Comscore Tracker

5 Alasan Ide Buang Sampah ke Kawah Gunung Berapi Berbahaya

Ide ini belakangan mengemuka

Sampah menjadi salah satu masalah yang sulit diselesaikan bagi manusia. Berbagai cara dilakukan untuk membuang dan menghancurkan sampah. Lalu muncul sebuah ide untuk membuang sampah ke kawah gunung berapi.

Secara logika, magma di kawah gunung berapi dapat dengan mudah membakar dan menghancurkan sampah-sampah manusia. Namun, ada beberapa alasan mengapa kamu tak bisa melakukan hal ini. Apa saja alasan-alasannya? Simak selengkapnya di bawah ya.

1. Tidak efektif, boros, dan berbahaya

5 Alasan Ide Buang Sampah ke Kawah Gunung Berapi Berbahayapixabay.com/PublicDomainPictures

Alasan pertama adalah sulitnya membawa sampah ke kawah gunung berapi. Mengangkat sampah dalam volume besar ke atas gunung berapi bukan hal yang mudah dilakukan. Selain jarak yang jauh, biaya untuk membawa sampah juga akan membengkak.

Kemudian, kawah gunung berapi adalah tempat yang berbahaya. Selain muntahan material yang berbahaya, kawah gunung berapi juga penuh dengan gas beracun. Tentu gas beracun ini membahayakan nyawa para pengangkut sampah.

2. Susahnya mencari gunung api yang sesuai

5 Alasan Ide Buang Sampah ke Kawah Gunung Berapi Berbahayathoughtco.com/Ted French

Alasan kedua adalah sulitnya mencari jenis gunung api yang sesuai. Tidak semua gunung berapi cocok untuk tempat pembakaran sampah. Jenis gunung yang cocok untuk melakukan hal ini adalah gunung api perisai.

Indonesia sendiri tak memiliki gunung api perisai. Jadi, kamu bisa bayangkan susahnya mencari gunung api perisai untuk membakar sampah yang sangat banyak.

3. Polusi udara

5 Alasan Ide Buang Sampah ke Kawah Gunung Berapi Berbahayapixabay.com/Pexels

Alasan ketiga adalah polusi udara. Jika kamu membakar sampah di gunung api tanpa penyaring, maka udara otomatis akan tercemar. Polusi udara akan semakin parah dan membahayakan manusia.

4. Memicu erupsi

5 Alasan Ide Buang Sampah ke Kawah Gunung Berapi Berbahayaexpress.co.uk

Alasan keempat adalah ketidakstabilan gunung api. Magma di gunung api adalah benda yang tak stabil. Jika kamu melempar sampah ke permukaan magma, maka serangkaian ledakan di kawah gunung akan terpicu dan menimbukan erupsi. Bayangkan berapa nyawa yang terancam jika erupsi terjadi.

5. Erupsi yang mencemari lingkungan

5 Alasan Ide Buang Sampah ke Kawah Gunung Berapi Berbahayapixabay.com/WikiImages

Alasan kelima adalah erupsi yang berpotensi mencemari lingkungan. Ketika erupsi terjadi, akan banyak muntahan material yang bertebaran di lingkungan manusia.

Jika sampah-sampah yang tak mampu dibakar terpental ke udara, maka otomatis sampah tersebut akan mencemari lingkungan manusia. Terlebih jika sampah tersebut adalah sampah yang beracun dan berbahaya. Maka nyawa manusia pun akan lebih terancam.

Nah itu dia 5 alasan mengapa kamu tak bisa membuang sampah ke kawah gunung berapi. Tampaknya, kamu harus mencari ide lain dan memutar otak untuk membuang sampah.

Evan Yulian Philaret Photo Community Writer Evan Yulian Philaret

A language enthusiast and caffeine addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You