Comscore Tracker

7 Senjata Mematikan yang Pernah Digunakan Bangsa Aztec

Senjata mematikan ini bikin musuh ketar-ketir

Suku Aztec adalah peradaban Mesoamerika yang menaklukkan sebagian besar Meksiko tengah pada akhir abad pertengahan. Suku ini dikenal karena kecakapan militer mereka dan efisiensi dalam hal pertempuran. Tak mengherankan jika kemudian suku Aztec mampu membangun kerajaan yang luas dengan lebih dari 300 negara kota sebelum mereka ditaklukkan oleh Spanyol pada tahun 1521.

Sebagai bangsa yang mumpuni dalam pertempuran, sudah pasti mereka memiliki senjata mematikan yang digunakan untuk membantu memenangkan pertempuran, bahkan untuk keperluan sehari-hari. Di bawah ini, kita akan membahas senjata mematikan milik bangsa Aztec yang telah dirangkum dari laman History Hit dan History On The Net.

1. Macuahuitl

7 Senjata Mematikan yang Pernah Digunakan Bangsa Aztecilustrasi Macuahuitl (commons.wikimedia.org)

Macuahuitl ialah senjata berbahan kayu yang menyerupai tongkat, pedang, dan gergaji mesin. Senjata ini memiliki bentuk panjang yang ujung-ujungnya dilapisi dengan bilah tajam dari obsidian yang mampu memotong anggota badan.

Macuahuitl dikenal sebagai senjata Aztec yang paling menakutkan bagi orang-orang Eropa yang berada di tanah Aztec. Beberapa senjata ini bahkan diambil dan dikirim ke Eropa untuk diperiksa dan dipelajari.

2. Tlahhuitolli

7 Senjata Mematikan yang Pernah Digunakan Bangsa Aztecilustrasi Tlahhuitolli (popsci.com)

Tlahhuitolli adalah senjata jarak jauh prajurit Aztec berupa busur berukuran 1,5 meter. Busur ini terbuat dari kayu pohon Tepozan yang kuat, talinya terbuat dari urat hewan yang dipotong dan ditipiskan, dilengkapi dengan obsidian tajam, rijang, dan bulu kalkun atau bulu hewan lainnya.

Prajurit pemanah dianggap sebagai posisi elit di masyarakat Aztec. Para pemanah biasanya akan membawa 20 anak panah dalam satu quiver (tempat anak panah) dan mereka mendapatkan pelatihan. Bila mengenai sasaran, tlahhuitolli akan menyebabkan luka yang fatal.

3. Sling

7 Senjata Mematikan yang Pernah Digunakan Bangsa Aztecilustrasi sling (santafenewmexican.com)

Sling adalah senjata yang terbuat dari serat kaktus maguey yang biasanya dibawa oleh para prajurit dan pemburu Aztec. Mereka biasanya menggunakan sling untuk melempar bola tanah liat dengan serpihan obsidian kepada sasaran.

Meskipun sederhana, tetapi sling adalah senjata yang sangat berbahaya. Bahkan, musuh dengan lapis baja yang bagus pun bisa terluka oleh sling.

Baca Juga: Tak Disadari, 5 Penemuan Suku Aztec Ini Berguna Hingga Sekarang

4. Tlacalhuazcuahuitl

7 Senjata Mematikan yang Pernah Digunakan Bangsa Aztecilustrasi Tlacalhuazcuahuitl (commons.wikimedia.org)

Tlacalhuazcuahuitl adalah senjata berupa tabung sempit yang digunakan untuk menembakkan panah seukuran sumpit. Tlacalhuazcuahuitl umum digunakan oleh pemburu Aztec dan kadang digunakan dalam pertempuran bila diperlukan juga.

Terkadang, prajurit Aztec yang terlatih dalam penyergapan akan membawa tlacalhuazcuahuitl mereka dan mengisi anak panah dengan cairan katak pohon beracun. Senjata ini kemudian ditembakkan ke musuh untuk membuat mereka mati keracunan.

5. Tepoztopilli

7 Senjata Mematikan yang Pernah Digunakan Bangsa Aztecilustrasi tepoztopilli (commons.wikimedia.org)

Tepoztopilli adalah senjata semacam tombak yang terbuat dari kayu panjang dengan ujung seperti sekop yang dilapisi dengan bilah obsidian. Senjata ini memiliki panjang yang bervariasi, dari kira-kira 30 sentimeter panjangnya hingga lebih dari 2 meter.

Tepoztopilli yang panjang biasanya akan dipegang oleh pasukan Aztec yang berada di garis depan. Senjata ini digunakan untuk mengiris, menusuk, dan menggulingkan musuh dengan kejam.

6. Atlatl

7 Senjata Mematikan yang Pernah Digunakan Bangsa Aztecilustrasi atlatl (nps.gov)

Atlatl adalah senjata yang biasanya digunakan prajurit Aztec untuk melemparkan tombak dan panah. Pada dasarnya, atlatl adalah tongkat yang bertindak seperti pengungkit untuk memperpanjang lengan lempar.

Ujung pantat proyektil akan ditempatkan di ujung atlatl, dan pengguna akan mengayunkan alat ke lengan untuk meluncurkan panah atau paku. Atlatl dan variasi perangkat ini sangat populer di seluruh Amerika pra-Columbus dan juga digunakan oleh peradaban Maya.

7. Chīmalli

7 Senjata Mematikan yang Pernah Digunakan Bangsa Aztecilustrasi Chīmalli (commons.wikimedia.org)

Chīmalli merupakan perisai yang terkenal di masyarakat Aztec yang biasanya terbuat dari kulit binatang, bulu, dan terkadang logam mulia. Chīmalli dibuat dengan cermat dan dapat menampilkan motif bulu dan mosaik yang sempurna dan digunakan sebagai alat bantu pertahanan maupun karya seni.

Meskipun secara teknis bukan senjata, chīmalli membentuk bagian penting dari gudang senjata prajurit Aztec. Selain itu, perangkat ini akan digunakan untuk menerobos, menyerang, dan menangkis selama serangan.

Patut diakui, senjata milik bangsa Aztec memang berbahaya dan mampu menghancurkan musuh. Bahkan, senjata buatan mereka menginspirasi pembuatan banyak senjata modern. Tak mengherankan jika bangsa ini begitu ditakuti dalam pertempuran.

Baca Juga: 10 Dewa dan Dewi Aztec yang Paling Dipuja di Zamannya

Topic:

  • Nurulia R F

Berita Terkini Lainnya