Comscore Tracker

9 Fakta Menarik Benua Asia, Benua Terbesar dan Terkaya di Dunia 

Pertumbuhan ekonominya merupakan yang tercepat di dunia

Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia. Benua yang memiliki luas sekitar 44.579.000 kilometer persegi atau sekitar 30 persen dari luas permukaan bumi ini, juga merupakan benua yang terpadat di dunia.

Diperkirakan sekitar 4,46 milyar orang atau lebih dari 60 persen populasi bumi berada di Benua Asia. Selain itu, 3 dari 4 negara terpadat di dunia berada di Asia yaitu Cina, India, dan Indonesia. 

Benua Asia berada di sebelah timur Terusan Suez dan Pegunungan Ural, serta berada di sebelah selatan Pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia dan Laut Hitam. Benua yang mengakui lebih dari 2300 bahasa ini, terbagi menjadi 48 negara lho, tiga di antaranya yaitu Rusia, Kazakhstan, dan Turki  memiliki bagian tanah di Benua Eropa.

Selain fakta-fakta di atas, Benua Asia masih memiliki banyak fakta menarik lainnya yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Peradaban tertua di dunia, yaitu Mesopotamia berada di benua Asia

9 Fakta Menarik Benua Asia, Benua Terbesar dan Terkaya di Dunia sporcle.com

Peradaban tertua di dunia yaitu Mesopotamia berada di benua Asia.  Merosopotamia merupakan peradaban tertua di dunia yang terletak diantara sungai Tigris dan Efrat, dan berada di antara Asia Kecil dan Teluk Persia.

Peradaban Mesopotamia dimulai sejak 3100 SM hingga kejatuhan Babel pada 539 SM, dimana bangsa Sumeria, Babilonia, dan Asyur memerankan peran penting dalam perkembangan peradaban tertua di dunia tersebut.

Peradaban yang berada di wilayah Asia barat daya ini, melahirkan beberapa perkembangan paling penting dalam sejarah kehidupan manusia lho.

Yakni meliputi literatur tertulis, penemuan roda, matematika, astronomi, pertanian, perdagangan, budaya dan juga seni. Kini, Mesopotamia menjadi tiga daerah, yaitu Suria timur, Turki tenggara, dan sebagian besar Irak.

2. Konsumen beras terbesar di dunia

9 Fakta Menarik Benua Asia, Benua Terbesar dan Terkaya di Dunia pinoyabrod.net

Benua Asia merupakan Konsumen beras terbesar di dunia. Sekitar 90 persen dari total produksi beras di dunia dikonsumsi oleh orang Asia. Di beberapa negara di Asia seperti Jepang, Korea Selatan, Cina, India, dan beberapa negara di Asia Tenggara mengonsumsi beras sebagai makanan pokoknya.

Baca Juga: 5 Fakta Danau Kivu di Afrika yang Tenang tapi Mematikan!

3. Pertumbuhan ekonomi di benua Asia merupakan yang tercepat di dunia

9 Fakta Menarik Benua Asia, Benua Terbesar dan Terkaya di Dunia sguru.org

Dibandingkan dengan negara-negara adidaya seperti Amerika Serikat, pertumbuhan perekonomian di benua Asia jauh lebih cepat lho guys. Bahkan kini jumlah milyader di Cina melampaui jumlah milyader di Amerika Serikat lho. Berdasarkan data yang didapat di tahun 2018 lalu, tercatat sekitar 234 lebih milyader di Cina daripada di Amerika Serikat (AS).

Selain Cina, 3 negara lainnya di Asia juga menguasai perekonomian dunia, yaitu Jepang, Korea Selatan dan Singapura. Hal tersebut didukung dengan sebuah fakta bahwa 3 negara tersebut, merupakan negara dengan IQ rata-rata tertinggi di dunia.  

Selain itu, benua Asia juga merupakan benua yang kaya akan sumber daya alam seperti minyak bumi, tembaga, air, beras, perak dan hutan.

4. Jepang memiliki harapan hidup tertinggi di dunia

9 Fakta Menarik Benua Asia, Benua Terbesar dan Terkaya di Dunia jpninfo.com

Nah, ini dia salah satu fakta yang paling menarik dari benua Asia, yaitu Jepang memiliki harapan hidup tertinggi di dunia.

Menurut data dari WHO, Jepang berada di urutan pertama sebagai negara dengan harapan hidup tertinggi di dunia, dengan rentang harapan hidup pada wanita yaitu hingga 87,3 tahun dan para pria yaitu 85 tahun.

5. Terdapat 14 gunung tertinggi di dunia

9 Fakta Menarik Benua Asia, Benua Terbesar dan Terkaya di Dunia lonelyplanet.com

Benua Asia merupakan rumah bagi gunung-gunung tertinggi di dunia. Terdapat sekitar 14 gunung tertinggi di dunia, dengan ketinggian lebih dari 8.000 meter di atas laut.

Gunung tertinggi di dunia adalah Gunung Everest, dengan ketinggian 8.848 meter di atas laut, yang lokasinya berada di perbatasan Nepal dan Tibet. Dari 14 gunung tersebut, 10 di antaranya berada di Himalaya, dan 4 sisanya berada di kisaran Karakoram.

6. Rumah bagi bangunan-bangunan tertinggi di dunia

9 Fakta Menarik Benua Asia, Benua Terbesar dan Terkaya di Dunia newscollection.net

Benua Asia gak hanya rumah bagi gunung-gunung tertinggi di dunia, namun juga rumah bagi bangunan-bangunan tertinggi di dunia. Dari data  yang didapat oleh Dewan Organisasi nirbala tentang Bangunan Tinggi dan Habitat Perkotaan (CTBUH), terdapat sekitar 12 bangunan tertinggi di dunia, yang sebelas diantaranya berasal dari Asia.

Sebelas bangunan tertinggi di dunia yang lokasinya berada di benua Asia yaitu meliputi Burj Khalifa (Dubai), Pusat Greenland Wuhan (Cina), Menara Shanghai (Cina), Menara Jam Abraj Al-Bait (Mekah), Ping An Finance Center (Cina), Lotte World Tower (Korea Selatan), Pusat Keuangan CTF Guangzhou (Cina), Pusat Keuangan Tianjin (Cina), China Zun (Cina), Taipei 101 (Taiwan), dan Pusat Keuangan Dunia Shanghai (Cina).

7. Rumah bagi fauna-fauna langka di dunia

9 Fakta Menarik Benua Asia, Benua Terbesar dan Terkaya di Dunia wiken.grid.id

Benua Asia merupakan rumah bagi fauna-fauna langka di dunia. Fauna-fauna langka tersebut yaitu meliputi komodo, bekantan, saola, yak, babirusa, takin, anoa, orangutan, dan siamang.

8. Bunga terbesar di dunia, yaitu Rafflesia Arnoldii berada di Indonesia

9 Fakta Menarik Benua Asia, Benua Terbesar dan Terkaya di Dunia egrafis.com

Benua Asia gak hanya terkenal sebagai rumah fauna langka di dunia, namun juga merupakan rumah bagi bunga terbesar di dunia, yaitu Rafflesia Arnoldi.

Bunga Rafflesia Arnoldi ditemukan di hutan hujan di Indonesia. Bunga yang memiliki tinggi sekitar 3 kaki dengan berat mencapai 15 pound ini, juga memiliki sebutan sebagai bunga bangkai karena memiliki bau yang sangat busuk.

9. Tempat kelahiran agama-agama besar di dunia

9 Fakta Menarik Benua Asia, Benua Terbesar dan Terkaya di Dunia psmag.com

Dengan banyaknya keanekaragaman ras, suku, dan budaya, gak heran jika benua Asia merupakan tempat kelahiran dari agama-agama besar di dunia. Agama terbesar di benua Asia adalah agama Islam, yang kemudian diikuti dengan agama Hindu, di urutan ke-2.

Selain itu, juga terdapat agama-agama lainnya di benua Asia seperti Buddhisme, Kristen, Jainisme, Taoisme, dan agama lainnya. 

Nah, itulah ulasan 9 fakta menarik dari benua Asia, benua terbesar dan terkaya di dunia. Semoga bermanfaat! 

Baca Juga: 9 Tempat Terbaik yang Wajib Dikunjungi di Asia Menurut Survei

Eliza Ustman Photo Verified Writer Eliza Ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.
  • Bayu Aditya Suryanto
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya