Comscore Tracker

Selain Ular, 5 Hewan Unik Ini Juga Memiliki Sisik

Mereka punya sisik dengan bentuk dan fungsi yang berbeda

Sisik adalah lempengan kuat pada kulit binatang yang masing-masing memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda. Sisik terbuat dari berbagai komponen, seperti kolagen, dentin, keratin, dan kosmina yang membuatnya kuat. Sisik hewan datang dalam berbagai ukuran dan bentuk. Beberapa berbentuk bulat, yang lain bergerigi. Sebagian lentur, sementara sisanya kuat dan kaku.

Jika membicarakan tentang hewan bersisik, yang ada di pikiran kebanyakan orang tentu adalah ular. Padahal, ular bukanlah satu-satunya hewan yang memiliki sisik di tubuhnya, lho! Lantas, hewan apa sajakah yang juga memiliki sisik?

Dilansir laman Animal Wised dan Wild Explained, simak ulasan lengkapnya berikut ini, yuk!

1. Trenggiling 

Selain Ular, 5 Hewan Unik Ini Juga Memiliki Sisikilustrasi trenggiling (unsplash.com/Louis Mornaud)

Trenggiling adalah hewan gurun yang dapat ditemukan di Afrika dan Asia. Trenggiling memiliki lidah lengket yang sangat membantu mereka dalam mendapatkan makanan, yaitu semut. 

Trenggiling memiliki ciri khas berupa tubuh yang ditutupi dengan sisik tebal dan keras yang menutupi hampir seluruh tubuh, kecuali bagian moncong, kaki, dan perut. Sisik ini terbentuk dari keratin dan memiliki tujuan untuk melindungi tubuh trenggiling. Saat merasa terancam, trenggiling akan menggulung seluruh tubuh mereka menjadi bola.

2. Kadal

Selain Ular, 5 Hewan Unik Ini Juga Memiliki Sisikilustrasi kadal (unsplash.com/Joshua J. Cotten)

Seluruh tubuh kadal ditutupi sisik, kecuali hidung dan mata. Beberapa jenis kadal, seperti bunglon dan anoles, memiliki pigmen yang memungkinkan mereka mengubah warna tubuh tergantung pada lingkungan.

Beberapa kadal memiliki sisik yang halus, sementara yang lain memiliki sisik menonjol. Lapisan atas sisik biasanya terdiri dari jaringan mati yang sebagian besar adalah keratin. Bagian ini sering bisa terlepas seiring waktu dan digantikan dengan sisik lain yang tumbuh dari tubuh.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Wombat, Hewan Berkantong Terbalik dari Benua Australia

3. Armadillo 

Selain Ular, 5 Hewan Unik Ini Juga Memiliki Sisikilustrasi armadillo (unsplash.com/Joe Lemm)

Armadilo adalah mamalia bersisik yang berasal dari Spanyol. Nama armadillo berasal dari bahasa Spanyol, yang artinya "lapis baja kecil".

Sisik armadillo terbuat dari keratin dan berfungsi sebagai perlindungan terhadap pemangsa yang berbeda. Terdapat 20 spesies armadillo di dunia. Namun, hanya dua yang memiliki kemampuan untuk meringkuk menjadi seperti bola dan berguling menjauh dari bahaya.

Mekanisme pertahanan lain yang digunakan armadillo adalah menggali. Armadillo dapat membenamkan diri ke dalam tanah dengan kecepatan yang mencengangkan. Selain itu, armadillo adalah pelari dan perenang yang cepat, yang membantu mereka bertahan dari serangan predator.

4. Buaya

Selain Ular, 5 Hewan Unik Ini Juga Memiliki Sisikilustrasi buaya (unsplash.com/Rae Wallis)

Buaya adalah salah satu reptil bersisik yang menghuni sungai di sebagian benua Amerika, Asia, Afrika, dan Australia. Kulit buaya ditutupi dengan sisik keras dan kasar yang berfungsi untuk membantu reptil ini mengumpulkan panas di siang hari.

Saat suhu turun di malam hari, buaya masuk ke dalam air dan memanfaatkan panas yang telah mereka simpan. Fakta menarik lainnya, buaya tidak memiliki kelenjar keringat dan mengeluarkan panas melalui mulut.

5. Iguana

Selain Ular, 5 Hewan Unik Ini Juga Memiliki Sisikilustrasi iguana (unsplash.com/Mason Jones)

Selain ular, iguana adalah salah satu hewan bersisik yang paling populer. Kulit iguana memiliki warna yang bervariasi, mulai dari hijau hingga abu-abu.

Iguana terbagi menjadi beberapa spesies, dan semuanya memiliki sisik. Sisik yang menutupi tubuh iguana memiliki karakteristik keras dan kasar. Selain itu, mereka memiliki sisik dengan ukuran berbeda di punggung mereka yang umumnya dikenal sebagai sisik tuberkular.

Ternyata, sisik setiap hewan memiliki karakter dan fungsi yang berbeda-beda. Kalau kamu, manakah hewan bersisik yang paling unik?

Baca Juga: 7 Hewan Air ini Punya Nama Seperti Makanan, Bentuknya Juga Mirip Lho!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya