Comscore Tracker

5 Fakta Unik Penguin Afrika, Penguin yang Hidup di Daerah Tropis

Ukuran tubuhnya lebih kecil dari penguin Antartika

Selama ini banyak yang mengenal penguin sebagai hewan yang hidup di daerah yang dingin seperti Antartika. Tapi nyatanya, tidak semua penguin hidup di Antartika lho. Ada juga penguin yang bisa hidup di tempat dengan udara yang panas seperti di Afrika.
Penguin Afrika merupakan spesies penguin yang banyak ditemukan di Afrika Selatan.

Penguin Afrika hidup berkoloni di sepanjang pantai Barat dan pulau-pulau antara Afrika Selatan dan Namibia. Bahkan hewan ini telah menjadi daya tarik yang populer bagi wisatawan yang mengunjungi Cape Town.

Selain itu, ada beberapa fakta unik nan menarik tentang penguin yang tidak hidup di Antartika ini. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Penguin Afrika memiliki dua cara unik yang membantunya beradaptasi di cuaca yang panas maupun dingin

5 Fakta Unik Penguin Afrika, Penguin yang Hidup di Daerah Tropispenguins-world.com

Walaupun penguin ini hidup di pesisir dan pulau-pulau Afrika Selatan, akan tetapi suhu di daratan dan laut terus berfluktuasi sepanjang tahun yang berarti penguin Afrika harus dapat beradaptasi dengan kondisi tersebut. Untungnya penguin Afrika memiliki dua cara untuk tetap hangat dan dingin.

Pertama, penguin Afrika ditutupi oleh bulu tahan air yang tidak hanya membantu mereka berenang dengan cepat di air, tetapi juga melindungi penguin di perairan dingin. Di darat, penguin Afrika menggunakan kelenjar merah muda di atas mata mereka untuk tetap dingin dalam cuaca panas. Saat cuaca panas, tubuh penguin akan menyuplai lebih banyak darah melalui kelenjar merah muda sebagai cara untuk mendinginkan darah dari udara luar.

2. Merupakan perenang dan penyelam yang handal

5 Fakta Unik Penguin Afrika, Penguin yang Hidup di Daerah Tropisdarkroom.baltimoresun.com

Penguin Afrika merupakan hewan yang bergerak dengan lamban di darat, tetapi lain halnya begitu mereka berada di air. Penguin Afrika berenang dengan kecepatan rata-rata 3 mph, tetapi saat sedang terburu-buru mereka bisa berenang dengan kecepatan mencapai 12 mph.

Untuk menangkap mangsanya, yang terutama terdiri dari ikan kecil, seperti teri, cumi-cumi, dan udang, penguin Afrika bisa menyelam hingga kedalaman 400 kaki dan menahan napas selama 2 setengah menit.

Baca Juga: Kenapa Penguin Tahan Udara Dingin Kutub? Ini 7 Faktanya Menurut Sains!

3. Penguin Afrika adalah hewan monogami dan saling berbagi tugas dalam menjaga telurnya

5 Fakta Unik Penguin Afrika, Penguin yang Hidup di Daerah Tropisanimalia-life.club

Penguin Afrika merupakan hewan monogami yang hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya. Selama musim kawin, pasangan penguin kembali ke tempat yang sama setiap tahunnya untuk bersarang dengan dua telur. Penguin jantan dan betina sama-sama berbagi tugas untuk menghangatkan dan menjaga telur agar aman dari pemangsa.

4. Corak hitam putih yang khas dari penguin Afrika memudahkan mereka untuk berkamuflase

5 Fakta Unik Penguin Afrika, Penguin yang Hidup di Daerah Tropisoceana.org

Hewan yang memiliki nama ilmiah Spheniscus demersus ini memiliki ciri yang khas berupa bulu-bulu berwarna hitam putih yang menutupi tubuhnya dengan corak bulu hitam di bagian punggung sedangkan bulu putih menutupi bagian perut. Nah, ternyata pola seperti ini berfungsi sebagai kamuflase praktis saat penguin sedang berada dalam air.

Bulu hitam di punggung penguin berfungsi menyembunyikan penguin dari pemangsa yang berenang di atasnya, sementara perut putihnya berguna untuk mengelabui pemangsa yang berenang di bawah penguin agar kesulitan memperhatikan penguin ketika predator tersebut melihat ke atas.

5. Jumlah penguin Afrika terus berkurang secara drastis dalam waktu relatif singkat

5 Fakta Unik Penguin Afrika, Penguin yang Hidup di Daerah Tropiscarbonbrief.org

Sayangnya, semakin lama jumlah penguin Afrika terus mengalami penurunan. Hal ini sangat dimungkinkan lantaran ikan sebagai sumber makanannya terus berkurang akibat penangkapan besar-besaran.

Selain itu, pencemaran air yang merupakan tempat hidupnya serta tumpahnya minyak dalam jumlah besar juga turut bertanggung jawab terhadap menurunnya populasi hewan menggemaskan ini. Penurunan populasi penguin Afrika ini terjadi secara drastis, di mana pada awal abad ke-20 diperkirakan ada 3 juta penguin Afrika liar dan saat ini jumlahnya kurang dari 19 ribu.

Nah, itu tadi beberapa fakta menarik mengenai penguin Afrika. Kalau kamu pengen tahu bagaimana lucunya spesies penguin bertubuh kecil ini. Saat ini penguin Afrika sudah ada di salah satu kebun binatang di Indonesia, yaitu di kebun binatang Gembira loka, Yogyakarta.

Baca Juga: 6 Fakta Tentang Emperor Penguin, Jenis Penguin Terbesar di Dunia

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya