Comscore Tracker

6 Fakta Menarik Pita Suara yang Belum Banyak Diketahui Orang

Penyebab suara orang yang berbeda-beda

Pernahkah kamu berpikir bagaimana uniknya suara manusia? Cuma dengan membuka dan mengatupkan bibir, kamu bisa menghasilkan suara dengan artikulasi yang bermacam-macam. Mulai dari berbisik, ngobrol santai, berteriak, hingga bernyanyi, semua tinggal dilakukan dengan menggerakkan mulut. Selain itu, tiap orang juga memiliki karakter vokal yang khas dan berbeda satu dengan yang lainnya.

Nah, semua hal yang berhubungan dengan suara ini dipengaruhi oleh pita suara, salah satu organ tubuh yang punya pengaruh sangat besar terhadap keseluruhan aktivitas harianmu. Tapi pernahkah kamu menggali informasi tentang organ tubuh yang satu ini? Kalau belum, di bawah ini disajikan beberapa fakta menarik seputar pita suara yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya.

1. Suara terbentuk karena adanya udara yang bergetar

6 Fakta Menarik Pita Suara yang Belum Banyak Diketahui Orangunsplash.com/Clem Onojeghuo

Suara dihasilkan oleh adanya udara yang dipompa di paru-paru, kemudian udara ini melewati pita suara hingga membuat pita suara bergetar. Kemudian eksekutor yang membuat kita dapat menghasilkan berbagai macam suara ini adalah dari gerakan mulut.

2. Tiap orang memiliki bentuk dan ketebalan pita suara yang berbeda

6 Fakta Menarik Pita Suara yang Belum Banyak Diketahui Orangunsplash.com/Matheus ferrero

Kamu juga pasti paham betul kalau suara yang dihasilkan cewek biasanya lebih tinggi, sedangkan cowok lebih rendah dan cenderung ngebass. Tapi selain itu, tiap orang juga punya karakter suara yang berbeda, mulai dari yang serak hingga cempreng. Nah, perbedaan tinggi rendah serta karakter suara ini diakibatkan oleh perbedaan bentuk serta ketebalan pita suara masing-masing orang.

3. Apa itu pita suara dan bagaimana cara kerjanya?

6 Fakta Menarik Pita Suara yang Belum Banyak Diketahui Orangunsplash.com/Jason Rosewell

Lantas apa itu pita suara dan bagaimana cara kerjanya? Meskipun dinamakan pita suara, tapi organ tubuh yang satu ini bentuknya sama sekali gak mirip dengan pita lho. Pita suara sejatinya merupakan lapisan otot yang terletak di kotak suara. Pita suara ini kemudian akan bergetar ketika ada udara dari paru-paru yang dipompa dan melewati pita suara hingga membentuk suatu bunyi.

Baca Juga: 4 Efek Samping Polusi Suara Bagi Kesehatanmu, Waspada Ya!

4. Penyebab suara cowok umumnya lebih rendah daripada suara cewek

6 Fakta Menarik Pita Suara yang Belum Banyak Diketahui Orangunsplash.com/Jon Tyson

Pada poin ke-2 telah dijelaskan bahwa tiap orang memiliki bentuk serta ketebalan pita suara yang berbeda. Nah hal ini juga yang kemudian menjadi penyebab kenapa suara cowok cenderung rendah dan berat sedangkan suara cewek cenderung tinggi bahkan bisa melengking. Rata-rata cowok memiliki pita suara dengan ketebalan 17,5 sampai 25 mm, sedangkan ketebalan pita suara cewek hanya sekitar 12,5 sampai 17,5 mm. Ibarat senar gitar, semakin tebal senar, maka suara yang dihasilkan juga akan semakin rendah dan berat. Itulah sebabnya kenapa suara cowok biasanya ngebass berat dan rendah, sedangkan suara cewek biasanya tinggi.

5. Penyebab kenapa suara bisa menghilang

6 Fakta Menarik Pita Suara yang Belum Banyak Diketahui Orangreadersdigest.ca

Untuk sebagian orang khususnya yang berprofesi sebagai penyanyi, penyiar radio, MC, hingga pengisi suara, melemah hingga hilangnya suara menjadi momok yang menakutkan. Tapi kenapa ya suara bisa hilang? Nah suara bisa hilang akibat pita suara yang menebal sehingga melemahkan volume suara yang kita hasilkan bahkan hingga tak terdengar. Pita suara sendiri bisa menebal sebagai akibat dari serangan virus, infeksi, alergi hingga kebiasaan yang buruk seperti sering berteriak, terlalu banyak makan makanan pedas, flu, pilek, hingga kecapekan.

6. Suara kita juga perlu dijaga lho supaya tetap sehat

6 Fakta Menarik Pita Suara yang Belum Banyak Diketahui Orangreadersdigest.ca

Sama seperti organ tubuh yang lain, pita suara juga perlu kita jaga kesehatannya agar dapat senantiasa berfungsi dengan baik. Caranya adalah dengan memenuhi kebutuhan air putih, kurangi konsumsi makanan pedas, kurangi kebiasaan berteriak, dan istirahat yang cukup. Cara ini selain dapat mencegah suara menghilang juga dapat menjaga suara kamu tetap nyaring dan enak didengar.

Nah, itu tadi beberapa fakta menarik mengenai pita suara. Meskipun terdengar sederhana, tapi nyatanya suara memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap kelancaran aktivitas sehari-hari karena sebagai makhluk sosial tentunya kita butuh berkomunikasi dengan orang lain.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Ada Orang yang Terlahir dengan Suara Merdu dan Tidak

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You