7 Fakta Piton Oenpelli, Termasuk Ular Paling Langka di Dunia

Tidak berbisa dan tidak berbahaya

Ular piton Oenpelli atau sanca batu Oenpelli atau yang memiliki nama Latin Simalia oenpelliensis ialah spesies ular besar dalam famili Pythonidae. Ular ini adalah spesies endemik di daerah masif batu pasir di wilayah Arnhem Land barat di Australia. Tidak ada subspesies yang diakui valid.

Piton Oenpelli diyakini merupakan spesies piton paling langka di dunia. Dua karakteristik paling menonjol dari spesies ini adalah ukuran telurnya sangat besar dan kemampuannya untuk berubah warna. Karena sangat sulit ditemui, hanya ada sedikit informasi yang berhasil didapat seputar ular ini. Apa sajakah itu? Berikut informasinya.

1. Ciri fisik

Piton Oenpelli memiliki fisik panjang dan ramping. Tubuhnya ditutupi oleh sisik berwarna coklat zaitun dengan bercak gelap di seluruh tubuh. Di bawah sinar matahari, sisik mereka memiliki kilau warna-warni. Di malam hari, warnanya berubah dan memiliki kemilau perak. Sementara, sisik di bagian bawah tubuhnya berwarna krem.

Diterangkan laman The Animal Facts, rata-rata individu berukuran panjang 2,5 m. Akan tetapi, beberapa individu bisa tumbuh sangat besar hingga mencapai panjang 5 m, yang ditemukan di Northern Territory.

2. Nama Ilmiah

7 Fakta Piton Oenpelli, Termasuk Ular Paling Langka di Duniailustrasi piton Oenpelli (prestigepythons.com.au)

Nama ilmiah piton Oenpelli masih diperdebatkan. Diterangkan A-Z Animals, para ilmuwan pertama kali menjelaskan tentang ular ini pada tahun 1977 dan mengklasifikasikannya sebagai Python oenpelliensis. Seiring waktu, ada semakin banyak yang peneliti mempelajari ular itu dan masing-masing membawa ide yang berbeda.

Ular ini telah dimasukkan ke dalam genus Morelia dan Simalia, dan sebagai spesies hewan solo di Nawaran atau Nyctophilopython. Saat ini, tampaknya para ilmuwan condong ke Nyctophilophython oenpelliensis, tetapi Morelia oenpelliensis mungkin sama akuratnya.

3. Salah satu ular terlangka di dunia

7 Fakta Piton Oenpelli, Termasuk Ular Paling Langka di Duniailustrasi piton Oenpelli (a-z-animals.com)

Piton oenpelli disebut-sebut sebagai ular paling langka di Australia yang baru pertama kali dipelajari pada tahun 1977. Menurut laman A-Z Animals, ular ini hanya ditemukan di area kecil lereng curam di wilayah utara Australia.

Spesies ini sangat langka karena jangkauannya yang kecil dan dipengaruhi oleh peningkatan frekuensi kebakaran dan perburuan satwa ilegal. Keunikan lain dari spesies ini adalah betina menghasilkan telur berukuran jauh lebih besar daripada spesies serupa.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Mengenai Ular Piton, Berbahaya Meski Tak Berbisa!

4. Di mana ular ini dapat ditemukan

7 Fakta Piton Oenpelli, Termasuk Ular Paling Langka di Duniailustrasi piton Oenpelli (australiangeographic.com.au)

Spesies ini hanya hidup di Northern Territory, Australia. Dikutip dari A-Z Animals, ular ini biasanya ditemukan di ngarai batu pasir Arnhem Land dan Kombalgie. Ular piton Oenpelli aktif di malam hari dan menghabiskan sebagian besar waktunya bersembunyi di bawah naungan lubang pohon, gua, dan celah batu yang lazim di wilayahnya.

Mereka adalah predator penyergap, yang lebih sering menunggu makanannya datang alih-alih berburu. Ular piton Oenpelli adalah predator oportunistik, yang akan makan apa pun yang ia dapatkan. Akan tetapi, mereka paling menyukai hewan kecil, seperti burung, rubah terbang, posum, dan walabi batu. Piton Oenpelli juga dapat memanjat dengan baik dan terkadang memangsa burung di atas pohon.

5. Jumlah populasi

7 Fakta Piton Oenpelli, Termasuk Ular Paling Langka di Duniailustrasi piton Oenpelli (commons.wikimedia.org)

Total populasi reptil ini belum diketahui dengan pasti dan belum ada penelitian mengenai tingkat penurunannya. Ini karena wilayah tempat tinggal piton Oenpelli masih belum dapat diakses dengan baik. Status konservasi ular ini didaftarkan sebagai rentan terhadap kepunahan.

Ini didukung oleh banyaknya faktor ancaman yang diketahui, seperti alih fungsi lahan, kebakaran hutan, dan jumlah mangsanya. Menurut laman Animalia Bio, diperkirakan jumlah ular ini berada di bawah 10 ribu.

6. Seberapa berbahaya ular piton Oenpelli

Piton Oenpelli adalah salah satu spesies ular piton yang paling tidak berbahaya, dikutip dari A-Z Animals. Mereka tidak berbisa, jadi tidak ada yang perlu ditakutkan dari gigitannya. Selain itu, mereka sangat langka sehingga kecil kemungkinan manusia dapat berpapasan dengan hewan ini.

Keberadaan piton Oenpelli juga membantu menjaga keseimbangan tempat tinggal mereka. Ular ini tidak memiliki massa tubuh sebesar spesies piton lain sehingga tidak benar-benar berbahaya.

7. Interaksi dengan manusia

7 Fakta Piton Oenpelli, Termasuk Ular Paling Langka di Duniailustrasi manusia memegang ular (pexels.com/MART PRODUCTION)

Sayangnya, sejauh apa pun wilayah jelajah mereka, tidak banyak informasi tentang bagaimana mereka berinteraksi dengan manusia di alam liar. Akan tetapi, ada beberapa video yang menunjukkan piton Oenpelli melewati manusia seolah-olah mereka tidak peduli dengan dunia.

Diterangkan laman A-Z Animals, karena senang membangun rumah di tempat terpencil, ini membuat survei menjadi sulit. Di sisi lain, ini merupakan sesuatu yang membantu melestarikan spesies tersebut.

Ada banyak sekali spesies ular yang menarik untuk dipelajari. Kendati piton Oenpelli termasuk salah satu spesies paling langka, dan bahkan hampir mustahil untuk ditemui di alam liar, untungnya ada beberapa informasi penting yang berhasil didapat dari ular ini.