Comscore Tracker

Jadi Hewan Kurban! 6 Fakta Unik Kambing yang Belum Banyak Orang Tahu

Kambing juga bisa depresi kalau gak punya teman, lo

Tak terasa Iduladha telah tiba. Hari Raya kedua bagi umat Islam setelah Idulfitri ini jatuh pada Minggu, 11 Agustus 2019. Di hari ini, para umat Islam di seluruh dunia akan menyembelih hewan kurban, berupa sapi, kambing, atau kerbau.

Di balik kegunaannya sebagai hewan kurban, ternyata kambing memiliki beberapa fakta unik yang masih jarang diketahui orang, lo. Penasaran apa saja fakta uniknya? Dilansir dari laman Mental Floss dan Lively Run, yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini!

1. Salah satu hewan pertama yang dijinakkan oleh manusia

Jadi Hewan Kurban! 6 Fakta Unik Kambing yang Belum Banyak Orang Tahusamaritanmag.com

Kambing pertama kali dijinakkan sekitar 10 ribu tahun yang lalu di Pegunungan Zagros yang berada di Iran dan Irak. Pada abad ke-20, kambing mulai diakui sebagai hewan peliharaan dan dimanfaatkan untuk diambil daging, susu, dan kulitnya untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

2. Perut kambing memiliki 4 bagian

Jadi Hewan Kurban! 6 Fakta Unik Kambing yang Belum Banyak Orang Tahuflickr.com/Bill Abbott

Fakta unik kedua yaitu perut kambing memiliki 4 bagian. Pada bagian pertama dinamakan dengan rumen, yaitu tempat pertama kali makanan masuk. Kemudian, beralih ke retikulum tempat makanan yang tidak bisa dicerna dipisahkan.

Setelah retikulum, berikutnya, yaitu omasum tempat air dipisahkan dari makanan sebelum akhirnya masuk ke bagian perut yang sebenarnya, yaitu di abomasum. Cukup kompleks, ya.

3. Depresi jika dipelihara tanpa teman kambing

Jadi Hewan Kurban! 6 Fakta Unik Kambing yang Belum Banyak Orang Tahuthatsfarming.com

Nah, ini dia salah satu fakta paling unik dari kambing, yaitu bisa mengalami depresi. Kambing sama halnya seperti hewan ternak lainnya yang akan mengalami depresi jika dipelihara sendirian tanpa ada teman. kambing yang dipelihara sendirian tanpa ada teman akan lebih mudah sakit.

Baca Juga: Selamat Hari Beruang Kutub Dunia! Berikut 10 Fakta Unik Hewan Lucu Ini

4. Kambing adalah hewan penjelajah

Jadi Hewan Kurban! 6 Fakta Unik Kambing yang Belum Banyak Orang Tahugizmodo.co.uk

Kambing merupakan hewan ternak yang suka menjelajah ke tempat asing yang ada di sekitar wilayahnya. Mereka akan menggunakan bibir dan lidah bagian atas mereka yang sensitif.

Selain itu, kambing juga merupakan hewan cerdas lo. Mereka mampu menguji kekuatan pagar beberapa kali. Jika pagar berhasil hancur, ia akan berusaha melarikan diri. 

5. Pendaki yang baik

Jadi Hewan Kurban! 6 Fakta Unik Kambing yang Belum Banyak Orang Tahunationalgeographic.com

Kambing memiliki koordinasi yang baik, lo! Ia mampu mendaki dengan baik dan pandai menjaga keseimbangannya saat berada di tempat-tempat yang tidak stabil, seperti  bebatuan dan gunung yang curam. Selain itu, kambing juga pandai memanjat pohon dan bendungan!

6. Rentan terhadap beberapa penyakit, terutama penyakit pernafasan serta mampu menyebarkan infeksi yang mengarah ke penyakit zoonosis

Jadi Hewan Kurban! 6 Fakta Unik Kambing yang Belum Banyak Orang Tahuamazon.com

Kambing merupakan salah satu hewan ternak yang rentan terkena penyakit, terutama penyakit pernafasan, seperti radang paru-paru. Selain itu, kambing juga rentan terinfeksi virus dan bakteri, seperti encephalitis caprine arthritis

Hewan ternak yang mampu hidup hingga usia 24 tahun ini juga mampu menyebarkan infeksi yang mengarah ke penyakit zoonosis, seperti TBC, demam Q, rabies, dan brucellosis.

Nah, itulah ulasan enam fakta unik kambing yang ternyata masih belum banyak orang tahu. Di antara enam fakta unik di atas, mana yang belum kamu tahu, nih?

Baca Juga: 7 Fakta Unik Hewan Musang, Bisa Dijadikan Teman di Rumah!

eliza Photo Community Writer eliza

'Hope is dream that doesn't sleep'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You