5 Ilmuwan Muslim yang Berpengaruh di Bidang Botani, Siapakah Mereka?

Ada yang disebut Bapak Botani dari agama Islam

Botani merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari segala yang berkaitan dengan tumbuhan. Oleh karena itu, botani sering disebut sebagai ilmu tumbuhan. Ilmu ini juga berpengaruh pada bidang ilmu lainnya seperti pertanian, kedokteran, dan masih banyak lagi.

Ternyata ilmu botani juga telah banyak dipelajari dan dikembangkan oleh beberapa ilmuwan muslim. Banyak pula penemuan-penemuan di bidang botani yang ditemukan oleh para ilmuwan muslim. Siapa sajakah mereka? Simak informasi selengkapnya berikut ini!

1. Ad-Dinawari

5 Ilmuwan Muslim yang Berpengaruh di Bidang Botani, Siapakah Mereka? gambar Ad-Dinawari (wikidata.org)

Ad-Dinawari merupakan seorang ahli botani, astronomi, dan sejarawan asal Persia atau Kurdi. Ia memiliki nama lengkap Abu Hanifah Ahmad ibn Daʾud ad-Dinawari. Ad-Dinawari adalah seorang ilmuwan muslim yang mendapat julukan sebagai Bapak Botani dari dunia Islam.

Salah satu karyanya di bidang Botani adalah “Kitab Al Nabat” atau “Buku Tumbuhan”. Buku ini merupakan salah satu karya muslim awal di bidang Botani yang paling terkenal.

2. Ibnu al-Baitar

5 Ilmuwan Muslim yang Berpengaruh di Bidang Botani, Siapakah Mereka? gambar Ibnu al-Baitar (jgiesen.de)

Abu Muhammad Abdallah Ibn Ahmad Ibn al-Baitar Dhiya al-Din al-Malaqi atau lebih dikenal dengan nama Ibnu al-Baitar. Ia merupakan seorang ilmuwan, ahli botani, apoteker, dan dokter yang berasal dari Andalusia. Nama Ibnu al-Baitar diberikan karena ayahnya adalah seorang dokter hewan, dimana kata ‘al-Baitar’ dalam bahasa Arab berarti ‘dokter hewan’.

Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah "Kitab al-jami li-mufradat al-adwiya wa al-aghdhiya" atau "buku istilah pengobatan dan nutrisi". Buku ini berisi penjelasan yang terperinci tentang lebih dari 1.400 tanaman obat, makanan, dan obat-obatan. Selain itu, buku ini juga berisi referensi dari 150 penulis Arab sebelumnya serta 20 penulis Yunani.