Comscore Tracker

5 Virus Paling Mematikan dalam Sejarah Sampai Jadi Pemusnah Massal

Beberapa bahkan jadi pandemik yang meresahkan

Sebelum vaksin dan berbagai jenis obat-obatan ditemukan, virus merupakan momok yang menakutkan bagi umat manusia. Sebab, beberapa jenis virus bisa sangat mematikan, terlebih penularannya yang cepat bisa melenyapkan banyak manusia di muka bumi dalam waktu sekejap.

Berikut ini beberapa virus paling mematikan dalam sejarah yang memiliki tingkat kematian cukup tinggi.

1. Virus Marburg

5 Virus Paling Mematikan dalam Sejarah Sampai Jadi Pemusnah Massallivescience.com

Dilansir laman Center for Disease Control and Prevention (CDC), para ilmuwan mengidentifikasi virus Marburg pertama kali pada 1967. Kala itu, suatu wabah ringan menimpa sejumlah pekerja laboratorium di Jerman yang terekspos oleh monyet-monyet yang diimpor dari Uganda dan ternyata sudah terinfeksi virus ini.

Virus Marburg memiliki kemiripan dengan Ebola karena sama-sama dapat memicu demam berdarah, yang kemudian dapat mengalami syok, kegagalan organ, dan kematian.

Menurut data World Health Organization (WHO), tingkat kematian pada wabah pertama yaitu 25 persen, tetapi kemudian terjadi lebih dari 80 persen kematian pada wabah 1998-2000 di Republik Demokratik Kongo dan pada wabah 2005 di Angola.

2. Ebola

5 Virus Paling Mematikan dalam Sejarah Sampai Jadi Pemusnah Massalabcnews.go.com

Dilansir laman Live Science, wabah Ebola pada manusia pertama kali dilaporkan terjadi di Republik Sudan dan Republik Demokratik Kongo pada 1976.

Seseorang dapat terinfeksi Ebola ketika melakukan kontak dengan cairan tubuh maupun jaringan dari manusia dan binatang yang telah terinfeksi virus Ebola. Virus Ebola memiliki strain yang bervariasi dan hal ini sangat memengaruhi tingkat kematian.

Menurut catatan WHO, satu strain Ebola Reston tidak akan membuat orang sakit. Namun, untuk strain Bundibugyo, tingkat kematiannya bisa mencapai 50 persen dan strain Sudan hingga 71 persen. Wabah ini juga pernah terjadi di Afrika Barat pada awal 2014 dan merupakan wabah penyakit terbesar dan paling kompleks hingga saat ini.

Baca Juga: Hati-Hati, 5 Hewan Ini Dapat Membawa Penyakit Mematikan

3. Human Immunodeficiency Virus (HIV)

5 Virus Paling Mematikan dalam Sejarah Sampai Jadi Pemusnah Massaldrvorobjev.com

Diperkirakan, sekitar 32 juta orang telah meninggal akibat HIV semenjak virus ini diidentifikasi pertama kali pada awal 1980-an. Penyakit menular ini dianggap sebagai pembunuh terbesar bahkan hingga saat ini.

Sebenarnya, saat ini telah ditemukan antivirus yang kuat yang memungkinkan orang dengan HIV dapat bertahan hidup selama bertahun-tahun. Namun, penyakit ini masih menjadi masalah bagi banyak negara dengan penghasilan minim.

Menurut catatan WHO, 1 dari 25 orang Afrika dewasa positif HIV atau sekitar 2 per 3 penderita HIV dari seluruh dunia.

4. Smallpox atau Cacar

5 Virus Paling Mematikan dalam Sejarah Sampai Jadi Pemusnah Massalvox.com

Umat manusia telah berjuang melawan cacar atau smallpox selama ribuan tahun. Penyakit ini membunuh sekitar 1 dari 3 orang yang terinfeksi. Kendati korban smallpox dapat selamat, ia harus hidup dengan bekas luka yang dalam dan permanen, bahkan sering kali menderita kebutaan.

Selain itu, tingkat kematian menjadi jauh lebih tinggi pada populasi di luar Eropa. Diperkirakan 90 persen populasi asli Amerika telah meninggal disebabkan oleh smallpox yang kala itu terbawa oleh orang-orang Eropa.

Menurut catatan sejarah, pada abad ke-20 saja, smallpox telah menewaskan sekitar 300 juta orang. Karenanya, cacar dianggap sebagai beban besar di planet bumi saat itu. Sebab, selain kematian, penyakit ini juga mengakibatkan kebutaan, bahkan bekas luka yang dalam.

Hingga akhirnya, pada 1798, seorang peneliti bernama Edward Jenner memulai penelitian untuk menemukan vaksin cacar. Setelah penelitiannya berhasil, praktik vaksin dilakukan secara luas.

Sampai akhirnya, pada 1980, World Health Assembly menyatakan bahwa dunia telah bersih dari cacar. Oleh karena itu, praktik vaksin smallpox mulai dihentikan kecuali untuk kepentingan tertentu.

5. Dengue

5 Virus Paling Mematikan dalam Sejarah Sampai Jadi Pemusnah Massalimperial.ac.uk

Virus dengue pertama kali diidentifikasi di Filipina dan Thailand pada 1950-an dan sejak itu menyebar ke seluruh wilayah tropis dan subtropis di dunia. 

Menurut WHO, virus dengue menyebabkan penyakit bagi 50 hingga 100 juta orang per tahun. Meskipun tingkat kematian akibat demam berdarah bisa dibilang cukup rendah, pada beberapa kasus, virus ini dapat menyebabkan gejala mirip Ebola yang disebut demam berdarah dengue. Tingkat kematiannya sebesar 20 persen jika tidak diobati.

Itu tadi beberapa virus paling mematikan yang ada dalam catatan sejarah. Beruntung, saat ini, sudah banyak ditemukan vaksin dan obat untuk mengatasi penyakit akibat virus yang cukup berbahaya. Semoga informasi di atas bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan, ya!

Baca Juga: Sejarah Panjang AIDS, Pandemik Mematikan yang Tak Kunjung Berakhir

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya