Comscore Tracker

10 Bunga Cantik yang Hidup di Pegunungan Alpen Selain Edelweiss

Hati-hati, ada yang beracun!

Pegunungan Alpen merupakan salah satu pegunungan di Eropa yang populer untuk olahraga ski. Selain itu, pemandangannya yang indah sudak tidak diragukan, apalagi saat musim semi atau musim panas. Kamu bisa menikmati keindahan alamnya, termasuk bunga-bunga dengan aneka warna yang mempercantik Pegunungan Alpen saat musim tertentu.

Kali ini IDN Times akan membagikan informasi mengenai beberapa jenis bunga yang ada di Pegunungan Alpen. Yuk simak sekarang juga!

1. Monkshood

10 Bunga Cantik yang Hidup di Pegunungan Alpen Selain Edelweissplants.greenspotbrandon.com

Meski bunga ungu ini tampak cantik, tapi akarnya beracun yang dapat menyebabkan gangguan jantung dan syaraf. Pada zaman dahulu, bunga ini dimanfaatkan sebagai racun pada tombak dan panah. Selain itu dapat digunakan sebagai obat ketika telah direbus.

2. Pasque Flower

10 Bunga Cantik yang Hidup di Pegunungan Alpen Selain Edelweissindefenseofplants.com

Bunga cantik berwarna ungu ini merupakan salah satu bunga yang populer di daerah Lintang Utara. Pasque atau Pulsatilla ini biasanya mekar pada awal musim semi dan nektarnya sangat digemari lebah serta kupu-kupu. Warnanya cukup bervariasi, mulai dari ungu, merah muda hingga merah marun.

3. Alpine snowbell

10 Bunga Cantik yang Hidup di Pegunungan Alpen Selain Edelweisssummitpost.org

Seperti namanya, bunga dengan bentuk menyerupai lonceng ini dapat mekar di antara hamparan salju Pegunungan Alpen. Warnanya bervariasi, ungu, biru dan putih dengan hanya satu bunga setiap tangkainya.

4. Snow buttercup

10 Bunga Cantik yang Hidup di Pegunungan Alpen Selain Edelweissflickr.com/rockynps

Snow buttercup merupakan salah satu bunga yang dapat hidup di dataran berbatu Pegunungan Alpen. Bunga ini cukup mudah dikenali, tumbuh rendah di sekitar salju yang mencair atau lumut basah dengan mahkota bunganya yang cukup besar. Lingkungannya tersebut membuat Snow buttercup beradaptasi dengan kemampuan heliotroprismenya.

Baca Juga: 7 Jenis Bunga Ini Ternyata Sehat untuk Dikonsumsi

5. Arnica

10 Bunga Cantik yang Hidup di Pegunungan Alpen Selain Edelweissmcgill.ca

Arnica termasuk keluarga bunga matahari, tentu saja bentuk dan warnanya mirip. Bunga ini biasanya dimanfaatkan untuk obat sakit tenggorokan dan mulut. Sedangkan untuk kecantikan dapat digunakan sebagai parfum, kosmetik, anti ketombe dan tonik rambut. Selain itu, dapat dikonsumsi sebagai minuman. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan keracunan, bahkan kematian.

6. Gentians

10 Bunga Cantik yang Hidup di Pegunungan Alpen Selain Edelweisspixabay.com/ivabalk-782511

Gentians merupakan keluarga bunga terompet dengan warna biru pekat. Akar dari bunga ini banyak dimanfaatkan untuk pembuatan minuman di Eropa. Sedangkan di Jepang, bunga tersebut sebagai lambang dari Klan Minamoto. Selain untuk minuman, bunga Gentians juga dimanfaatkan dalam pembuatan kosmetik.

7. Alpine clematis

10 Bunga Cantik yang Hidup di Pegunungan Alpen Selain Edelweissworldoffloweringplants.com

Bunga ini termasuk tanaman merambat yang dilindungi dan masih satu famili dengan Buttercup, jadi kamu tidak bisa memetiknya. Warnanya cukup bervariasi, mulai dari merah muda, ungu dan kuning kehijauan. Alpine clematis akan mekar sepanjang musim semi hingga awal musim panas.

8. Alpine rock jasmine

10 Bunga Cantik yang Hidup di Pegunungan Alpen Selain Edelweissfineartamerica.com

Alpine rock jasmine merupakan bunga endemik di wilayah berbatu Pegunungan Alpen. Habitatnya dengan tanah berbatu membuat bunga ini cukup sulit untuk dibudidayakan. Daunnya akan tertutup oleh bunga Alpine rock jasmine ketika mekar. Warna bunga tersebut putih sampai merah muda atau campuran keduanya.

9. Purple saxifrage

10 Bunga Cantik yang Hidup di Pegunungan Alpen Selain Edelweissluontoportti.com

Purple saxifrange merupakan bunga unik yang hidup di bebatuan Pegunungan Alpen. Bunga ini mekar di akhir musim dingin sampai awal musim semi. Faktanya, bunga ini diteliti oleh International Tundra Experiment (ITEX) untuk mengeksplorasi pengaruh perubahan iklim pada fenologi, pertumbuhan dan keberhasilan reproduksi tanaman Arktik.

10. Christmas rose

10 Bunga Cantik yang Hidup di Pegunungan Alpen Selain Edelweisspixabay.com/silberfuchs-721

Bunga satu ini merupakan famili Crowfoot yang mampu tumbuh antara 20 sampai 60cm. Christmas rose mekar di Pegunungan Alpen pada musim dingin yaitu antara bulan November hingga Februari. Warnanya cukup bervariasi antara putih sampai merah muda. Namun, bunga ini dianggap beracun, sebab dapat mengakibatkan iritasi kulit.

Nah, sekarang kamu sudah tahu beberapa bunga yang ada di Pegunungan Alpen. Bunga warna-warni tersebut tidak semua mekar di musim semi dan memiliki cara adaptasi yang unik. Namun, perlu hati-hati, karena ada beberapa bunga yang beracun. 

Baca Juga: 5 Cara Membuat Buket Bunga Pernikahan yang Praktis & Ekonomis

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Community Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You