Comscore Tracker

5 Tanaman Hias yang Mampu Menghalau Ular, Wajib Ada di Halaman Rumah

Bahaya bagi ular, tapi aman bagi manusia

Ular adalah bagian penting dari ekosistem. Sayangnya, banyak spesies ular yang tergolong berbahaya, bahkan mematikan bagi manusia. Oleh karena itu, jika tinggal di daerah rawan ular, kamu patut melakukan usaha guna mencegah ular memasuki tempat tinggalmu. 

Nah, salah satu cara yang mudah, aman, dan cukup efektif dengan menanam tanaman tertentu. Beberapa jenis tanaman dapat mengusir ular berbisa dan tidak berbisa sehingga sangat cocok ditanam di sekitar tempat tinggalmu. Lantas, apa sajakah tanaman yang mampu mengusir ular dari tempat tinggalmu? Dikutip dari laman Pets dan Home & Garden Digest, inilah beberapa jenis tanaman yang bisa menghalau ular.

1. Marigold

5 Tanaman Hias yang Mampu Menghalau Ular, Wajib Ada di Halaman Rumahunsplash.com/Terriell Scrimager

Marigold biasanya digunakan untuk mencegah hama. Kemampuan ini berasal dari akar tanaman. Akar marigold tumbuh dalam dan agresif, yang mengeluarkan bau kuat. Bau ini rupanya bisa mengusir banyak hama. Sebenarnya, marigold dapat menjadi tempat persembunyian bagi tikus dan mangsa ular lainnya, tapi bau akar yang menyengat mencegah hama menetap di sana terlalu lama.

Nilai tambahnya lagi, bunga-bunga marigold yang cerah akan membuat taman rumahmu tampak makin indah.

2. Agapanthus pink

5 Tanaman Hias yang Mampu Menghalau Ular, Wajib Ada di Halaman Rumahunsplash.com/Krzysztof Niewolny

Seperti marigold, agapanthus pink juga bisa menjadi hiasan yang indah untuk taman karena bunganya berwarna merah muda nan cantik serta fungsinya untuk mengusir ular dan hama lainnya. 

Agapanthus pink memiliki bau yang kuat yang sangat mengganggu bagi ular. Jangan khawatir, walaupun tidak disukai ular, bau ini bisa digunakan untuk mengobati infeksi sinus bagi manusia.

Baca Juga: Banyak Manfaatnya, Ini 5 Tanaman Obat yang Harus Ada di Rumahmu

3. Lidah mertua

5 Tanaman Hias yang Mampu Menghalau Ular, Wajib Ada di Halaman Rumahunsplash.com/Kara Eads

Lidah mertua adalah salah satu tanaman terbaik yang dapat mengusir ular karena daunnya yang tajam. Selain itu, tanaman ini juga memproduksi oksigen pada tingkat yang lebih tinggi dari biasanya.

Walaupun tidak berbau, ular menganggap lidah mertua menakutkan. Selain mencegah ular memasuki rumahmu, lidah mertua juga punya bentuk yang indah. Perawatannya pun sangat mudah sehingga cocok bagi pemula. Tanaman ini hanya perlu disiram tiga kali seminggu dan punya daya tahan selama bertahun-tahun.

4. Bawang merah bawang putih

5 Tanaman Hias yang Mampu Menghalau Ular, Wajib Ada di Halaman Rumahunsplash.com/Yeh Xintong

Bawang merah dan bawang putih merupakan tanaman yang sangat berguna untuk mengusir ular. Ini karena kedua tanaman ini mengeluarkan bau yang tidak disukai ular dan membingungkan mereka. 

Kalau kamu harus memilih salah satu, tanaman bawang putih dianggap sebagai tanaman terbaik untuk mengusir ular. Sebab, tanaman ini mengeluarkan residu berminyak saat ular merayap di atasnya. Minyak ini bekerja seperti bawang saat kita mengirisnya. Ini membuat ular seperti disemprot merica yang membuat pedih dan membingungkannya.

5. Serai

5 Tanaman Hias yang Mampu Menghalau Ular, Wajib Ada di Halaman Rumahcare2.com

Serai merupakan tanaman serbaguna yang wajib ada di setiap rumah. Selain tahan kekeringan, serai juga mudah dirawat; merupakan rempah-rempah yang selalu dibutuhkan untuk memasak; memiliki bau wangi yang disukai semua orang.

Bicara tentang bau serai yang sedap dan menyengat, ular justru membenci serai karena baunya. Serai india barat, khususnya, merupakan varian serai yang dibenci ular. Selain ular, serai juga merupakan pengusir nyamuk dan caplak alami.

Mengingat fungsinya untuk mengusir ular, semua tanaman ini sangat cocok ditanam di halaman rumah yang dekat dengan area sawah atau kebun. Namun, supaya hasilnya lebih maksimal, sebaiknya kombinasikan beberapa jenis tanaman sekaligus, ya! 

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Sayur dan Buah yang Estetik Jadi Tanaman Hias di Rumah

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya