Comscore Tracker

5 Negara Penghasil Berlian Terbesar di Dunia, Termasuk Afrika

Menghasilkan jutaan karat berlian per tahun

Deposit berlian pertama di dunia diyakini telah terbentuk 900 juta tahun yang lalu. Namun, berlian baru ditemukan pertama kali di India pada abad ke-4 SM.

Karena memiliki kilau yang indah, kebanyakan orang mengenal batu ini sebagai perhiasan, seperti cincin dan kalung. Namun, sebenarnya, 80 persen berlian yang ditambang digunakan untuk penelitian dan aplikasi industri. Karena merupakan bahan terkeras di Bumi, berlian sering digunakan untuk memotong atau mengebor bahan keras lainnya.

Di Indonesia, kamu bisa dengan mudah menemukannya di banyak toko perhiasan. Namun, kira-kira, mana sajakah negara penghasil berlian terbesar di dunia? Kali ini, kita akan membahas beberapa negara penghasil berlian teratas dunia berdasarkan volume produksi menurut laman NS Energy dan Diamond Registry.

1. Rusia

5 Negara Penghasil Berlian Terbesar di Dunia, Termasuk Afrikailustrasi Rusia (unsplash.com/Social Income)

Rusia menempati urutan pertama sebagai negara penghasil berlian terbesar di dunia dengan lebih dari 12 tambang terbuka. Melakukan penambangan pertama kali pada tahun 1947, Rusia kini berada di puncak hierarki produksi berlian dunia. Rusia juga merupakan pengekspor berlian kasar terbesar di dunia berdasarkan volume.

Penambang berlian utama di Rusia adalah sekelompok perusahaan bernama ALROSA, yang memproduksi sebagian besar produksi berlian Rusia. Pada tahun 2014, Rusia menambang 38 hingga 39 juta karat di mana ALROSA menambang 36,2 juta karat, kemudian di tahun 2018 mengalami peningkatan menjadi 43 juta karat.

Sebagian besar simpanan dan aktivitas pertambangan terjadi di wilayah Yakutia, Siberia. Diperkirakan sumber daya berlian Rusia mencapai 973 juta karat dengan cadangan yang diketahui adalah 608 juta karat.

2. Botswana

5 Negara Penghasil Berlian Terbesar di Dunia, Termasuk Afrikailustrasi Botswana (unsplash.com/Justice Hubane)

Botswana adalah produsen berlian terbesar di Afrika dan nomor dua di dunia. Sejak tahun 1870-an, sebagian besar batu permata berkualitas telah ditambang di Afrika. Di Botswana sendiri, eksplorasi dimulai pada tahun 1950-an, dengan penambangan resmi diluncurkan pada 1971. 

Berlian yang ditambang dari negara Afrika umumnya lebih besar daripada yang ditambang di Rusia dan memiliki kualitas yang lebih baik. Botswana memiliki tujuh tambang kelas atas. Dua di antaranya, yaitu Orapa dan Jwaneng, adalah dua tambang berlian paling produktif di dunia. Jwaneng sendiri menghasilkan rata-rata 10 juta karat berlian per tahun.

Baca Juga: 5 Fenomena Sosial Unik yang Masih Terjadi di Negara-negara Afrika

3. Republik Demokratik Kongo 

5 Negara Penghasil Berlian Terbesar di Dunia, Termasuk Afrikailustrasi Republik Demokratik Kongo (unsplash.com/jonathan BUHENDWA)

Republik Demokratik Kongo memiliki sejarah panjang sebagai negara penambang berlian dan sekarang menjadi negara penghasil berlian terbesar ketiga berdasarkan volume. Sebagian besar penambangan dilakukan oleh sektor informal, alih-alih perusahaan pertambangan.

Sayangnya, terus terjadi penurunan tajam dalam produksi dalam beberapa tahun terakhir sebagai akibat dari gejolak politik yang konstan. Namun, bagaimanapun juga, Kongo memiliki potensi lebih besar untuk memproduksi lebih banyak berlian mengingat saat ini penambangan hanya dilakukan dalam skala kecil dengan hanya area kecil yang dieksplorasi.

4. Australia

5 Negara Penghasil Berlian Terbesar di Dunia, Termasuk Afrikailustrasi Australia (unsplash.com/Caleb Russell)

Australia adalah produsen berlian warna terbesar di dunia. Negara ini dikenal akan berlian merah muda, ungu, dan merah yang indah, serta menghasilkan beberapa berlian kuning terbaik di dunia. Mayoritas berlian yang diproduksi di Austalia memiliki warna dan kejernihan yang rendah. 

Ada beberapa tambang di Australia, dan Argyle merupakan tambang yang sangat produktif, yang menghasilkan lebih dari 12 juta karat setiap tahun. Tambang Argyle menghasilkan berlian berwarna alami terbesar di dunia, utamanya berlian merah muda dan merah Argyle, yang sangat langka dan berharga. Tambang lain yang juga sangat produktif adalah Ellendale dan Merlin.

5. Kanada

5 Negara Penghasil Berlian Terbesar di Dunia, Termasuk Afrikailustrasi Kanada (unsplash.com/sebastiaan stam)

Sebelum abad ke-20, tidak ada yang sadar bahwa Kanada adalah negara penghasil berlian yang besar. Kemudian, ada dua orang visioner yang memiliki keyakinan kuat dan menempatkan Kanada dalam peta negara-negara penghasil berlian kasar. Di tahun 1991, ditemukan bukti pipa Kimberlite yang mengandung berlian di wilayah Barat Laut, sekitar 200 kilometer di utara Yellowknife. 

Saat ini, Kanada menjadi salah satu produsen berlian terbesar di dunia. Diavik, Ekati, Snap Lake, dan Victor adalah empat tambang berlian yang beroperasi di Kanada. Mayoritas berlian yang digali di Kanada tidak berwarna dan berkualitas tinggi.

Meskipun sama-sama menjadi negara penghasil berlian terbesar di dunia, tetapi berlian yang dihasilkan masing-masing negara memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Gimana? Pengin ke sana dan ikutan nambang berlian gak?

Baca Juga: 7 Fakta Genosida Rwanda, Pembantaian Terbesar dalam Sejarah Afrika

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya