Comscore Tracker

9 Fakta dan Cara Perawatan Silver Torch Cactus yang Wajib Kamu Ketahui

Bisa jadi koleksi yang dapat mempercantik rumah kamu, lho

Para penggemar tanaman sudah kenal belum dengan tanaman satu ini? Yup, kaktus silver torch atau yang juga disebut kaktus snow pole. Kaktus yang bernama ilmiah Cleistocactus strausii ini merupakan kaktus yang unik, lho.

Kalau biasanya kaktus hidup di lingkungan yang kering dan gersang, kaktus satu ini justru hidup di lingkungan yang dingin, seperti di Pegunungan Bolivia dan Argentina yang ketinggiannya mencapai lebih dari 3.000 meter.

Tampilan yang sangat khas dari kaktus ini juga menambah keunikannya. Warna durinya yang abu-abu membuat kaktus ini seperti ditutupi salju. Selain dua hal tersebut, silver torch cactus juga masih memiliki beberapa fakta unik yang sudah terangkum di bawah ini.

1. Kaktus ini hanya akan mekar jika berada di tempat dengan sinar matahari yang cukup

9 Fakta dan Cara Perawatan Silver Torch Cactus yang Wajib Kamu Ketahuiilustrasi silver torch cactus (instagram.com/succulentzoo)

2. Ada banyak sekali nama julukan untuk kaktus ini, dari silver torch, snow pole, hingga wooly torch

9 Fakta dan Cara Perawatan Silver Torch Cactus yang Wajib Kamu Ketahuiilustrasi silver torch cactus (instagram.com/cactus_and_coffee)

3. Tinggi kaktus silver torch dewasa dapat mencapai 3 m dengan diameter mencapai 6 cm

9 Fakta dan Cara Perawatan Silver Torch Cactus yang Wajib Kamu Ketahuiilustrasi silver torch cactus (instagram.com/dalefrankbotanicalgardens)

4. Sama seperti kaktus pada umumnya, kaktus silver torch akan busuk dan mati jika terlalu banyak diberikan air

9 Fakta dan Cara Perawatan Silver Torch Cactus yang Wajib Kamu Ketahuiilustrasi silver torch cactus (instagram.com/gracesbotanicalgarden)

5. Walaupun ukurannya tergolong cukup besar, tanaman ini tetap dapat dirawat di dalam pot

9 Fakta dan Cara Perawatan Silver Torch Cactus yang Wajib Kamu Ketahuiilustrasi silver torch cactus (instagram.com/plant_mom2021)

6. Silver torch memiliki bunga yang berwarna merah dengan bentuk tabung yang panjangnya sekitar 8 hingga 10 cm

9 Fakta dan Cara Perawatan Silver Torch Cactus yang Wajib Kamu Ketahuiilustrasi silver torch cactus (instagram.com/opulent_succulents)

7. Bunga tersebut baru akan muncul ketika kaktus sudah berusia 10 hingga 15 tahun. Nah lho, harus banyak sabar ya!

9 Fakta dan Cara Perawatan Silver Torch Cactus yang Wajib Kamu Ketahuiilustrasi bunga silver torch cactus (instagram.com/highinthenow)

8. Ketika mekar, bunga kaktus silver torch hanya dapat bertahan selama 4 hingga 5 hari

9 Fakta dan Cara Perawatan Silver Torch Cactus yang Wajib Kamu Ketahuiilustrasi tampak atas silver torch cactus (instagram.com/f_ckingdelightful)

9. Tanaman ini juga tidak beracun, lho. Jadi, tidak usah ragu untuk menjadikannya sebagai tanaman indoor 

9 Fakta dan Cara Perawatan Silver Torch Cactus yang Wajib Kamu Ketahuiilustrasi silver torch cactus sebagai dekorasi (instagram.com/bird_from_foxhill)

Unik sekali 'kan jenis kaktus satu ini. Selain dapat mempercantik rumah, memelihara kaktus ini juga dapat melatih kesabaran, lho. Nah, kalau kamu sendiri apakah tertarik untuk memilikinya?

Baca Juga: 12 Spesies Kaktus yang Paling Memukau dan Mudah Dirawat

Delilah Eleanor Photo Verified Writer Delilah Eleanor

Professional Daydreamer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya