Comscore Tracker

6 Fakta Paus Bertanduk Narwhal, Unicorn Laut dari Antartika

Populasinya semakin menurun dan terancam punah, duh!

Narwhal atau yang sering disebut unicorn laut merupakan hewan yang asli berasal dari Kutub. Mereka hidup di perairan dingin dan punya tampilan yang unik. Hal itu disebabkan oleh tanduk panjang yang menghiasi kepala Narwhal. Sayangnya populasi hewan unik ini kian terancam karena perubahan iklim dan perburuan manusia. Ikut lestarikan populasi Narwhal dengan menambah wawasan tentang mereka di bawah ini yuk! 

1. 'Paus Beluga' dengan tanduk yang panjang

6 Fakta Paus Bertanduk Narwhal, Unicorn Laut dari Antartikaworldwildlife.org

Narwhal berkerabat dekat dengan paus beluga, bahkan punya kemiripan tubuh yang hampir identik. Perbedaan mereka terdapat di bagian kepala, paus beluga memiliki benjolan serupa melon sedangkan paus bertanduk punya tanduk panjang.

2. Pedang panjang Narwhal bukan sepenuhnya tanduk

6 Fakta Paus Bertanduk Narwhal, Unicorn Laut dari Antartikalivescience.com

Semua orang yang melihat tanduk panjang paus ini pasti mengira itu sebagai alat perlindungan diri yang juga dimiliki hewan lain seperti badak. Nyatanya tanduk Narwhal bukanlah seperti itu, tanduk tadi merupakan bagian dari gigi paus bertanduk. Benda panjang menonjol itu adalah gigi Narwhal yang tumbuh melebihi batas. Oleh sebab itu tidak semua paus bertanduk memiliki 'tanduk'.

3. Ukuran gigi 'tanduk' Narwhal yang cukup panjang

6 Fakta Paus Bertanduk Narwhal, Unicorn Laut dari Antartikaworldwildlife.org

Meskipun termasuk gigi paus, namun gigi 'tanduk' ini bisa tumbuh hingga 50 cm. Tanduk ini terdiri dari kumpulan kalsium dan mineral lain sehingga kuat dan juga bisa menjadi identitas penanda dari kerumunan paus Narwhal. 

Baca Juga: 8 Fakta Beluga, Paus Putih yang Cerdas dan Ramah pada Manusia

4. Hidup bebas di alam bebas

6 Fakta Paus Bertanduk Narwhal, Unicorn Laut dari Antartikamontereyboats.com

Paus bertanduk yang coba dikembangbiakan di penangkaran tidak bisa bertahan hidup. Mereka mati dan akhirnya tidak lagi dijaga populasinya dalam penangkaran. Sehingga para ilmuwan memantau populasi hewan ini dari alam bebas. 

5. Populasi unicorn laut yang kian berkurang

6 Fakta Paus Bertanduk Narwhal, Unicorn Laut dari Antartikaworldwildlife.org

Memiliki tanduk dengan uliran yang nyata membuat paus bertanduk disebut-sebut sebagai unicorn laut. Keunikan hewan ini membuat para pemburu liar tertarik untuk mengincar mereka. Menurut situs WWF populasi paus bertanduk hampir terancam dengan jumlah kurang lebih 80,000 di habitat aslinya, Laut Antartika.

Sangat disayangkan banget nih jika hewan langka ini bisa punah di masa mendatang. Semoga tidak ada lagi pemburuan liar dan Narwhal si unicorn laut bisa terus terjaga kelestariannya ya.

Baca Juga: 6 Fakta Hiu Paus, Si Besar Penghuni Lautan

dewi dewi Photo Verified Writer dewi dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya