Comscore Tracker

Tidak Repot, Ini 5 Jenis Hewan Peliharaan yang Paling Mudah Dirawat

#IDNTimesScience Cocok untuk kamu yang sibuk atau pemula

Adanya hewan peliharaan di rumah bisa menambah suasana di rumah dan mengurangi stres. Namun, setiap hewan peliharaan perlu dirawat dan dicintai. Dan, bagi orang yang sibuk, tidak mungkin rasanya menghabiskan setiap saat untuk menjaga hewan peliharaan.

Namun, itu bukan berarti kamu tidak bisa memiliki hewan untuk dipelihara di rumah, melainkan kamu hanya perlu menemukan hewan yang tepat. Beberapa hewan peliharaan membutuhkan perawatan dan perhatian yang lebih sedikit, serta tidak menghabiskan banyak biaya.

Jadi, jika kamu sedang mencari hewan yang tidak membutuhkan banyak perawatan, berikut ini adalah rekomendasi yang pas untukmu dirangkum dari laman Best Life dan Earth.

1. Ikan cupang

Tidak Repot, Ini 5 Jenis Hewan Peliharaan yang Paling Mudah Dirawatilustrasi ikan cupang (unsplash.com/Khoa Pham)

Ikan sering dipandang sebagai hewan peliharaan dengan perawatan tinggi karena orang-orang menyadari betapa banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengurus ikan. Mulai dari akuarium atau kolam ikan yang harus dibersihkan secara rutin, memasang pompa oksigen di akuarium, dan filter yang harus dibersihkan atau diganti secara rutin, pakan yang sesuai, belum lagi obat-obatan yang mungkin diperlukan. Sebenarnya, ini karena orang memilih jenis ikan yang salah. Jika kamu mencari ikan dengan perawatan rendah, pilihlah ikan cupang.

Ikan cupang bukan hanya memiliki fisik yang menarik, tapi juga sangat kuat dan membutuhkan perawatan yang rendah. Untuk memelihara ikan cupang, kamu hanya perlu akuarium berukuran kecil dengan air yang bersih. Setelah itu, kamu hanya perlu memberi mereka makan sekali sehari dan mengganti 15 persen air setiap minggu.

2. Guinea pig

Tidak Repot, Ini 5 Jenis Hewan Peliharaan yang Paling Mudah Dirawatilustrasi Guinea pig (unsplash.com/Bonnie Kittle)

Hewan gembul berbulu lebat ini mudah dirawat dan membawa banyak keimutan ke dalam rumah. Guinea pig adalah hewan pendiam namun sangat ramah dan penuh kasih sayang. Mereka juga cerdas dan suka dipeluk. 

Untuk merawat Guinea pig, kamu hanya membutuhkan kandang berukuran 120 cm, semangkuk makanan, dan semangkuk air. Karena Guinea pig adalah hewan vegan, jadi makanan mereka relatif murah.

Baca Juga: Unik, 6 Hewan Ini Tampak Seperti Gabungan Dua Jenis Hewan Berbeda

3. Kura-kura

Tidak Repot, Ini 5 Jenis Hewan Peliharaan yang Paling Mudah Dirawatilustrasi kura-kura (unsplash.com/Patti Black)

Ada banyak jenis kura-kura yang bisa kamu pilih untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Jika kamu tidak memiliki ruangan yang cukup besar atau ingin agar kura-kura bisa ditaruh di terarium ukuran sedang, pertimbangkan untuk memilih kura-kura dari jenis yang lebih kecil yang bisa tumbuh paling besar 20 atau 30 cm.

Dalam hal makanan, kura-kura cukup mudah, karena kamu hanya perlu memberi mereka makan empat hingga lima kali seminggu, dan makanan mereka juga cukup mudah ditemukan, seperti serangga, ikan, dan sayuran hijau gelap. Dengan perawatan yang sederhana saja, kura-kura bisa hidup hingga puluhan tahun, tergantung pada jenisnya.

4. Burung

Tidak Repot, Ini 5 Jenis Hewan Peliharaan yang Paling Mudah Dirawatilustrasi burung (unsplash.com/Joe Richmond)

Bagi individu yang tidak memiliki jadwal yang konsisten tetapi ingin memiliki hewan peliharaan di rumah, burung bisa menjadi hewan peliharaan yang tepat. Burung sangat cerdas dan merupakan teman yang sangat baik. 

Burung adalah hewan yang tidak membutuhkan banyak perhatian, tetapi dengan interaksi konsisten, burung bisa menjadi sangat penyayang. Makanan burung juga tidak mahal dan hanya membutuhkan sangkar berukuran sedang yang tidak akan memakan banyak ruang.

5. Kucing British shorthair

Tidak Repot, Ini 5 Jenis Hewan Peliharaan yang Paling Mudah Dirawatilustrasi kucing British shorthair (unsplash.com/Ben Collins)

Jika kamu ingin memelihara kucing tapi masih belum cukup yakin dengan perawatan yang dibutuhkan, pertimbangkan untuk membeli jenis kucing yang perawatannya lebih rendah seperti British shorthair. Kucing-kucing ini cukup santai dan bukan merupakan kucing manja yang selalu menempel dengan pemiliknya, tetapi kucing ini akan tetap dekat. 

Yang lebih menarik, kucing ini juga dapat bergaul dengan baik dengan anjing dan anak-anak. Dan karena bulu mereka cukup pendek, mereka hanya perlu disikat dua hingga tiga kali seminggu untuk menghilangkan rambut rontok. British shorthair juga tidak perlu sering dibawa ke salon untuk grooming. Kekurangannya, harga kucing ini sendiri tergolong sangat mahal.

Demikianlah beberapa hewan yang hanya membutuhkan perawatan mudah sehingga cocok untuk kamu yang pemula atau sibuk. Meskipun begitu, kamu tetap wajib bertanggung jawab dalam menjaga mereka dengan baik dan memastikan mereka mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Jadi, sudah menentukan mana yang mau kamu pilih?

Baca Juga: 5 Jenis Hewan yang Cocok Dipelihara Anak-anak, Jangan asal Pilih!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya