Comscore Tracker

Banyak Gunanya, 5 Penemuan Sederhana Ini Telah Mengubah Dunia

Penemuan ini sudah banyak membantu kehidupan
Umat manusia telah melakukan inovasi sejak waktu yang sangat lama, bahkan sebelum manusia berevolusi dan menjadi secerdas sekarang. Meski begitu, saat itu berbagai inovasi yang dilakukan masih sangat sederhana.
 
Kendati demikian, ternyata berbagai penemuan sederhana tersebut telah banyak membantu membentuk peradaban dan mengubah kehidupan di Bumi hingga seperti sekarang ini. 
 
Namun, kira-kira apa sajakah penemuan sederhana yang telah banyak mengubah dunia? Langsung saja cari tahu jawabannya di bawah ini.

1. Seluloida

Banyak Gunanya, 5 Penemuan Sederhana Ini Telah Mengubah Duniaunsplash.com/Denise Jans
Seluloida adalah plastik sintetis pertama yang sangat penting bagi kehidupan. Dilansir laman Britannica, seluloida dikembangkan pada 1860-an dan 1870-an oleh industrialis dan penemu John Wesley Hyatt.
 
Berkat penemuannya, saat ini dunia bisa memiliki kantong plastik, tempat makan, pembuatan film, jam tangan plastik, dan barang-barang lain dengan harga terjangkau.

2. Kompas

Banyak Gunanya, 5 Penemuan Sederhana Ini Telah Mengubah Duniaunsplash.com/Jordan Madrid

Saat ini, keberadaan kompas magnetik mungkin telah usang tergantikan oleh satelit dan GPS, tetapi pengaruhnya terhadap navigasi dan penjelajahan awal sangatlah besar. Kompas diciptakan pada abad ke-14 dan telah banyak menggantikan alat astronomi sebagai instrumen navigasi utama bagi pelaut.

Kompas memberi para penjelajah sebuah metode yang andal untuk melintasi lautan dunia, sebuah terobosan yang memicu Zaman Penemuan dan membuat Eropa menjadi benua yang kaya dan kuat yang kemudian memicu Revolusi Industri.

Baca Juga: 5 Penemuan Arkeologis yang Dianggap Membawa Petaka dan Kutukan

3. Roda

Banyak Gunanya, 5 Penemuan Sederhana Ini Telah Mengubah Duniaunsplash.com/Jon Cartagena
Sebelum penemuan roda pada 3500 SM, aktivitas pengangkutan barang dan mobilitas sangat terbatas. Dilansir laman Live Science, sebenarnya penemuan roda itu sendiri bukan bagian yang paling sulit, melainkan saat harus menghubungkan roda ke berbagai benda yang diinginkan. 
 
Setelah berbagai kerja keras, akhirnya gerobak beroda berhasil diciptakan yang sangat membantu aktivitas pertanian dan perdagangan karena memungkinkan pengangkutan barang ke dan dari pasar serta meringankan beban orang yang bepergian jauh.
 
Sekarang, roda menjadi bagian yang sangat penting dari hidup kita, sampai-sampai roda bisa ditemukan dalam segala hal mulai dari jam, kendaraan, hingga turbin.

4. Paku

Banyak Gunanya, 5 Penemuan Sederhana Ini Telah Mengubah Duniaunsplash.com/Debora Rousse
Tanpa paku, tidak akan ada peradaban seperti sekarang ini. Menurut laman Live Science, penemuan paku berawal lebih dari 2.000 tahun pada periode Romawi Kuno. Sebelumnya, struktur kayu harus dibangun dengan konstruksi yang sangat rumit. 
 
Pada 1790-an dan awal 1800-an, paku dibuat dengan cara manual dan sangat sederhana dari besi yang dipanaskan. Lama-kelamaan, teknologi pembuatan paku semakin canggih, termasuk ditemukannya mesin pembuat paku. 

5. Uang kertas

Banyak Gunanya, 5 Penemuan Sederhana Ini Telah Mengubah Duniaunsplash.com/Jason Leung
Sejak berabad-abad lalu, alat pembayaran berbentuk logam mulia seperti koin. Bahkan, bahan mentah seperti ternak atau sayuran juga digunakan sebagai alat tukar pembayaran.
 
Mulai berlakunya uang kertas mengantarkan era baru yang berani. Mata uang dapat digunakan untuk membeli barang dan jasa meskipun tidak memiliki nilai intrinsik. Menurut laman History, mata uang kertas mulai digunakan di Tiongkok pada abad ke-9 dan baru diberlakukan di Eropa pada abad ke-17 karena sering terjadinya kekurangan koin di bank.
 
Peralihan uang logam dan sistem barter ke uang kertas tidak hanya membantu pemerintah yang sedang berjuang selama masa krisis, tetapi juga mengantarkan era baru regulasi moneter internasional yang mengubah wajah ekonomi global. Bahkan, terciptanya mata uang kertas juga mengarah pada lahirnya kartu kredit dan perbankan elektronik.
 
Nah, ternyata hal-hal yang sangat sederhana dan sepele dapat memberikan pengaruh yang luar biasa, bukan? Oleh sebab itu, jangan pernah meremehkan hal-hal yang kecil karena bisa jadi dari hal yang kecil tersebut mampu memberikan dampak yang besar.

Baca Juga: 5 Fakta Ilmiah tentang Partikel Tuhan, Penemuan Terbesar Umat Manusia

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya