Comscore Tracker

5 Fakta Unik Mammoth Berbulu, Si Gajah Purba yang Melegenda

Hewan purba yang paling terkenal di Zaman Es

Mammoth berbulu merupakan nenek moyang dari gajah, atau yang biasa disebut dengan gajah purba. Mamalia Zaman Es ini, merupakan salah satu hewan prasejarah yang paling terkenal yang hidup di zaman Pleistosen. Gajah purba yang tingginya sekitar 9 hingga 11 kaki, dengan berat 5 hingga 7 ton ini, punah sekitar 11.000 tahun yang lalu, karena perburuan yang tidak terkendali, dan hilangnya habitat mereka di Zaman Es terakhir. Gajah purba yang merupakan salah satu karakter di film animasi Ice Age  ini, mati dan terperangkap dalam es, yang melindungi tubuh mereka pada saat Zaman Es terakhir tersebut.

Meski begitu, bukti dari penelitian  terbaru menunjukkan fakta bahwa mammoth berbulu, masih mampu bertahan di Siberia dan Benua Eropa, hingga 8000 SM. Mammoth berbulu bertahan dengan populasi yang lebih kecil hingga 3750 SM di Pulau S.T Paul di Alaska, dan ras kerdil mereka mampu bertahan hingga 1700 SM di Pulau Wrangel.

Selain beberapa fakta di atas, gajah purba yang melegenda ini, ternyata memiliki beberapa fakta unik, yang sangat sayang untuk dilewatkan lho guys. Penasaran apa saja fakta uniknya? Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini! 

1. Gajah Asia merupakan kerabat terdekat dari mammoth berbulu

5 Fakta Unik Mammoth Berbulu, Si Gajah Purba yang Melegendawrs.com.sg

Berdasarkan penemuan fosil dan tulang-tulang mammoth, para ilmuwan berpendapat bahwa mammoth berbulu lebih erat hubungannya dengan gajah Asia, daripada dengan gajah Afrika. Selain itu, berdasarkan analisis DNA mitokondria yang dilakukan oleh para peneliti, menunjukkan fakta bahwa gajah Asia memiliki 95,8% DNA mitokondria dengan mammoth berbulu, berbeda sedikit dengan gajah Afrika, yang memiliki 95,5% DNA mitokondria dengan mammoth berbulu. 

Analisis DNA tersebut juga menemukan fakta bahwa gajah Afrika merupakan spesies modern pertama yang terpisah dari cabang utama pohon keluarga gajah, sedangkan gajah Asia dan mammoth baru bercabang setelah 440.000 tahun kemudian, karena itulah keduanya dinyatakan sebagai kerabat dekat. 

2. Mammoth berbulu memiliki tinggi yang sama dengan gajah Afrika

5 Fakta Unik Mammoth Berbulu, Si Gajah Purba yang Melegendaart.com

Meski gajah Afrika bukan kerabat dekat mammoth berbulu, namun ternyata gajah Afrika dan mammoth berbulu memiliki tinggi yang sama lho. Untuk yang berjenis kelamin jantan, ketinggian bahunya antara 2,7 hingga 3,4 meter atau 8,9 hingga 11,2 kaki, dengan berat 6 metrik ton (6,6 ton pendek). Nah, untuk yang berjenis kelamin betina, ketinggian bahunya antara 2,6 hingga 2,9 meter, atau 8,5 hingga 9,5 kaki, dengan berat 4 metrik ton (4,4 rin pendek).

Baca Juga: Area 51 Menyimpan Banyak Rahasia Alien? Ketahui 5 Fakta Pentingnya!

3. Usia, kesehatan, dan tahun kematian mammoth berbulu, dapat ditentukan dari tusuk yang dimiliki mammoth

5 Fakta Unik Mammoth Berbulu, Si Gajah Purba yang Melegendathoughtco.com

Ternyata, tusuk yang merupakan gigi yang membentang di mulut mammoth, tidak hanya digunakan untuk bertarung dengan mammoth jantan lain dan melindungi diri dari serangan pemangsa, namun juga dapat digunakan untuk manfaat lainnya. Usia (jumlah cincin pada penampang), kondisi kesehatan (ketipisan atau ketebalan cincin), dan tahun ketika mammoth mati, dapat ditentukan dengan tusuk mammoth. 

4. Gading mammoth berbulu merupakan satu-satunya jenis gading yang bisa dijual secara legal

5 Fakta Unik Mammoth Berbulu, Si Gajah Purba yang Melegendax.detik.com

Nah, jika gading gajah modern masih ilegal untuk diperjualbelikan, maka berbanding terbalik lho dengan gading mammoth berbulu yang hingga saat ini dapat dibeli secara legal, dan merupakan satu-satunya jenis gading yang bisa dijual secara legal. Bahkan beberapa tahun terakhir ini, sedang demam mammoth di Siberia, karena harga gading yang sedang meroket. Harga gading mammoth yang dijual ke Tiongkok bisa mencapai 1.000 dollar AS per 1 kilogramnya, yang jika dikurs ke rupiah bisa mencapai sekitar Rp 14 juta.

5. Fosil mammoth berbulu ada di semua benua, kecuali Australia dan Amerika Selatan

5 Fakta Unik Mammoth Berbulu, Si Gajah Purba yang Melegendaen.wikipedia.org

Hewan purba yang hidup di Zaman Es terakhir ini, fosilnya tersebar berbagai benua. Namun, para ilmuwan tidak bisa menemukan fosil mammoth berbulu di Australia dan Amerika Selatan saja. Kemungkinan besar hal tersebut terjadi, karena mammoth berbulu hanya menetap di satu waktu saja, yang kemudian berpindah ke daerah lain, karena itulah tidak ditemukan fosilnya di dua wilayah tersebut. 

Nah, itulah ulasan lima fakta unik mammoth berbulu, si gajah purba yang melegenda. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: 6 Burung dengan Sarang Terunik, Ada yang Mirip Apartemen!

Eliza Ustman Photo Verified Writer Eliza Ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya