemar dan bersifat racun bagi tanaman atau hewan

Ternyata Ada Hubungan antara Kosmetik dan Kesehatan Lingkungan, Lho!unsplash/Gallery DS

Zat yang terkandung dalam produk makeup atau skincare seperti triclosan dan plastic microbeads akan bersifat racun bagi tanaman dan hewan. Ketika kita mencuci makeup dan zat tersebut larut dalam air, bukan gak mungkin air tersebut mengalir ke tumbuhan atau tempat ikan atau hewan lainnya hidup. Sehingga, bisa saja kita menjadi penyebab matinya populasi makhluk hidup tersebut.

Baca Juga: Bisa Datang Lebih Awal, Yuk Ketahui Waktu Makeup Kamu Kedaluwarsa!

3. Bahkan, beberapa bahan makeup juga bisa menguap dan mencemari udara

Ternyata Ada Hubungan antara Kosmetik dan Kesehatan Lingkungan, Lho!unsplash/Jernej Graj

Gak cuma larut dalam air, beberapa bahan seperti silicon atau siloxanes yang biasanya terkandung dalam primer makeup merupakan zat yang bisa menguap dan mencemari udara.

Memang efeknya gak langsung berasa dan juga tentunya gak terlihat secara kasat mata, tapi itu berarti kita sudah menjadi salah satu orang yang bertanggung jawab terhadap pencemaran udara.

4. Bahan alami tentu lebih baik dibanding zat kimia

Ternyata Ada Hubungan antara Kosmetik dan Kesehatan Lingkungan, Lho!unsplash/Vero Photoart

Sebenarnya, semua itu bisa dikurangi jika kita lebih condong untuk menggunakan makeup dan skincare dengan bahan alami. Jika semua wanita mulai lebih "melek" terhadap hal ini, para produsen produk kosmetik juga pasti akan lebih mengurangi penggunaan bahan-bahan yang bisa membahayakan lingkungan tersebut. Karena bagaimanapun juga, bahan alami tentu lebih baik dibanding bahan kimia.

5. Lebih sadar akan kesehatan lingkungan bisa dimulai dari diri sendiri, lho

Ternyata Ada Hubungan antara Kosmetik dan Kesehatan Lingkungan, Lho!unsplash/Chris Jarvis

Selain itu, kita juga harus lebih waspada terhadap hal-hal yang bisa membahayakan lingkungan kita. Bukan cuma kita yang akan merasakan dampak buruknya, tapi para generasi kita selanjutnya nanti juga pasti akan lebih terkena efeknya. Untuk itu, pastikan kita memiliki kesadaran untuk mencintai lingkungan karena semua hal dimulai dari yang kecil, yaitu dari diri sendiri.

Kurangi penggunaan produk kosmetik berbahan kimia yang bisa membahayakan diri dan lingkungan ya. Lebih baik pilih yang alami. Setuju girls?

Baca Juga: Perempuan Lebih Ramah Lingkungan daripada Laki-laki, Kenapa Ya?

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, full time daughter..,, you can kindly email me: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You