Comscore Tracker

5 Tanaman yang Tidak Disukai Kucing, Bikin Kucing Enggan Mendekat

Tapi relatif aman bagi kucing maupun manusia

Kucing adalah hewan yang bebas berkeliaran di seluruh lingkungan. Karenanya, melihat kucing di hampir semua tempat adalah pemandangan umum.

Sayangnya, kadang kucing tidak diterima di tempat tertentu, misalnya di kebun atau kolam ikan. Begitu juga di rumah, mereka sering berkeliaran di seluruh sisi rumah.

Sehingga, pemilik sering kewalahan untuk melarang kucing masuk ke tempat tertentu, seperti meja makan, dapur, atau tempat lain yang berbahaya bagi kucing. Untungnya, ada cara alami untuk menghalau kucing yang efektif tapi tetap aman bagi kucing maupun manusia, yaitu dengan memanfaatkan tanaman.

Kucing membenci aroma atau tekstur tanaman tertentu, dan menempatkan tanaman ini di tempat yang kamu inginkan dapat membuat kucing menjauh dari tempat tersebut. Dilansir The Practical Planter dan Primrose, inilah kumpul tanaman yang tidak disukai kucing.

1. Lavender

5 Tanaman yang Tidak Disukai Kucing, Bikin Kucing Enggan Mendekatunsplash.com/Daiga Ellaby

Tanaman lavender dikenal memiliki aroma yang menenangkan dan disukai manusia, tapi tidak demikian untuk kucing. Karenanya, kamu bisa menikmati aroma lavender yang harum sekaligus menghalau kucing dari area tertentu.

Lavender juga merupakan pencegah berbagai jenis serangga. Untuk mendapatkan hasil terbaik, pilihlah jenis lavender yang lebih tinggi dan membiarkannya ditanam di sekitar perbatasan.

2. Pennyroyal

5 Tanaman yang Tidak Disukai Kucing, Bikin Kucing Enggan Mendekatorganicgardener.com.au

Pennyroyal adalah tanaman yang terkecil dari keluarga mint. Tetapi tidak seperti kebanyakan mint, varietas ini tidak disukai kucing karena mengeluarkan aroma spearmint yang sangat kuat.

Selain sebagai hiasan, pennyroyal juga digunakan dalam masakan Romawi. Selain itu, pennyroyal juga memiliki kegunaan medis dan berfungsi sebagai pencegah hama lain.

Baca Juga: 5 Cara Mengusir Kucing dengan Halus, Jangan Pakai Kekerasan! 

3. Rosemary

5 Tanaman yang Tidak Disukai Kucing, Bikin Kucing Enggan Mendekatpixabay.com/couleur

Memiliki tanaman rosemary di rumah bisa sangat bermanfaat bagi kamu yang suka memasak. Rosemary bisa menambah cita rasa berbagai masakan, cukup dengan menaburkannya pada masakan. 

Rosemary paling cocok ditanam di dalam pot agar bisa dipindahkan ke sekeliling rumah saat dibutuhkan. Aroma tanaman rosemary juga tidak disukai kucing, sehingga kamu bisa dengan mudah menaruh rosemary di berbagai zona yang menurutmu seharusnya bebas kucing, seperti meja makan, dapur, meja kerja, kolam, atau mana pun.

4. Serai

5 Tanaman yang Tidak Disukai Kucing, Bikin Kucing Enggan Mendekatpixabay.com/sti300p

Serai adalah tanaman seperti rumput yang memiliki aroma sitrus. Kebanyakan orang menikmati aroma serai yang segar, tapi aroma ini justru dibenci oleh nyamuk, serangga, dan kucing. 

Jika kamu ingin mencoba menggunakan serai untuk menghalau kucing, letakkan di area yang bisa disusuri oleh hewan sehingga baunya keluar. Juga, pastikan kamu tidak memberi terlalu banyak pupuk pada tanaman serai karena akan mengurangi aromanya.

5. Helichrysum italicum

5 Tanaman yang Tidak Disukai Kucing, Bikin Kucing Enggan Mendekatpixabay.com/Hans

Kucing tidak suka Helichrysum italicum. Tanaman pedas ini tumbuh menjadi semak tebal yang akan melepaskan aroma kuat saat hewan melewatinya, mengganggu kucing dan hewan lain dengan bau dan teksturnya yang kasar.

Kekurangan dari tanaman ini adalah, Helichrysum italicum dianggap sebagai gulma oleh banyak orang karena efek berbahaya yang dapat ditimbulkannya pada bunga lain. Jadi, sebaiknya kamu bijak jika ingin menanam bunga ini di kebun.

 

Jika kamu ingin mencoba menghalau kucing di beberapa titik dalam rumah, menaruh satu atau beberapa tanaman tersebut di titik yang kamu maksud adalah cara alami yang baik. Selain efektif, cara tersebut juga tidak akan menyakiti kucing maupun hewan-hewan lainnya.

Baca Juga: Ketahui 6 Bau yang Paling Dibenci Kucing, Cat Lovers Wajib Paham!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya