Comscore Tracker

8 Tokoh Penting Dunia yang Pernah Terjangkit Pandemik Flu Spanyol 1918

Mulai dari raja hingga tokoh revolusi 

Pada Maret 1918, kamp militer Amerika Serikat dihebohkan dengan penyakit misterius yang melanda pasukan. Penyakit yang kemudian disebut sebagai flu Spanyol, menyebar ke berbagai negara lain dan menjadi pandemik. Kondisi dunia yang sedang dalam Perang Dunia I membuat negara dari kubu Sekutu maupun Sentral menutupi informasi tentang adanya wabah mematikan yang melanda negaranya. Mereka khawatir musuh akan menggunakan kesempatan tersebut untuk menyerang.

Pandemik yang sangat mematikan ini tidak hanya menyerang pasukan dan warga biasa. Beberapa tokoh penting dunia juga terjangkit pandemik ini. Penasaran dengan siapa saja mereka? Mari kita bahas dalam daftar 8 tokoh penting dunia yang pernah terjangkit flu Spanyol.

1. Raja Alfonso XIII

8 Tokoh Penting Dunia yang Pernah Terjangkit Pandemik Flu Spanyol 1918Encyclopædia Britannica

Pandemik 1918 diketahui pertama kali menjangkiti masyarakat Spanyol pada akhir Mei 1918. Seperti ditulis dalam laman History, tidak berselang lama tersiar kabar tentang raja Spanyol, Alfonso XIII juga terjangkit flu mematikan ini. Beruntung, Alfonso XIII masih mampu selamat setelah melewati masa kritis akibat flu Spanyol.

Meskipun pandemik bukan berasal dari Spanyol, media massa pada saat itu beramai-ramai memberitakan tentang merebaknya flu mematikan di Spanyol guna mengalihkan perhatian dunia seolah penyakit mematikan ini hanya terjadi di Spanyol. Sementara itu, orang Spanyol menyebut pandemik ini sebagai flu Prancis karena mereka menduga pandemik masuk ke Spanyol dibawa oleh orang Prancis selama Perang Dunia I.

2. Presiden Woodrow Wilson

8 Tokoh Penting Dunia yang Pernah Terjangkit Pandemik Flu Spanyol 1918britannica.com

Presiden Amerika Serikat ke-28, Woodrow Wilson tidak luput dari flu Spanyol ketika pandemik ini menjangkiti banyak masyarakat Amerika Serikat. Mengutip dari laman History, bahkan dilaporkan bahwa Presiden Woodrow Wilson sempat terganggu dengan kondisi fisiknya selama perundingan Perjanjian Versailles akibat menderita flu Spanyol. Woodrow berhasil sembuh dari flu Spanyol.

Seperti ditulis dalam laman Smithsonian Magazine, selain Presiden Woodrow Wilson, flu Spanyol juga menjangkiti tokoh penting Amerika Serikat lainnya seperti Jenderal John J. Pershing, Franklin D. Roosevelt hingga Walt Disney.

3. Kaisar Wilhelm II

8 Tokoh Penting Dunia yang Pernah Terjangkit Pandemik Flu Spanyol 1918Encyclopædia Britannica

Mengutip dari laman Smithsonian Magazine, Kaisar Wilhelm II juga dikabarkan menderita flu pada 1918, tapi berhasil sembuh kembali. Kaisar terakhir Jerman ini dikabarkan sebagai  dalang di balik pandemik 1918 oleh kalangan yang percaya akan teori konspirasi.

Teori konspirasi ini menduga bahwa Wilhelm II merancang penyebaran penyakit menggunakan U-boats ke wilayah Amerika Serikat untuk mengurangi kekuatan militer Sekutu. Kaiser Wilhem II turun takhta dan meninggalkan Jerman menuju Belanda pada  November 1918 setelah mendapat gelombang tuntutan dari militer hingga sipil untuk turun takhta

Baca Juga: 5 Fakta tentang Sejarah Penemuan Antiseptik di Dunia Medis

4. Dr. William H. Welch

8 Tokoh Penting Dunia yang Pernah Terjangkit Pandemik Flu Spanyol 1918The Alan Mason Chesney Medical Archives of The Johns Hopkins Medical Institutions

Salah satu tokoh yang berperan penting dalam upaya memberantas flu Spanyol adalah William Henry Welch. Ia merupakan seorang dokter, profesor di bidang kesehatan dan pendiri Sekolah Kebersihan dan Kesehatan Masyarakat Universitas Johns Hopkins. Selama Perang Dunia I, William tergabung dalam Korps Medis Angkatan Darat Amerika Serikat. Di korps tersebut, ia menangani kasus flu Spanyol.

Setelah perjuangan yang berat serta kontak langsung dengan banyak pasien, seperti ditulis dalam majalah The John Hopkins Bloomberg School of Public Health, William mulai merasakan gejala flu Spanyol ketika sedang dalam perjalanan dari Kamp Devens pada Oktober 1918. Ia kemudian memutuskan untuk pergi ke rumahnya di Gunung Vernon, beristirahat hingga kondisi tubuhnya membaik. Setelah kesehatan William berhasil pulih, ia kembali melanjutkan tugasnya menangani flu Spanyol.

5. Raja George V

8 Tokoh Penting Dunia yang Pernah Terjangkit Pandemik Flu Spanyol 1918Encyclopædia Britannica

Sama seperti Amerika Serikat, Britania Raya juga memiliki kasus flu Spanyol yang cukup tinggi akibat mobilitas pasukan selama Perang Dunia I. Mengutip dari laman Smithsonian Magazine, Tokoh penting di Britania Raya tidak luput dari penularan flu Spanyol, salah satunya adalah Raja George V yang mulai terjangkit flu pada Mei 1918. Sebanyak 10.313 pelaut Grand Fleet sebagai armada utama Angkatan Laut Kerajaan Britania Raya juga terjangkit flu Spanyol.

Sementara itu, menurut laman berita The Telegraph, Perdana Menteri David Llyod George juga terjangkit pada September 1918 setelah kunjungannya di kota Manchester. Gejala yang ia rasakan adalah demam dan sakit tenggorokan. Baik Raja George V maupun Perdana Menteri Llyod berhasil sembuh dari flu Spanyol.

6. Mahatma Gandhi

8 Tokoh Penting Dunia yang Pernah Terjangkit Pandemik Flu Spanyol 1918Encyclopædia Britannica

Mahatma Gandhi sempat terjangkit flu Spanyol ketika pandemik ini mulai menjangkiti masyarakat India yang pada saat itu merupakan wilayah jajahan Britania Raya. Seperti ditulis dalam laman BBC, angka kematian akibat flu Spanyol di India melonjak di angka 18 juta jiwa. Kesehatan Gandhi perlahan berhasil pulih dari flu Spanyol.

Sentimen masyarakat India terhadap penjajah menjadi meningkat akibat diskriminasi dan ketimpangan antara pribumi dan bangsa Eropa yang terjadi selama flu Spanyol melanda India. Flu Spanyol menjadi contoh bagaimana kolonialisme memberikan dampak buruk bagi negara jajahan.

7. Yakov Sverdlov

8 Tokoh Penting Dunia yang Pernah Terjangkit Pandemik Flu Spanyol 1918marxist.com

Flu Spanyol juga menyerang wilayah Rusia yang pada saat itu masih dalam pergolakan setelah revolusi Bolshevik. Mengutip dari laman Russia Beyond, Yakov Sverdlov, seorang tokoh yang berperan penting dalam keberhasilan revolusi Bolshevik juga menjadi korban keganasan pandemik ini.

Tokoh yang dikenal dengan sebutan iblis hitam Bolshevik ini diduga terjangkit flu Spanyol ketika ia sedang melakukan perjalanan ke berbagai tempat. Sverdlov harus kehilangan nyawanya setelah kondisi tubuhnya terus menurun. Kematiannya meninggalkan kekosongan kekuasaan di partai Bolshevik  dan memuluskan jalan Josef Stalin untuk semakin mendekat ke pucuk pimpinan tertinggi di Uni Soviet.

8. Frederick Trump

8 Tokoh Penting Dunia yang Pernah Terjangkit Pandemik Flu Spanyol 1918commons.wikimedia.org

Seorang pengusaha kelahiran Jerman yang tinggal di Amerika Serikat, Frederick Trump dikabarkan menderita flu Spanyol. Seperti ditulis dalam laman The Independent, Frederick yang pada saat itu tinggal di Quenns, New York menjadi salah satu orang pertama yang dilaporkan meninggal akibat gelombang pertama flu Spanyol.

Frederick Trump harus kehilangan nyawanya hanya beberapa hari setelah pertama kali merasakan gejala flu Spanyol, meninggalkan istri beserta ketiga anaknya yang masih berusia belasan tahun. Dilihat dari nama belakangnya, kalian pasti sudah menduga siapa sebenarnya Frederick Trump. Ia adalah kakek dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Itulah tadi 8 tokoh penting dunia yang pernah terjangkit flu Spanyol. Tentunya masih banyak tokoh lain yang terjangkit flu Spanyol. Menurut kalian siapakah diantara mereka yang paling memengaruhi sejarah akibat flu Spanyol yang dideritanya?

Baca Juga: 7 Jenis Flu yang Ada di Indonesia, Kenali agar Penanganannya Tepat

Farhan Alam Photo Verified Writer Farhan Alam

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya