5 Misteri Bumi yang Sampai Sekarang Belum Terpecahkan

Wah, apa saja ya?

Planet yang selama ini kamu tinggali ternyata banyak menyimpan misteri yang sampai sekarang belum terpecahkan. Meski banyak para ilmuwan yang sudah mencoba memecahkan misteri yang masih mengganjal mengenai bumi kita tercinta, namun sampai sekarang misteri tersebut masih menjadi sebuah misteri.

Apa saja sih misteri tentang planet bumi yang sampai sekarang belum dapat dipecahkan oleh para ilmuwan. Yuk simak daftarnya berikut di bawah ini. Kali aja kamu bisa bantu memecahkan nih!.

1. Darimana datangnya air

5 Misteri Bumi yang Sampai Sekarang Belum Terpecahkanpexels.com/dimitrisvetsikas

Kamu tentu tahu jika sebagian besar bumi tersusun atas air. Terdapat sekitar 70% air di bumi, hal ini menyebabkan bumi mendapatkan julukan lain sebagai planet biru. Namun pernahkah kamu bertanya mengenai darimana asalnya semua air ini. Apalagi air tidak tersedia di planet lain.

Kebanyakan ilmuwan percaya jika pada saat bumi terbentuk, yakni sekitar 4.5 milyar tahun lalu, bumi merupakan planet yang kering. Baru kemudian turunlah asteroid yang membawa H2O yang berbentuk es. Sampai akhirnya es tersebut mencair dan mengisi sebagian bumi. Kebenaran teori ini sampai sekarang juga masih dipertanyakan.

2. Bagaimana terbentuknya oksigen

5 Misteri Bumi yang Sampai Sekarang Belum Terpecahkanpixabay.com/lukaszdylka

Sama seperti air, oksigen juga masih menjadi sebuah misteri yang masih dipertanyakan sampai sekarang. Oksigen yang sangat berperan penting bagi kehidupan manusia diperkirakan baru ada sekitar 2.4 milyar tahun lalu. Oksigen berasal dari makhluk mikroskopik bernama cyanobacteria, dan mengisi atmosfir dengan oksigen.

Namun oksigen baru stabil dan dapat dihirup dengan aman sekitar 540 juta tahun yang lalu. Dan sampai sekarang bagaimana asal muasal oksigen yang dulu beracun dan kemudian stabil inilah yang sampai sekarang belum diketahui penyebabnya oleh para ilmuwan. Kira-kira kenapa ya?

Baca Juga: 5 Tempat di Bumi dengan Malam Terpanjang, Sampai Berhari-hari!

3. Kapan saja lempeng tektonik bergerak

5 Misteri Bumi yang Sampai Sekarang Belum Terpecahkanearth.com

Salah satu penyebab dari terjadinya gempa bumi adalah bergesernya lempeng tektonik. Namun sampai sekarang ilmuwan belum dapat mengetahui secara pasti kapan saja lempeng tektonik akan bergerak. Sehingga manusia belum mampu untuk memprediksi terjadinya gempa dari jauh-jauh hari.

Para ilmuwan hanya bisa berspekulasi tentang kapan dan bagaimana terjadinya lempeng tektonik yang membentuk kerak bumi. Aktivitas lempeng tektonik terjadi pertama kali pada 3 milyar tahun yang lalu, namun untuk bagaimana proses terjadinya masih menjadi pertanyaan sampai saat ini.

4. Apa yang ada di dalam inti bumi

5 Misteri Bumi yang Sampai Sekarang Belum Terpecahkanlabroots.com

Sampai sekarang ilmuwan selalu bekerja keras untuk mengetahui apa yang ada di dalam inti bumi. Karena sulitnya untuk mengeksplorasi inti bumi sehingga ilmuwan belum tahu pasti apa yang ada didalamnya. Setiap bagian dari bumi tentu menyimpan sebuah misteri.

Bahkan dulu para ilmuwan mempercayai jika besi dan nikel menyusun bagian terdalam bumi. Namun nyatanya pada tahun 1950an ilmuwan menemukan fakta jika besi dan nikel tidak mungkin bisa sampai ke inti bumi.

5. Penyebab ledakan kambrium

5 Misteri Bumi yang Sampai Sekarang Belum Terpecahkanwikipedia.org

Ledakan kambrium dipercaya sebagai asal mula penciptaan flora dan fauna. Ledakan ini berbeda dengan ledakan besar Big Bang. Ledakan kambrium terjadi sekitar 540 juta tahun lalu. Sebelum ledakan ini terjadi, bumi dihuni oleh bakteri dan makhluk bersel satu.

Namun setelah terjadi ledakan kambrium, banyak flora dan fauna yang bermunculan di bumi. Tetapi anehnya sampai sekarang ilmuwan belum mengetahui apa yang menyebabkan ledakan kambrium tersebut.

Nah, itulah 5 misteri tentang bumi yang sampai sekarang belum terpecahkan. Kira-kira kamu berkeinginan untuk memecahkan kelima misteri di atas gak nih?

Baca Juga: 5 Dampak Revolusi Bumi bagi Kehidupan, Masih Ingat?

Emma Kaes Photo Community Writer Emma Kaes

21st century girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You