Comscore Tracker

Ngeri, 7 Tempat dengan Sambaran Petir Terbanyak di Dunia

Petir jadi hal yang biasa di tempat ini

Petir adalah pelepasan elektrostatik cepat yang terjadi di awan pada saat terjadinya badai. Petir terjadi saat muatan negatif atau elektron di dasar awan tertarik ke muatan positif atau proton di tanah.

NASA melaporkan terjadi sekitar 44 sambaran petir per detik dan lebih dari 1,4 miliar kilatan setiap tahunnya. Nah, terjadinya sambaran petir ini tidak merata di seluruh bumi. Bahkan, dari semua petir yang terjadi di Bumi, lebih dari 70 persennya terjadi di daerah tropis. Sebaliknya, Kutub Selatan dan Utara mendapatkan paling sedikit sambaran petir.

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa petir tidak menyambar secara merata di seluruh permukaan Bumi. Sekarang, kamu mungkin bertanya-tanya, di mana sajakah petir paling sering menyambar. Nah, untuk menjawab pertanyaanmu, di bawah ini akan dijelaskan beberapa tempat yang paling banyak menerima petir dilansir laman World Atlas dan Outside.

1. Kabare, Republik Demokratik Kongo

Ngeri, 7 Tempat dengan Sambaran Petir Terbanyak di Duniailustrasi petir (pexels.com/Greg)

Kabare merupakan pusat aktivitas petir di benua Afrika. Kabare berlokasi di tepi barat Danau Kivu di bagian timur Republik Demokratik Kongo.

Kabare berada di antara Danau Kivu dan pegunungan Mitumba dan menjadi salah satu tempat terbaik untuk melihat petir. Kabare mengalami lebih dari 205,31 kilatan per 247 hektar setiap tahun.

2. Caceres, Kolombia

Ngeri, 7 Tempat dengan Sambaran Petir Terbanyak di Duniailustrasi petir (pexels.com/木木)

Caceres merupakan kotamadya Kolombia di departemen Antioquia. Caceres menjadi salah satu kota tertua di Antioquia yang terkait dengan eksplorasi emas.

Sejumlah area di Caceres menerima petir lebih banyak setiap tahunnya daripada lokasi lain di Kolombia. Caceres menerima lebih dari 172,29 kilatan per setiap 247 hektar per tahun.

3. Dagar, Pakistan

Ngeri, 7 Tempat dengan Sambaran Petir Terbanyak di Duniailustrasi petir (pexels.com/Frank Cone)

Dagar terletak di provinsi Khyber-Pakhtunkhwa, Pakistan dan merupakan titik pusat petir di Asia. Dagar memiliki ketinggian rata-rata 688 meter dan menjadi unit administrasi Buner.

Dagar berada di wilayah pegunungan Pakistan dan posisi ini membuat petir di Dagar lebih terlihat. Setiap tahunnya, Dagar mendapat rata-rata sekitar 143,11 kilatan per 247 hektar.

Baca Juga: Sambut Kemerdekaan, 12 Fenomena Langit Terbaik Agustus 2021

4. Danau Maracaibo, Venezuela

Ngeri, 7 Tempat dengan Sambaran Petir Terbanyak di DuniaMaracaibo (pixabay.com/12019)

Danau Maracaibo merupakan perairan terbesar di Amerika Selatan. Danau ini adalah tempat yang sempurna untuk petir menyambar, dengan badai yang terjadi hampir setiap malam. Saat udara hangat dari danau bertemu dengan angin sejuk dari Andes, itu memicu badai yang disebut Catatumbo.

Pemandangan badai yang dramatis ini dijadikan oleh penduduk setempat sebagai daya tarik wisata. Rata-rata, di sini menerima 232,52 kilatan petir per 247 hektar setiap tahunnya.

5. Sake, Republik Demokratik Kongo

Ngeri, 7 Tempat dengan Sambaran Petir Terbanyak di Duniailustrasi petir (pexels.com/Raychel Sanner)

Di Afrika terdapat 6 dari 10 tempat dengan sambaran petir terbanyak di dunia. Tempat yang paling sering tersambar petir ketiga di Afrika dan yang kelima secara global adalah Sake di Republik Demokratik Kongo.

Sake berada provinsi Kivu, tepatnya di sebelah barat laut Danau Kivu. Setiap tahunnya, Sake menerima rata-rata 143,21 sambaran petir per 247 hektar.

6. El Tarra, Kolombia

Ngeri, 7 Tempat dengan Sambaran Petir Terbanyak di Duniailustrasi petir (pexels.com/Philippe Donn)

El Tarra ialah kotamadya kecil di Kolombia yang diresmikan pada 26 November 1990. Di kota ini dihuni oleh lebih dari 12.766 penduduk.

El Tarra berada di ketinggian sekitar 270 meter dan termasuk di antara tempat yang paling banyak menerima sambaran kilat. El Tarra menerima sekitar 138,61 kilatan untuk setiap 247 hektar setiap tahun.

7. Boende, Republik Demokratik Kongo

Ngeri, 7 Tempat dengan Sambaran Petir Terbanyak di Duniailustrasi petir (pexels.com/Gerhard)

Boende adalah kota di provinsi Tshuapa yang berlokasi di dekat Sungai Tshuapa. Pada tahun 2009, populasi di Boende adalah sebanyak 36.158 penduduk.

Boende adalah kota pelabuhan sungai yang berada di Cekungan Kongo sekaligus menjadi salah satu tempat yang paling sering disambar petir. Pelabuhan ini melayani kapal yang berlayar ke ibu kota Republik Demokratik Kongo melalui Mbandaka. Tempat ini menerima rata-rata 127,52 kilatan per tahun untuk setiap 247 hektar wilayah.

Demikianlah beberapa tempat yang menerima sambaran petir paling banyak. Kalau kamu, apakah kamu jadi tertarik untuk melihat fenomena sambaran petir di tempat-tempat ini ataukah justru merasa ngeri?

Baca Juga: 9 Negara dengan Senjata Nuklir Terbanyak di Dunia, Negara Mana Saja?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya