Comscore Tracker

Kenapa di Kuku Kadang Ada Bercak Putih? Begini Penjelasannya!

#SainSeru: Benarkah tanda kalau ada yang sedang naksir dengan kamu?

Sewaktu sekolah, kamu mungkin pernah bersama-sama temanmu menghitung jumlah tanda putih yang ada pada kuku jarimu. Kemudian, dengan pedenya kamu kaitkan jumlah tersebut dengan banyaknya jumlah orang yang naksir dengan kamu.

Padahal, menurut penjelasan ilmiah, tanda putih yang terkadang ada di kuku tanganmu itu tidak ada kaitannya sama sekali lho dengan banyaknya jumlah orang yang naksir dengan kamu. Secara ilmiah, merujuk dari halaman Huffington Post, gejala tersebut dapat dijelaskan seperti di bawah ini.

1. Istilah medisnya adalah Leukonychia, penyebabnya adalah trauma yang terjadi pada kuku

Kenapa di Kuku Kadang Ada Bercak Putih? Begini Penjelasannya!exquis.ro

Istilah medis dari tanda putih pada kuku disebut dengan Leukonychia. Tenang, walaupun terdengar cukup mengerikan, penyebab dari gejala ini ternyata dikarenakan adanya trauma ringan atau sedang, yang terjadi pada kuku yang sedang tumbuh. Atau kemungkinan lainnya hal ini juga bisa disebabkan karena terjadinya infeksi maupun efek dari penggunaan obat tertentu.

2. Lebih sering ditemukan pada kuku jari tangan ketimbang kuku jari kaki

Kenapa di Kuku Kadang Ada Bercak Putih? Begini Penjelasannya!doctorinsta.com

Tanda putih yang terdapat pada kuku ini ternyata lebih sering ditemukan pada kuku jari tangan. Penjelasannya sederhana, kita lebih aktif menggunakan jari-jari tangan kita ketimbang jari-jari kaki, sehingga kemungkinan terjadinya trauma juga lebih sering dialami oleh kuku-kuku jari tangan.

3. Bukan tanda dari suatu penyakit, gejala ini akan hilang seiring tumbuhnya kuku baru

Kenapa di Kuku Kadang Ada Bercak Putih? Begini Penjelasannya!extra.globo.com

Kamu tidak perlu khawatir terhadap tanda putih pada kukumu ini. Karena tanda putih ini tidak berkaitan dengan adanya penyakit tertentu. Dugaan yang mengatakan bahwa tanda ini berkaitan dengan kurangnya konsumsi kalsium dan vitamin tertentu juga tidak tepat.

Pada intinya tanda putih pada kuku ini tidak berkaitan dengan penyakit tertentu dan tidak membutuhkan pengobatan atau perawatan tertentu. Tanda ini dengan sendirinya akan hilang bersamaan dengan tumbuhnya kuku baru. Noda ini tidak akan muncul kembali kecuali kamu mengalami trauma pada kuku lagi.

Pasti setelah baca ini kamu bakalan langsung ngecek kukumu deh, hayo ngaku?

Eka Supriyadi Photo Verified Writer Eka Supriyadi

Calon teman baik kamu :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya