14 Penemuan Revolusioner Abad ke-20 yang Mengubah Peradaban Dunia

Menjadi tonggak kemajuan peradaban modern

Abad ke-20 telah menjadi era penemuan yang luar biasa; membawa manusia melampaui batas-batas yang sebelumnya dianggap tidak mungkin. Inovasi dan penemuan yang muncul selama periode ini telah memberikan dampak yang mendalam terhadap kehidupan hingga mampu mengubah peradaban dunia dengan cara yang tak terbayangkan sebelumnya.

Dalam waktu 100 tahun, dunia menyaksikan perkembangan yang mengubah wajah peradaban manusia dengan cepat dan mendalam. Dari dunia ilmu pengetahuan dan teknologi hingga bidang kesehatan dan komunikasi, berikut sederet penemuan pada abad ke-20 yang mengubah peradaban manusia. Mana yang menurutmu paling berpengaruh?

1. Radio (1901)

14 Penemuan Revolusioner Abad ke-20 yang Mengubah Peradaban Duniapotret Guglielmo Marconi dengan radio buatannya (twitter.com/TickerHistory)

Radio merupakan penemuan yang mempunyai dampak signifikan dalam mengubah cara manusia berkomunikasi dan mendapatkan informasi. Pada tahun 1901, Guglielmo Marconi berhasil melakukan transmisi radio pertama kali melintasi Samudera Atlantik yang membuka pintu bagi era komunikasi nirkabel yang revolusioner. Radio memungkinkan orang-orang di berbagai belahan dunia untuk mendengarkan siaran musik, berita, dan hiburan langsung dalam waktu nyata.

Penemuan radio ini membawa perubahan yang mendalam dalam cara manusia berkomunikasi. Sebelumnya, komunikasi jarak jauh terbatas pada surat atau telegram yang memerlukan waktu lama untuk sampai ke tujuan. Radio memungkinkan pesan-pesan untuk dikirim dan diterima secara instan sekaligus menghubungkan orang-orang dari berbagai negara dan budaya yang sebelumnya terisolasi. Hal ini memperluas wawasan dan pemahaman manusia tentang dunia di sekitar mereka.

Selain itu, Radio juga memainkan peran penting dalam penyebaran informasi selama Perang Dunia I dan II untuk menyediakan saluran komunikasi yang cepat dan efisien antara pasukan dan pemimpin mereka. Secara keseluruhan, penemuan radio pada awal abad ke-20 telah mengubah peradaban manusia dengan memberikan aksesibilitas yang lebih luas terhadap informasi dan hiburan. Radio menjadi tonggak penting dalam perkembangan teknologi komunikasi nirkabel yang kemudian berkembang menjadi televisi, telepon seluler, dan internet yang kita kenal saat ini.

Baca Juga: 6 Teknologi yang Akan 'Meledak' di Tahun 2023, Canggih dan Berguna!

2. Pesawat (1903)

14 Penemuan Revolusioner Abad ke-20 yang Mengubah Peradaban Duniapotret Wilbur Wright mencoba pesawat bermotor buatannya (twitter.com/Rainmaker1973)

Penemuan pesawat pada tahun 1903 oleh Wright bersaudara, Orville dan Wilbur Wright, mengubah wajah peradaban manusia dengan cara yang spektakuler. Pesawat merupakan sarana transportasi udara pertama yang berhasil membawa manusia terbang di udara dengan kendali penuh. Penemuan ini memulai era penerbangan yang membuka pintu bagi eksplorasi udara, transportasi global yang lebih cepat, dan perjalanan yang sebelumnya tidak terbayangkan.

Dengan pesawat, manusia dapat mengeksplorasi jarak yang jauh dengan waktu yang jauh lebih singkat dibandingkan dengan transportasi darat atau laut. Perjalanan yang dulunya memakan waktu berhari-hari atau berbulan-bulan kini dapat ditempuh dalam hitungan jam saja. Selain itu, pesawat juga memainkan peran penting dalam bidang militer dan pertahanan. Pada Perang Dunia I dan II, pesawat digunakan untuk keperluan pengintaian, serangan udara, dan transportasi pasukan dan persediaan. Hal ini memengaruhi dinamika pertempuran dan strategi perang secara keseluruhan. Penemuan pesawat menjadi tonggak dalam sejarah manusia karena membuka pintu bagi eksplorasi udara, transportasi global yang lebih efisien, dan konektivitas yang lebih luas di seluruh dunia. Pesawat terus berkembang sepanjang abad ke-20 dengan adanya pesawat jet dan pesawat komersial yang lebih besar dan lebih cepat.

3. Teori relativitas (1916)

14 Penemuan Revolusioner Abad ke-20 yang Mengubah Peradaban Duniapotret Albert Einstein saat mengajar teori relativitas di Universitas Pennsylvania (twitter.com/CMerrill999)

Penemuan teori relativitas oleh fisikawan terkemuka Albert Einstein pada tahun 1916 membawa perubahan paradigma dalam pemahaman manusia tentang waktu, ruang, dan gravitasi. Terdapat dua bentuk utama dari teori relativitas, yaitu relativitas khusus dan relativitas umum. Relativitas khusus menyatakan bahwa hukum fisika yang mendasar tetap berlaku dalam sistem referensi yang bergerak secara konstan terhadap satu sama lain. Ini mengubah konsep waktu dan ruang absolut yang diusung oleh fisika klasik Newtonian. Relativitas khusus menunjukkan bahwa waktu dan ruang bersifat relatif dan dapat mengalami perubahan tergantung pada kecepatan pengamat.

Sementara itu, relativitas umum memperluas konsep relativitas khusus ke dalam gravitasi. Teori ini menggambarkan gravitasi sebagai kelengkungan ruang-waktu yang disebabkan oleh keberadaan massa dan energi. Dengan demikian, massa dan energi mempengaruhi geometri ruang dan waktu di sekitarnya.

Teori relativitas memiliki implikasi yang luas dalam banyak bidang ilmu, termasuk fisika, astronomi, dan kosmologi. Dalam fisika, teori ini menyediakan kerangka kerja yang diperlukan untuk menjelaskan fenomena-fenomena seperti percepatan partikel subatom, pergerakan objek dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya, dan efek gravitasi yang sangat kuat seperti lubang hitam. Teori relativitas telah diuji dan diverifikasi melalui eksperimen dan pengamatan yang cermat dan tetap menjadi salah satu kerangka kerja teoritis yang paling penting dalam pemahaman manusia tentang alam semesta.

4. Televisi (1927)

14 Penemuan Revolusioner Abad ke-20 yang Mengubah Peradaban Duniailustrasi televisi zaman dulu (unsplash.com/Dave Weatherall)

Penemuan televisi pada tahun 1927 oleh Philo Farnsworth membawa revolusi dalam cara manusia berkomunikasi dan mengakses informasi. Televisi memungkinkan penyiaran gambar bergerak dan suara secara real-time ke rumah-rumah secara luas. Walaupun yang menemukan televisi tidak hanya Farnsworth seorang, penemuan ini mengubah industri hiburan, pendidikan, dan informasi, serta memberikan pengalaman visual yang lebih imersif bagi pemirsa.

Televisi memberikan aksesibilitas yang lebih luas terhadap berbagai jenis konten, termasuk berita, program hiburan, olahraga, dan pendidikan. Selain itu, televisi juga mempengaruhi cara manusia berkomunikasi dan memahami dunia di sekitar mereka. Televisi juga menjadi medium yang kuat dalam menyampaikan pesan-pesan sosial, mendidik, dan menginspirasi penonton. Seiring perkembangan teknologi, televisi juga bertransformasi menjadi televisi berwarna, televisi satelit, dan televisi digital yang semakin meningkatkan kualitas gambar dan suara serta memberikan lebih banyak pilihan konten kepada pemirsa. Televisi terus menjadi salah satu sumber hiburan dan informasi yang paling dominan dan berpengaruh dalam kehidupan manusia hingga saat ini.

5. Penicillin (1928)

14 Penemuan Revolusioner Abad ke-20 yang Mengubah Peradaban Duniapotret Alexander Fleming (science-to-go.com)

Penicillin adalah sejenis antibiotik yang pertama kali ditemukan oleh Alexander Fleming pada tahun 1928. Penemuan ini memberikan revolusi besar dalam bidang kesehatan dan pengobatan. Penicillin secara signifikan mengubah cara manusia melawan infeksi bakteri dan penyakit menular yang sebelumnya sulit diobati.

Penicillin adalah senyawa yang dapat membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit. Sebelum penemuan ini, infeksi bakteri seringkali menyebabkan kematian atau cacat permanen. Namun, dengan ditemukannya penicillin, banyak infeksi bakteri yang sebelumnya mematikan menjadi dapat diobati secara efektif.

Penicillin memberikan perubahan yang mendalam dalam bidang medis. Penggunaannya dalam pengobatan telah menyelamatkan jutaan nyawa dan memberikan harapan bagi banyak orang yang sebelumnya terancam oleh infeksi yang mematikan. Selain itu, penemuan ini membuka jalan bagi pengembangan antibiotik lainnya yang membantu mengatasi resistensi bakteri dan penyakit yang sebelumnya sulit diobati.

Baca Juga: 7 Teknologi Canggih Berdampak Besar pada Kemajuan Zaman

6. Radar (1935)

14 Penemuan Revolusioner Abad ke-20 yang Mengubah Peradaban Duniailustrasi radar (unsplash.com/Marat Gilyadzinov)

Penemuan radar pada tahun 1935 oleh Sir Robert Watson-Watt dan timnya mengubah cara manusia mendeteksi dan melacak objek di jarak jauh. Radar, singkatan dari radio detection and ranging menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan sinyal dan mendeteksi pantulan kembali dari objek-objek di sekitarnya. Radar memiliki banyak aplikasi yang luas dalam bidang militer, navigasi, meteorologi, dan penerbangan.

Pada masa Perang Dunia II, radar menjadi alat yang vital dalam pertahanan udara dan pertempuran laut. Dengan radar, pasukan dapat mendeteksi pesawat musuh, kapal selam, dan objek lainnya yang tidak dapat terlihat dengan mata telanjang. Hal ini memberikan keunggulan taktis dan meningkatkan efektivitas operasi militer.

Selain itu, radar juga digunakan dalam navigasi pesawat dan kapal. Radar membantu pilot dan navigator untuk mengetahui posisi mereka dengan akurasi lebih tinggi dan menghindari tabrakan dengan objek lain. Dalam meteorologi, radar digunakan untuk mendeteksi dan memantau cuaca, termasuk mendeteksi awan hujan dan badai yang potensial. Radar juga digunakan dalam penerbangan sipil untuk membantu pengawasan lalu lintas udara dan memastikan keamanan penerbangan.

7. Mesin Turing Universal (1936)

14 Penemuan Revolusioner Abad ke-20 yang Mengubah Peradaban Duniapotret Alan Turing merancang alat buatannya (news.harvard.edu)

Penemuan mesin Turing Universal oleh Alan Turing pada tahun 1936 adalah tonggak penting dalam bidang komputasi dan mempengaruhi perkembangan komputer modern. Mesin Turing Universal adalah model konseptual dari komputer yang dapat melakukan pemrosesan informasi melalui langkah-langkah algoritma. Alan Turing mengembangkan konsep mesin Turing sebagai cara untuk memodelkan pemecahan masalah matematis yang dapat dilakukan oleh manusia.

Dalam mesin Turing, informasi disimpan dalam bentuk simbol yang dapat diproses melalui instruksi-instruksi yang ditentukan sebelumnya. Mesin Turing Universal dapat diprogram untuk memecahkan berbagai jenis masalah dengan menggunakan algoritma yang sesuai. Penemuan mesin Turing Universal menjadi landasan teoretis bagi perkembangan komputer modern. Prinsip-prinsip yang dikembangkan oleh Alan Turing dalam teori komputasi memberikan dasar untuk pemrograman dan pengembangan perangkat keras komputer. Mesin Turing Universal juga memengaruhi pemikiran tentang kecerdasan buatan dan komputasi yang dapat dikaitkan dengan konsep kecerdasan manusia.

8. Mesin jet (1937)

14 Penemuan Revolusioner Abad ke-20 yang Mengubah Peradaban Duniapotret Frank Whittle saat merancang mesin jet (twitter.com/RealTimeWWII)

Penemuan mesin jet pada tahun 1937 oleh Hans von Ohain (Jerman) dan Sir Frank Whittle (Inggris) membawa revolusi dalam bidang penerbangan. Mesin jet adalah mesin penggerak pesawat yang menggunakan prinsip aksi-reaksi dari keluarnya gas yang dipercepat untuk menghasilkan dorongan yang besar dan memungkinkan pesawat terbang dengan kecepatan yang lebih tinggi. Dalam perjalanan udara sebelum adanya mesin jet, pesawat menggunakan mesin piston yang memerlukan waktu lama untuk mencapai kecepatan dan ketinggian yang tinggi. Mesin jet memungkinkan pesawat untuk mencapai kecepatan yang jauh lebih tinggi dengan waktu yang lebih singkat.

Dengan pesawat jet, manusia dapat terbang lebih cepat, lebih jauh, dan lebih efisien. Ini membuka pintu bagi penerbangan komersial yang lebih efisien dan membawa kemajuan pesat dalam bidang transportasi udara. Penemuan mesin jet telah mengubah lanskap industri penerbangan sehingga memungkinkan jangkauan penerbangan komersial yang lebih luas, eksplorasi luar angkasa, dan pengembangan pesawat tempur yang lebih canggih.

9. Teori pembelahan inti atom (1938)

14 Penemuan Revolusioner Abad ke-20 yang Mengubah Peradaban Duniapotret Fritz Strassman sedang meneliti (lindahall.org)

Penemuan teori pembelahan inti atom oleh Otto Hahn dan Fritz Strassmann pada tahun 1938, dan penjelasan teoretis yang diberikan oleh Lise Meitner dan Otto Frisch, membawa perubahan revolusioner dalam pemahaman manusia tentang fisika inti dan energi nuklir. Teori ini menggambarkan proses di mana inti atom dapat terbelah menjadi inti yang lebih kecil, melepaskan energi yang besar.

Teori pembelahan inti atom menjadi landasan bagi pengembangan senjata nuklir dan energi nuklir. Pada tahun 1945, bom atom pertama kali digunakan dalam perang sekaligus mengakhiri Perang Dunia II. Penggunaan senjata nuklir ini mengubah paradigma perang dan ancaman global dengan memperkenalkan potensi pemusnahan massal yang belum pernah ada sebelumnya.

Selain itu, teori pembelahan inti atom juga memungkinkan pengembangan reaktor nuklir yang digunakan untuk menghasilkan energi listrik. Pembangkit listrik tenaga nuklir menjadi sumber energi yang penting dan efisien. Meski begitu, pembangkit listrik tenaga nuklr juga memiliki risiko dan masalah yang terkait dengan keamanan dan limbah radioaktif.

10. Komputer digital (1943)

14 Penemuan Revolusioner Abad ke-20 yang Mengubah Peradaban Duniapotret komputer digital pertama (simslifecycle.com)

Komputer digital adalah penemuan yang mengubah dunia dalam bidang teknologi dan komputasi. Pada tahun 1943, peneliti Amerika Serikat, J. Presper Eckert dan John W. Mauchly mengembangkan komputer digital pertama yang dikenal sebagai ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer). ENIAC adalah komputer pertama yang menggunakan komponen elektronik untuk melakukan perhitungan secara digital.

Komputer digital memungkinkan manusia untuk melakukan perhitungan kompleks dengan kecepatan dan akurasi yang jauh lebih tinggi daripada metode perhitungan manual yang sebelumnya digunakan. Penemuan ini membuka jalan bagi pengembangan komputer generasi selanjutnya yang semakin kecil, lebih cepat, dan lebih kuat. Seiring perkembangan teknologi komputer, komputer digital menjadi lebih terjangkau dan tersedia untuk digunakan di berbagai bidang, termasuk penelitian ilmiah, bisnis, pendidikan, dan industri. Komputer digital memungkinkan otomatisasi proses yang kompleks, analisis data yang cepat, pengembangan model matematika dan simulasi, serta penciptaan program dan aplikasi yang memberikan dampak besar dalam kehidupan.

11. Transistor (1947)

14 Penemuan Revolusioner Abad ke-20 yang Mengubah Peradaban Duniailustrasi Transistor Semikonduktor (unsplash.com/Axel R.)

Penemuan transistor pada tahun 1947 oleh John Bardeen, Walter Brattain, dan William Shockley di Bell Labs membawa revolusi dalam bidang elektronik dan komputer. Transistor adalah komponen elektronik kecil yang berfungsi sebagai saklar atau penguat sinyal listrik. Dalam hal ukuran, transistor jauh lebih kecil, lebih efisien, dan lebih andal daripada tabung vakum yang digunakan sebelumnya dalam peralatan elektronik.

Dalam dunia komputer, transistor memungkinkan pembuatan komputer yang lebih kecil, lebih cepat, dan lebih hemat energi. Pada awalnya, komputer didasarkan pada tabung vakum yang besar dan cenderung tidak stabil. Selain itu, transistor juga berperan penting dalam pengembangan peralatan elektronik lainnya, seperti televisi, radio, perangkat medis, dan telepon seluler. Transistor memungkinkan ukuran perangkat elektronik menjadi lebih kecil, mengurangi konsumsi daya, dan meningkatkan kinerja secara keseluruhan.