5 Fakta Orion, Rasi Bintang Sang Pemburu yang Mudah Kamu Temui

Rasi bintang sang Pemburu di malam hari

Pemandangan malam dengan taburan bintang pasti sangat menakjubkan. Sayangnya, untuk kamu yang tinggal di perkotaan dengan polusi yang tinggi, pasti akan sangat sulit melihat pemandangan ini. Namun jika kamu cukup beruntung, kamu bisa melihat beberapa bintang yang berkelap-kelip di langit. Ada yang bercahaya terang dan ada juga yang redup. Kumpulan bintang tersebut apabila dihubungkan akan membuat suatu pola tertentu. Itulah yang disebut dengan rasi bintang.

Ada 88 rasi bintang yang diakui oleh Persatuan Astronomi Internasional. Salah satunya adalah rasi bintang Orion. Sebelum melihat keindahan Orion di malam hari. Yuk, kita simak fakta menarik tentang rasi bintang ini.

1. Nama yang berasal dari Mitologi Yunani

5 Fakta Orion, Rasi Bintang Sang Pemburu yang Mudah Kamu Temui britannica.com

Seperti kebanyakan rasi bintang lainnya, nama Orion diambil dari Mitologi Yunani yang berarti Sang Pemburu. Bentuk rasi bintang ini memang mirip dengan pemburu yang sedang memegang busur panah. Selain nama Orion, rasi bintang ini juga memiliki nama lain yang diberikan oleh masyarakat Jawa yaitu Lintang Waluku yang berarti bintang bajak karena kemunculan bintang ini menandakan musim tanam.

2. Penanda Pergantian Musim

5 Fakta Orion, Rasi Bintang Sang Pemburu yang Mudah Kamu Temui earthsky.org

Rasi bintang Orion terletak di garis lintang antara + 85 derajat dan – 75 derajat. Orion akan terlihat jelas terlihat pada bulan November hingga Februari. Kemunculan Orion di malam hari menandakan adanya pergantian musim, lho! Kemunculan Orion di belahan bumi bagian utara sebagai penanda bahwa musim dingin akan tiba. Sedangkan Orion akan terlihat saat menjelang musim panas di bumi bagian selatan.

Di Indonesia sendiri, Orion terkenal sebagai penanda datangnya musim hujan. Karena itu, nenek moyang kita sering memanfaatkan kemunculan Orion guna mengetahui waktu yang tepat untuk berladang. Wah, ternyata rasi bintang ini sangat berjasa ya!

Baca Juga: 7 Tempat Terbaik di Dunia untuk Melihat Rasi Bintang, Memukau!

3. Terdiri atas 6 bintang utama

5 Fakta Orion, Rasi Bintang Sang Pemburu yang Mudah Kamu Temui stardate.org

Dilansir dari NASA, rasi bintang merupakan kumpulan bintang yang membentuk pola tertentu. Orion tersusun atas 6 bintang utama namun dengan pengecualian pada bintang Betelgeuse si super raksasa merah sedangkan bintang yang lain termasuk bintang super raksasa biru. Bintang-bintang tersebut antara lain Rigel, Bellatrix, Alnilam, Alnitak, Saiph dan Mintaka.

4. Tak hanya ada bintang

5 Fakta Orion, Rasi Bintang Sang Pemburu yang Mudah Kamu Temui universetoday.com

Tidak hanya ada bintang, di dalam rasi bintang Orion juga terdapat beberapa nebula dan planet kecil lainnya. Nebula-nebula tersebut yaitu M42, M43, dan M78. Dari ketiga nebula tersebut yang menjadi nebula terkenal dikalangan para astronom yaitu M42.

Adapun planet yang sudah ditemukan yaitu CVSO 30 yang memiliki jarak sekitar 1.200 tahun cahaya dari planet Bumi dan terletak di arah rasi bintang Orion. Selain CVSO 30, pada ahun 2012 ditemukan planet kecil lainnya yaitu CVSO 30c dan CVSO 30b.

5. Mudah ditemukan

5 Fakta Orion, Rasi Bintang Sang Pemburu yang Mudah Kamu Temui eso.org

Dari sekian banyaknya bintang di langit malam, bagaimana sih caranya menemukan Orion? Kamu tidak perlu khawatir karena Orion merupakan rasi bintang yang cukup mudah ditemukan. Jika kamu melihat ada tiga bintang yang berjajar di langit, artinya kamu sudah menemukan bagian dari rasi bintang ini.

Tiga bintang yang berjajar ini adalah Anilam, Alnitak, dan Mintaka. Ketiga bintang ini disebut Sabuk Orion. Dari Sabuk Orion, kamu akan menemukan bintang-bintang lainnya yang juga menjadi bagian dari rasi bintang Orion.

Semoga beruntung menemukan Orion, ya!